Roboguru

Jelaskan cara mengatasi penyakit asma saat kambuh!

Jelaskan cara mengatasi penyakit asma saat kambuh!space 

Jawaban:

Penyakit asma terjadi akibat penyempitan saluran pernapasan, dimana terjadi gangguan kontraksi otot polos pada bronkus sehingga mengakibatkan penderita sulit bernapas. Asma ditandai dengan napas berbunyi, batuk, dan rasa nyeri maupun sesak di dada secara berkala atau kronis.

Serangan asma biasanya lebih berat saat malam dan dini hari, karena pada saat itu terjadi penyempitan pada bronkus akibat udara dingin. Adapun cara mengatasi penyakit asma dapat dilakukan dengan pemberian obat asma menggunakan nebulizer, membantu latihan napas yang panjang dan dalam, serta menciptakan lingkungan yang nyaman dan tenang agar tidak memperparah sesak napas. Penderita asma biasanya diobati dengan obat-obatan yang disebut bronkodilator. Obat tersebut tidak diminum atau disuntikkan ke penderita tetapi digunakan sebagai inhaler (dihirup).

Cara mencegah penyakit asma yaitu menghindari tempat dengan kadar polusi udara yang tinggi, menghindari kontak langsung dengan hewan, dan menjaga kebersihan tempat tinggal.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved