Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan apa yang dimaksud dengan zaman Praaksara!

Jelaskan apa yang dimaksud dengan zaman Praaksara!

Iklan

E. Mardiana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pra-aksara berasal dari gabungan kata, yaitu pra dan aksara. Pra artinya sebelum dan aksara berarti tulisan. Dengan demikian, yang dimaksud masa pra-aksara adalah masa sebelum manusia mengenal bentuk tulisan. Masa pra-aksara disebut juga dengan masa nirleka ( nir artinya tidak ada, dan leka artinya tulisan), yaitu masa tidak ada tulisan. Masa praaksara disebut juga dengan masa pra-sejarah, yaitu suatu masa dimana manusia belum mengenal tulisan. Adapun masa sesudah manusia mengenal tulisan disebut juga dengan masa aksara atau masa sejarah. Kehidupan manusia pada masa pra-aksara dapat diketahui dari peninggalan-peninggalan yang ditinggalkan oleh manusia yang hidup pada waktu itu. Peninggalan itu dapat berupa artefak dan fosil.Zaman Praaksara terbagi dalam dua periodisasi zaman, yakni zaman Batu dan zaman logam. Zaman batu terdiri atas empat zaman, termasuk Paleolitikum, Mesolitikum, Neolitikum dan Megalitikum. Pada zaman ini, alat perkakas manusia masih terbuat dari batu. Lain halnya dengan zaman logam, dimana peralatan pada masa itu mayoritas terbuat dari perunggu dan besi. Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah zaman sebelum mengenal tulisan.

Pra-aksara berasal dari gabungan kata, yaitu pra dan aksara. Pra artinya sebelum dan aksara berarti tulisan. Dengan demikian, yang dimaksud masa pra-aksara adalah masa sebelum manusia mengenal bentuk tulisan. Masa pra-aksara disebut juga dengan masa nirleka (nir artinya tidak ada, dan leka artinya tulisan), yaitu masa tidak ada tulisan. Masa praaksara disebut juga dengan masa pra-sejarah, yaitu suatu masa dimana manusia belum mengenal tulisan. Adapun masa sesudah manusia mengenal tulisan disebut juga dengan masa aksara atau masa sejarah. Kehidupan manusia pada masa pra-aksara dapat diketahui dari peninggalan-peninggalan yang ditinggalkan oleh manusia yang hidup pada waktu itu. Peninggalan itu dapat berupa artefak dan fosil. Zaman Praaksara terbagi dalam dua periodisasi zaman, yakni zaman Batu dan zaman logam. Zaman batu terdiri atas empat zaman, termasuk Paleolitikum, Mesolitikum, Neolitikum dan Megalitikum. Pada zaman ini, alat perkakas manusia masih terbuat dari batu. Lain halnya dengan zaman logam, dimana peralatan pada masa itu mayoritas terbuat dari perunggu dan besi.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah zaman sebelum mengenal tulisan. 

Latihan Bab

Manusia Purba dan Corak Kehidupannya

Asal - usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Hasil dan Nilai Budaya Masyarakat

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6rb+

Nencya

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu hasil budayanya berupa prasasti, disebut juga Zaman Nirleka, berakhir sekitar tahun 3.000 sm, dan kehidupan dipelajari melalui benda-benda peninggalan. Keterangan yang terkait...

443

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia