Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan bagaimana situasi di Indonesia sebelum dan setelahpendudukanJepang di Indonesia !

Jelaskan bagaimana situasi di Indonesia sebelum dan setelah pendudukan Jepang di Indonesia !

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Penjajahan kolonial Belanda selama kurang lebih 3,5 abad sedikit banyak membawa banyak perubahan pada Indonesia. Beberapa kebijakan yang diterapkan pada saat itu tentunya menimbulkan dampak bagi Indonesia. Adapun kebijakan tersebut antara lain adalah pembukaan jalan untuk perkebunan, persebaran penduduk karena politik etis, berkembangnya sarana transportasi, mengenal uang sebagai alat pembayaran, dan runtuhnya kerajaan. Salah satu kebijakan yang paling terkenal pada masa kolonial Belanda adalah pembangunan jalan Raya Pos yang banyak menelan korban karena dipaksa bekerja diluar batas wajar. Singkat cerita pada tahun 1942, Jepang berhasil merebut wilayah kekuasaan Indonesia dari tangan kolonial Belanda. sejak saat itu, Jepang dengan cepat mulai menguasai beberapa wilayah lain di Indonesia. Tujuan Jepang dalam menguasai Indonesia adalah untuk mencari sumber minyak dan sumber daya perang. Pada masa pendudukannya, Jepang dikenal lebih brutal dan kejam dibandingkan dengan masa kolonial Belanda. Pada saat itu terjadi pemutusan hubungan perdagangan dengan dunia, pembatasan ekspor, pemaksaan budaya Jepang, dan penurunan mutu pendidikan. Dengan demikian, situasi Indonesia pada masa kolonial Belanda dan pendudukan Jepang sama-sama buruk dan menyedihkan. Pada kedua masa tersebut terdapat berbagai kebijakan yang pada akhirnya menelan banyak korban, sebut saja kebijakan pembangunan Jalan Raya Pos pada masa kolonial Belanda, dan kebijakan Romusha pada masa pendudukan Jepang.

Penjajahan kolonial Belanda selama kurang lebih 3,5 abad sedikit banyak membawa banyak perubahan pada Indonesia. Beberapa kebijakan yang diterapkan pada saat itu tentunya menimbulkan dampak bagi Indonesia. Adapun kebijakan tersebut antara lain adalah pembukaan jalan untuk perkebunan, persebaran penduduk karena politik etis, berkembangnya sarana transportasi, mengenal uang sebagai alat pembayaran, dan runtuhnya kerajaan. Salah satu kebijakan yang paling terkenal pada masa kolonial Belanda adalah pembangunan jalan Raya Pos yang banyak menelan korban karena dipaksa bekerja diluar batas wajar. Singkat cerita pada tahun 1942, Jepang berhasil merebut wilayah kekuasaan Indonesia dari tangan kolonial Belanda. sejak saat itu, Jepang dengan cepat mulai menguasai beberapa wilayah lain di Indonesia. Tujuan Jepang dalam menguasai Indonesia adalah untuk mencari sumber minyak dan sumber daya perang. Pada masa pendudukannya, Jepang dikenal lebih brutal dan kejam dibandingkan dengan masa kolonial Belanda. Pada saat itu terjadi pemutusan hubungan perdagangan dengan dunia, pembatasan ekspor, pemaksaan budaya Jepang, dan penurunan mutu pendidikan. 

Dengan demikian, situasi Indonesia pada masa kolonial Belanda dan pendudukan Jepang sama-sama buruk dan menyedihkan. Pada kedua masa tersebut terdapat berbagai kebijakan yang pada akhirnya menelan banyak korban, sebut saja kebijakan pembangunan Jalan Raya Pos pada masa kolonial Belanda, dan kebijakan Romusha pada masa pendudukan Jepang.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan mengapa kedatangan bangsa Jepang ke Indonesia begitu cepat dan merata ke seluruh Indonesia?

225

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia