Iklan

Iklan

Pertanyaan

Buatlah rumusan pengertian zaman pra-aksara berdasarkan informasi yang kamu peroleh!

Buatlah rumusan pengertian zaman pra-aksara berdasarkan informasi yang kamu peroleh!space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Zaman praaksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. Praaksara berasal dari dua kata, yaitu pra yang artinya sebelum dan aksara yang berarti tulisan. Praaksara disebut juga nirleka, nir berarti tanpa dan leka berarti tulisan. Batas antara zaman Praaksara dengan zaman sejarah adalah mulai adanya tulisan.

 Zaman praaksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. Praaksara berasal dari dua kata, yaitu pra yang artinya sebelum dan aksara yang berarti tulisan. Praaksara disebut juga nirleka, nir berarti tanpa dan leka berarti tulisan. Batas antara zaman Praaksara dengan zaman sejarah adalah mulai adanya tulisan. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Zaman praaksara atau prasejarah adalah bagian terawal dalam sejarah manusia. Masa ini diawali dengan munculnya manusia, yang ditandai dengan peninggalan-peninggalan seperti fosil dan peralatan batu. Zaman ini berlangsung sangat lama dan berakhir ketika manusia menciptakan sistem tulis menulis. Waktu berakhirnya masa ini berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lain. Ini karena setiap peradaban memiliki waktu yang berbeda dalam penciptaan atau adopsi sistem tulis menulis. Penyebutan masa ini sebagai "prasejarah" kurang tepat, sebab sudah banyak kejadian sejarah yang terjadi pada suatu peradaban meski masih belum mengenal tulis menulis. Karenanya istilah "praaksara" lebih tepat untuk digunakan. Contohnya adalah peradaban sungai Indus di Mahenjo Daro dan Harappa. Sampai saat ini belum ditemukan bukti bahwa peradaban sungai Indus adalah peradaban yang mengenal tulis menulis. Artinya masa ini masuk jaman praaksara. Namun pada masa ini kota seperti Mahenjo Daro dan Harappa sudah sangat maju. Kedua kota ini memiliki sistem tata kota berupa saluran perairan yang rapi dan sistem sumur tadah hujan untuk menampung air. Jadi, meski tak bisa tulis menulis, bukan berarti peradaban ini tidak memiliki sesuatu yang bernilai sejarah. Dengan demikian,Zaman praaksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. Praaksara berasal dari dua kata, yaitu pra yang artinya sebelum dan aksara yang berarti tulisan. Praaksara disebut juga nirleka, nir berarti tanpa dan leka berarti tulisan. Batas antara zaman Praaksara dengan zaman sejarah adalah mulai adanya tulisan.

Zaman praaksara atau prasejarah adalah bagian terawal dalam sejarah manusia. Masa ini diawali dengan munculnya manusia, yang ditandai dengan peninggalan-peninggalan seperti fosil dan peralatan batu. Zaman ini berlangsung sangat lama dan berakhir ketika manusia menciptakan sistem tulis menulis. Waktu berakhirnya masa ini berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lain. Ini karena setiap peradaban memiliki waktu yang berbeda dalam penciptaan atau adopsi sistem tulis menulis. Penyebutan masa ini sebagai "prasejarah" kurang tepat, sebab sudah banyak kejadian sejarah yang terjadi pada suatu peradaban meski masih belum mengenal tulis menulis. Karenanya istilah "praaksara" lebih tepat untuk digunakan. Contohnya adalah peradaban sungai Indus di Mahenjo Daro dan Harappa. Sampai saat ini belum ditemukan bukti bahwa peradaban sungai Indus adalah peradaban yang mengenal tulis menulis. Artinya masa ini masuk jaman praaksara. Namun pada masa ini kota seperti Mahenjo Daro dan Harappa sudah sangat maju. Kedua kota ini memiliki sistem tata kota berupa saluran perairan yang rapi dan sistem sumur tadah hujan untuk menampung air. Jadi, meski tak bisa tulis menulis, bukan berarti peradaban ini tidak memiliki sesuatu yang bernilai sejarah.

Dengan demikian, Zaman praaksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. Praaksara berasal dari dua kata, yaitu pra yang artinya sebelum dan aksara yang berarti tulisan. Praaksara disebut juga nirleka, nir berarti tanpa dan leka berarti tulisan. Batas antara zaman Praaksara dengan zaman sejarah adalah mulai adanya tulisan. 

Latihan Bab

Manusia Purba dan Corak Kehidupannya

Asal - usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Hasil dan Nilai Budaya Masyarakat

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Muhammad Bintang Pamungkas

@Haikal alfarizi Pembahasan terpotong karena belum Login/Masuk ke aplikasi Roboguru dan belum V. WhatsApp

RIFQI ANUGRAH SYAHPUTRA

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Haikal alfarizi

Pembahasan terpotong

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu hasil budayanya berupa prasasti, disebut juga Zaman Nirleka, berakhir sekitar tahun 3.000 sm, dan kehidupan dipelajari melalui benda-benda peninggalan. Keterangan yang terkait...

443

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia