Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan bagaimana mekanisme transaksi di pasar modal.

Jelaskan bagaimana mekanisme transaksi di pasar modal.space space   

Iklan

S. Anugrah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Atma Jaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Mekanisme transaksi di pasar modal bergantung kepada jenis pasar yang sedang berlangsung apakah pasar primer atau sekunder. Pasar primer adalah pasar atau tempat perusahaan emiten yang pertama kali memperdagangkan saham atau surat berharganya kepada publik. Mekanisme transaksi pada pasar primer yaitu emiten atau pihak yang menjual kepemilikan modalnya pada masyarakat dengan bantuan penjamin emisi dan agen penjual menawarkan sahamnya ke para investor. Kemudian investor yang merasa tertarik dengan penawaran emiten melakukan pembelian melalui agen penjual sehingga transaksi terjadi dimana dana mengalir dari investor ke emiten dan efek atau surat herharga mengalir dari emiten kepada investor melalui pejamin emisi dan agen penjual. Pasar Sekunder adalah pasar yang memperdagangkan efek setelah pasar perdana, perdagangan hanya terjadi antar investor yang satu dengan investor lainnya, dan tidak terlepas dari fungsi bursa sebagai lembaga fasilitator perdagangan di pasar modal. Mekanisme transaksi yang terjadi adalah adanya pihak investor jual sebagai penjual dan investor beli sebagai pembeli melalui broker jual dan broker beli yang bertemu di bursa efek, seorang investor beli harus menghubungi pialang/broker beli (kantor pialang A) jika ingin melakukan pembelian efek. Selanjutnya pialang A akan meneruskan permintaan investor beli tersebut kepada pialang B (kantor pialang lain). Instruksi beli tersebut dimasukan ( entry ) ke sistem komputer pedagangan otomatis langsung dari kantor pialang ke sistem JATS ( Jakarta Automated Trading System ). Sistem komputer tersebut menggunakan sistem tawar menawar sehingga untuk aktivitas beli akan diambil dari harga tertinggi dan sebaliknya untuk aktivitas jual akan diambil dari harga terendah. Mekanisme juga berlaku sebaliknya bagi investor jual yang ingin menjual saham yang sudah dimilikinya.

Mekanisme transaksi di pasar modal bergantung kepada jenis pasar yang sedang berlangsung apakah pasar primer atau sekunder.

  • Pasar primer adalah pasar atau tempat perusahaan emiten yang pertama kali memperdagangkan saham atau surat berharganya kepada publik. Mekanisme transaksi pada pasar primer yaitu emiten atau pihak yang menjual kepemilikan modalnya pada masyarakat dengan bantuan penjamin emisi dan agen penjual menawarkan sahamnya ke para investor. Kemudian investor yang merasa tertarik dengan penawaran emiten melakukan pembelian melalui agen penjual sehingga transaksi terjadi dimana dana mengalir dari investor ke emiten dan efek atau surat herharga mengalir dari emiten kepada investor melalui pejamin emisi dan agen penjual.
  • Pasar Sekunder adalah pasar yang memperdagangkan efek setelah pasar perdana, perdagangan hanya terjadi antar investor yang satu dengan investor lainnya, dan tidak terlepas dari fungsi bursa sebagai lembaga fasilitator perdagangan di pasar modal.  Mekanisme transaksi yang terjadi adalah adanya pihak investor jual sebagai penjual dan investor beli sebagai pembeli melalui broker jual dan broker beli yang  bertemu di bursa efek, seorang investor beli harus menghubungi pialang/broker beli (kantor pialang A) jika ingin melakukan pembelian efek. Selanjutnya pialang A akan meneruskan permintaan investor beli tersebut kepada pialang B (kantor pialang lain). Instruksi beli tersebut dimasukan (entry) ke sistem komputer pedagangan otomatis langsung dari kantor pialang ke sistem JATS (Jakarta Automated Trading System). Sistem komputer tersebut menggunakan sistem tawar menawar sehingga untuk aktivitas beli akan diambil dari harga tertinggi dan sebaliknya untuk aktivitas jual akan diambil dari harga terendah. Mekanisme juga berlaku sebaliknya bagi investor jual yang ingin menjual saham yang sudah dimilikinya. space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

136

Alexandra Aulia Vandani

Mudah dimengerti

Karlos Gening

Sangat membantu 😍

Marsya

Ini yang aku cari!

Nadya Poetri

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sejak tahun 1995 Bursa Efek telah menggunakan sistem perdagangan otomatis yang dikenal dengan istilah ....

9

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia