Roboguru

Jelaskan bagaimana penindasan Jepang dalam bidang ekonomi...

Pertanyaan

Jelaskan bagaimana penindasan Jepang dalam bidang ekonomi...

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Penindasan yang dilakukan oleh Jepang meluas diberbagai bidang di Indonesia. Diantaranya dalam bidang ekonomi pemerintah Jepang mengeluarkan peraturan untuk menjalankan perekonomian. Semua obyek vital dan alat-alat produksi dikuasai dan diawasi sangat ketat. Banyak perkebunan dirusak dan diganti tanamannya untuk keperluan biaya perang. Rakyat dilarang menanam tebu dan membuat gula. Jepang juga memberlakukan ekonomi perang di Indonesia yang bertujuan untuk mensuplai bantuan kebutuhan perang Asia Timur Raya.

Dengan demikian, penindasan yang dilakukan oleh Jepang dalam bidang ekonomi seperti memberlakukan ekonomi perang di Indonesia yang bertujuan untuk mensuplai bantuan kebutuhan perang Asia Timur Raya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jepang memberikan pelatihan intensif kepada guru-guru dengan materi pelatihan sebagai berikut, yaitu ….

Pembahasan Soal:

Dalam rangka mensukseskan sistem pendidikannya, Jepang memandang kalau guru-guru perlu memiliki keseragaman pengertian tentang maksud dan tujuan pendidikan. Oleh karena itu, Jepang memberikan pelatihan intensif kepada guru-guru dengan materi pelatihan sebagai berikut.

  1. Indoktrinasi ideologi hakko ichiu.undefined  
  2. Nippon seishin, yaitu latihan kemiliteran dan semangat Jepang.undefined  
  3. Bahasa, sejarah dan adat-istiadat Jepang.undefined  
  4. Ilmu bumi dengan perspektif geopolitik Asia Timur Raya.undefined  
  5. Olahraga dan nyanyian Jepang.undefined 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Setelah berhasil menguasai Indonesia, Jepang kemudian mendirikan pemerintahan militer untuk menggantikan pemerintahan Hindia Belanda. Yang dimaksud pemerintahan militer adalah ...

Pembahasan Soal:

Pemerintahan militer adalah pemerintahan yang  yang lebih mengutamakan kecepatan pengambilan keputusan. Keputusan diambil oleh pucuk pimpinan tertinggi, sedang yang lainnya menjalankan keputusan itu sebagai perintah yang wajib ditaati. Hal ini, seperti rantai komando dalam militer. Karena itulah, pemerintahan militer juga diartikan sebagai suatu pemerintahan yang memiliki rantai komando seperti yang ada didalam organisasi ketentaraan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Pemerintahan daerah di Jawa untuk Kecamatan pada masa pendudukan Jepang dipimpin oleh....

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya selain membentuk pemerintahan militer, Pendudukan Jepang juga membentuk pemerintahan sipil ketika menduduki Indonesia. Pada Agustus 1942 Jepang menetapkan Undang-Undang Nomor 27 tentang Aturan Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 28 tentang Aturan Pemerintahan Syu dan Tokubetsushi (daerah istimewa, Batavia). Berdasarkan undang-undang itu, gunseibu dihapus. Sebagai gantinya dibentuk pemerintahan syu (setingkat keresidenan pada zaman pemerintah Hindia Belanda). Di Pulau Jawa, selain daerah khusus Yogyakarta dan Surakarta, pemerintahan daerah dibagi menjadi enam tingkat. Berikut pembagiannya: Syu (karesidenan), dipimpin oleh seorang syuco. Syi (kotapraja), dipimpin oleh seorang syico. Ken (kabupaten), dipimpin oleh seorang kenco. Gun (kawedanan atau distrik), dipimpin oleh seorang gunco. Son (kecamatan), dipimpin oleh seorang sonco. Ku (kelurahan atau desa), dipimpin oleh seorang kuco. Pemerintahan syu ini merupakan pemerintahan daerah tertinggi di bawah Gunseikanbu yang dipimpin oleh seorang syucokan.

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah B.

0

Roboguru

Sistem ekonomi perang adalah pengaturan ekonomi negara yang meliputi kegiatan produksi, mobilisasi, dan alokasi sumber daya untuk mempertahankan diri dari serangan. Pengertian tersebut dikemukakan ole...

Pembahasan Soal:

Menurut Philippe le Billon, sistem ekonomi perang adalah pengaturan ekonomi negara yang meliputi kegiatan produksi, mobilisasi, dan alokasi sumber daya untuk mempertahankan diri dari serangan. Sistem ekonomi perang juga bisa didefinisikan sebagai serangkaian tindakan yang diambil oleh sebuah negara untuk memaksimalkan ekonominya demi menopang keperluan perang. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Selama berlangsungnya era feodal di Jepang. Kelas sosial di masyarakat terbagi menjadi empat kasta, salah satunya orang bijaksana. Yang termasuk dalam golongan orang bijaksana adalah ….

Pembahasan Soal:

Selama berlangsungnya era feodal di Jepang, kelas sosial di masyarakatnya terbagi menjadi orang-orang bijaksana, petani, seniman, dan pedagang. Orang-orang bijaksana adalah golongan penguasa yang berada dalam kelas sosial teratas. Kemudian diikuti petani yang menghasilkan barang-barang di masyarakat. Lalu ada seniman yang menggunakan barang-barang yang dihasilkan, dan terakhir ada pedagang yang mendistribusikan barang-barang tersebut. Namun, pada 1871, Jepang menghapus pemberlakuan empat kasta tersebut. Selain itu, pemerintah Jepang juga melarang adat-istiadat yang bersifat feodal.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved