Pertanyaan

Identifikasi unsur karbon, hidrogen, dan oksigen dalam senyawa organik!

Identifikasi unsur karbon, hidrogen, dan oksigen dalam senyawa organik!space

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Identifikasi kandungan atom C, H, dan O pada senyawa organik dapat dilakukan dengan reaksi pembakaran. Senyawa organik merupakan senyawa kimia yang molekulnya memiliki atom atom karbon. Untuk mengidentifikasi unsur karbon, hidrogen, dan oksigen dalam senyawa organik dapat dilakukan melalui percobaan sederhana yaitu reaksi pembakaran. Reaksi pembakaran pada senyawa organik dengan oksigen akan menghasilkan karbon dioksida dan air. Karbon dioksida dapat diidentifikasi dengan cara melewatkan gas karbon dioksida dengan air kapur atau air barit. Air kapur atau air barit akan menjadi keruh jika terbentuk gas karbondioksida. Keberadaan air yang mengandung unsur hidrogen (H) dan unsur oksigen (O) diidentifikasi dengan cara meneteskan hasil pembakaran pada kertas kobalt. Apabila hasil pembakaran mengandung uap air, kertas kobalt akan mengalami perubahan warna dari biru menjadi merah jambu.

Identifikasi kandungan atom C, H, dan O pada senyawa organik dapat dilakukan dengan reaksi pembakaran.

Senyawa organik merupakan senyawa kimia yang molekulnya memiliki atom atom karbon. Untuk mengidentifikasi unsur karbon, hidrogen, dan oksigen dalam senyawa organik dapat dilakukan melalui percobaan sederhana yaitu reaksi pembakaran. Reaksi pembakaran pada senyawa organik dengan oksigen akan menghasilkan karbon dioksida dan air.

  • Karbon dioksida dapat diidentifikasi dengan cara melewatkan gas karbon dioksida dengan air kapur atau air barit. Air kapur atau air barit akan menjadi keruh jika terbentuk gas karbondioksida.
  • Keberadaan air yang mengandung unsur hidrogen (H) dan unsur oksigen (O) diidentifikasi dengan cara meneteskan hasil pembakaran pada kertas kobalt. Apabila hasil pembakaran mengandung uap air, kertas kobalt akan mengalami perubahan warna dari biru menjadi merah jambu.space

4rb+

5.0 (2 rating)

Jovita Ivana Rerung Allo

y

Iklan

Pertanyaan serupa

Keberadaan unsur karbon, hidrogen, dan oksigen dalam senyawa karbon dapat diidentifikasi melalui percobaan sederhana dengan reaksi pembakaran. Tuliskan hasil identifikasi tersebut yang menunjukkan ada...

6rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia