Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di Bursa Efek telah terjadi penawaran untuk saham BCA dalam posisi jual di harga Rp. 1.000 sebanyak 10 lot. Sedangkan ada penawaran kembali untuk saham BCA dalam posisi jual di harga Rp. 1.050 sebanyak 30 lot dan penawaran lain pada posisi Rp. 1.300. Dari 3 order jual tersebut, maka order jual pada posisi Rp. 1.000 memiliki prioritas lebih tinggi karena berada pada posisi jual terendah.

Melihat posisi penawaran di harga-harga tersebut, ada beberapa investor yang berminat untuk membeli saham tersebut. Penawaran beli di harga Rp. 950 sebanyak 20 lot, Rp. 925 sebanyak 10 lot, penawaran Rp. 900 sebanyak 15 lot dan penawaran Rp. 875 sebanyak 3 lot.undefined 

Jika ada pihak pembeli yang melakukan perubahan posisi penawaran dari Rp.950 menjadi Rp.1.000 sebanyak 5 lot, bagaimana perubahan posisi penawaran penjualan dan pembelian yang terjadi?

Jika ada pihak pembeli yang melakukan perubahan posisi penawaran dari Rp.950 menjadi Rp.1.000 sebanyak 5 lot, bagaimana perubahan posisi penawaran penjualan dan pembelian yang terjadi? 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Iklan

M. Makhrisza

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pertahanan

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Mekanisme pelaksanaan perdagangan Efek di Bursa diakukan dengan menggunakan fasilitas JATS NEXT-G. Perdagangan Efek di Bursa hanya dapat dilakukan oleh Anggota Bursa (AB) yang juga menjadi Anggota Kliring KPEI. Anggota Bursa Efek bertanggung jawab terhadap seluruh transaksi yang dilakukan di Bursa baik untuk kepentingan sendiri maupun untuk kepentingan nasabah. Penawaran jual dan atau permintaan akan diproses oleh JATS NEXT-G dengan memperhatikan: Prioritas harga ( Price Priority ) Permintaan beli pada harga yang lebih tinggi memiliki prioritas terhadap permintaan beli pada harga yang lebih rendah, sedangkan penawaran jual pada harga yang lebih rendah memiliki prioritas terhadap penawaran jual pada harga yang lebih tinggi. Prioritas Waktu ( Time Priority ) Bila penawaran jual atau permintaan beli diajukan pada harga yang sama, JATS NEXT-G memberikan prioritas kepada permintaan beli atau penawaran jual yang diajukan terlebih dahulu. Berdasarkan price priority di atas, pihak pembeli yang melakukan perubahan posisi penawaran dari Rp.950 menjadi Rp.1.000 sebanyak 5 lot tidak terjadi perubahan posisi penawaran penjualan dan pembelian yang signifikan dalam transaksi.

Mekanisme pelaksanaan perdagangan Efek di Bursa diakukan dengan menggunakan fasilitas JATS NEXT-G. Perdagangan Efek di Bursa hanya dapat dilakukan oleh Anggota Bursa (AB) yang juga menjadi Anggota Kliring KPEI. Anggota Bursa Efek bertanggung jawab terhadap seluruh transaksi yang dilakukan di Bursa baik untuk kepentingan sendiri maupun untuk kepentingan nasabah.

Penawaran jual dan atau permintaan akan diproses oleh JATS NEXT-G dengan memperhatikan:

  1. Prioritas harga (Price Priority) Permintaan beli pada harga yang lebih tinggi memiliki prioritas terhadap permintaan beli pada harga yang lebih rendah, sedangkan penawaran jual pada harga yang lebih rendah memiliki prioritas terhadap penawaran jual pada harga yang lebih tinggi.
  2. Prioritas Waktu (Time Priority) Bila penawaran jual atau permintaan beli diajukan pada harga yang sama, JATS NEXT-G memberikan prioritas kepada permintaan beli atau penawaran jual yang diajukan terlebih dahulu.

Berdasarkan price priority di atas, pihak pembeli yang melakukan perubahan posisi penawaran dari Rp.950 menjadi Rp.1.000 sebanyak 5 lot tidak terjadi perubahan posisi penawaran penjualan dan pembelian yang signifikan dalam transaksi.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sejak tahun 1995 Bursa Efek telah menggunakan sistem perdagangan otomatis yang dikenal dengan istilah ....

9

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia