Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan bagaimana cara mengetahui adanya unsur C, H, dan O dalam senyawa organik.

Jelaskan bagaimana cara mengetahui adanya unsur C, H, dan O dalam senyawa organik.space 

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

cara mengetahui adanya unsur C, H, dan O dalam senyawa organik berturut-turut adalah dengan melakukan reaksi pembakaran dan uji kertas kobalt.

cara mengetahui adanya unsur C, H, dan O dalam senyawa organik berturut-turut adalah dengan melakukan reaksi pembakaran dan uji kertas kobalt.

Iklan

Pembahasan

Identifikasi suatu zat atau bahan yang mengandung unsur karbon, hidrogen,dan oksigen dapat dilakukan dengan reaksi pembakaran. Pembakaran tidak sempurna dari senyawa karbon akan menghasilkan zat sisa berupa arang (jelaga) atau C. Sementara, pembakaran sempurna, akan menghasilkan gas CO 2 ​ yang menunjukkan adanya unsur C dan O. Keberadaan gas CO 2 ​ dapat diketahuidengan cara mengalirkan gas hasil pembakaranke air kapur (larutan Ca ( OH ) 2 ​ atau air barit (larutan Ba ( OH ) 2 ​ ). Dengan demikian,air kapur atau air barit yang semula beningakan berubahmenjadi keruh. Adanya unsur H dapat diketahui dengan menguji dengan kertas kobalt. Selain menghasilkan gas CO 2 ​ , pembakaran sempurna senyawa karbon juga menghasilkan uap air, H 2 ​ O (mengandung unsur H). Kertas kobalt yang diuji pada uap airakan memberikanperubahan warna dari biru menjadi merah muda. Jadi, cara mengetahui adanya unsur C, H, dan O dalam senyawa organik berturut-turut adalah dengan melakukan reaksi pembakaran dan uji kertas kobalt.

Identifikasi suatu zat atau bahan yang mengandung unsur karbon, hidrogen, dan oksigen dapat dilakukan dengan reaksi pembakaran. Pembakaran tidak sempurna dari senyawa karbon akan menghasilkan zat sisa berupa arang (jelaga) atau C. Sementara, pembakaran sempurna, akan menghasilkan gas  yang menunjukkan adanya unsur C dan O. Keberadaan gas  dapat diketahui dengan cara mengalirkan gas hasil pembakaran ke air kapur (larutan  atau air barit (larutan ). Dengan demikian, air kapur atau air barit yang semula bening akan berubah menjadi keruh. 

Adanya unsur H dapat diketahui dengan menguji dengan kertas kobalt. Selain menghasilkan gas , pembakaran sempurna senyawa karbon juga menghasilkan uap air,  (mengandung unsur H). Kertas kobalt yang diuji pada uap air akan memberikan perubahan warna dari biru menjadi merah muda.

Jadi, cara mengetahui adanya unsur C, H, dan O dalam senyawa organik berturut-turut adalah dengan melakukan reaksi pembakaran dan uji kertas kobalt.

5rb+

Nikn Purwa

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pengujian sampel senyawa organik dilakukan sesuai ilustrasi berikut. Ketika zat cair yang dihasilkan di dalam tabung reaksi diteteskan ke atas kertas kobalt(II), warna kertas kobalt(II) berub...

668

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia