Pertanyaan

Jelaskan bagaimana cara mereduksi sampah organik atau recycle sampah organik?

Jelaskan bagaimana cara mereduksi sampah organik atau recycle sampah organik?space

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Sampah organik merupakan sampah yang berasal dari sisa mahkluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa proses campur tangan manusia. Sampah organik dapat direduksi dan diolah menjadi produk yang lebih bermanfaat. Berdasarkan jenisnya sampah organik dapat digolongkan menjadi 2 yaitu sampah organik basah dan sampah organik kering . Cara pengolahan kedua sampah organik tersebut antara lain adalah sebagai berikut. Sampah organik basah, dapat diolah menjadipupuk kompos atau bahan tambahan pakan ternak. Sampah organik kering, dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan. Misalnya kerajinan dari rotan dan bambu. Selain itu sampah kerang-kerangan di pantai juga dapat dimanfaatkan untuk souvenir. Sisa kayu yang sudah tidak terpakai, daun-daun kering dan ranting-ranting pohon juga dapat diolah menjadi berbagai kerajinan, alat atau benda yang bermanfaat.

Sampah organik merupakan sampah yang berasal dari sisa mahkluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa proses campur tangan manusia. Sampah organik dapat direduksi dan diolah menjadi produk yang lebih bermanfaat. Berdasarkan jenisnya sampah organik dapat digolongkan menjadi 2 yaitu sampah organik basah dan sampah organik kering. Cara pengolahan kedua sampah organik tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Sampah organik basah, dapat diolah menjadi pupuk kompos atau bahan tambahan pakan ternak.
  • Sampah organik kering, dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan. Misalnya kerajinan dari rotan dan bambu. Selain itu sampah kerang-kerangan di pantai juga dapat dimanfaatkan untuk souvenir. Sisa kayu yang sudah tidak terpakai, daun-daun kering dan ranting-ranting pohon juga dapat diolah menjadi berbagai kerajinan, alat atau benda yang bermanfaat.space

31

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana dampak penguraian bahan organik bagi lingkungan?

300

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia