Roboguru

Jelaskan apa yang dimaksud dengan hormon bahagia dan tuliskan cara kerja hormon bahagia!

Pertanyaan

Jelaskan apa yang dimaksud dengan hormon bahagia dan tuliskan cara kerja hormon bahagia!space 

Pembahasan Soal:

Hormon merupakan senyawa kimia yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang berfungsi untuk mengatur homeostasis, pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, dan tingkah laku. Beberapa jenis hormon dapat menyebabkan rasa bahagia, yaitu :

  1. Dopamin (hormon perasaan baik), yang dapat menimbulkan sensasi menyenangkan. 
  2. Serotonin, merupakan hormon yang membantu mengatur suasana hati, tidur, nafsu makan, kemampuan belajar, dan memori.
  3. Oksitosin (hormon cinta), merupakan hormon yang sangat penting untuk persalinan, menyusui, dan ikatan yang kuat antara orang tua dan anak. Hormon oksitosin akan meningkat melalui kontak fisik seperti ciuman dan pelukan.
  4. Endorfin (hormon pereda nyeri), merupakan hormon yang diproduksi alami oleh tubuh sebagai respons atas rasa stress. Kadar endorfin akan meningkat ketika seseorang melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti olahraga dan makan makanan yang enak.

Mekanisme kerja hormon-hormon tersebut yaitu :

  1. Adanya rangsangan dari luar atau dalam akan menyebabkan kelenjar endokrin mengeluarkan hormon ke dalam plasma darah.
  2. Hormon akan menuju ke sel target dan berikatan dengan reseptor.
  3. Hormon akan meningkatkan aktivitas adenesil siklase. Aktivitas adenesil siklase yang meningkat menyebabkan peningkatan pembentukan AMP siklik di dalam plasma sel yang dapat mengubah proses di dalam sel.
  4. Timbul rasa bahagia sebagai respons fisiologis tubuh terhadap pelepasan hormon bahagia. space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Yumna

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapi tabel berikut! No. Jenis penyakit atau kelainan Gejala yang muncul a.   Urine mengandung darah, ginjal tidak berfungsi, ada pertumbuhan sel yang tidak normal di...

Pembahasan Soal:

Berikut untuk jenis penyakit A

No. Jenis penyakit atau kelainan Gejala yang muncul
a. Hematuria Urine mengandung darah, ginjal tidak berfungsi, ada pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam ginjal

 

space Hematuria adalah kondisi dimana dalam urine terdapat darah atau biasa disebut kencing berdarah. Darah di dalam urin disebabkan karena rusaknya ginjal sehingga tidak dapat melakukan fungsinya untuk menyaring darah. Hematuria juga dapat disebabkan oleh adanya pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam ginjal, infeksi saluran kemih, batu ginjal, hingga kanker prostat.

0

Roboguru

Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan ASI bisa dikeluarkan dari ibu? Hubungkan jawaban saudara dengan mekanisme kerja sistem koordinasi!

Pembahasan Soal:

Proses keluarnya Air Susu Ibu (ASI) dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya: asupan makanan, kondisi psikis ibu, hormonal. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam produksi ASI adalah hormonal yaitu prolaktin dan oksitosin. Hormon prolaktin berperan dalam proses produksi ASI. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pituitari, berada di dalam otak yang berpengaruh terhadap berbagai fungsi fisiologis tubuh. Saat bayi menyusu, rangsangan sensorik akan dikirim ke otak dengan mengeluarkan hormon prolaktin yang akan kembali menuju payudara melalui aliran darah serta merangsang sel-sel pembuat ASI untuk memproduksi ASI. 

0

Roboguru

Jelaskan mekanisme timbal balik konsentrasi hormon reproduksi laki-laki di dalam tubuh !

Pembahasan Soal:

Hipotalamus merangsang kelenjar endokrin untuk memproduksi banyak hormon, salah satunya gonadotropin-releasing hormone (GnRH). Hormon GnRH mempegaruhi hormon reproduksi pada laki-laki dan perempuan. GnRH akan merangsang kelenjar hipofisis untuk melepaskan hormon FSH dan LH. Hormon FSH pada laki-laki berperan dalam pembentukan sel sperma dan LH pada laki-laki berperan dalam pembentukan testosteron. Hormon testosteron berperan mengatur ciri-ciri kelamin sekunder pada laki-laki. Sedangkan FSH pada perempuan berperan dalam pematangan folikel di dalam ovarium. Folikel yang sudang masak disebut dengan folikel de graaf. Hormon LH pada wanita berperan dalan proses ovulasi, dimana sel telur dilepaskan dari ovarium menuju ke oviduk.

Jadi, mekanisme timbal balik konsentrasi hormon reproduksi laki-laki di dalam tubuh diatur oleh hipotalamus yang menghasilkan gonadotropin-releasing hormone (GnRH). GnRH akan merangsang kelenjar hipofisis untuk melepaskan hormon FSH dan LH. Hormon FSH pada laki-laki berperan dalam pembentukan sel sperma dan LH pada laki-laki berperan dalam pembentukan testosteron.undefined 

0

Roboguru

Komponen yang terlibat dalam mekanisme feedback yang terdiri dari ….

Pembahasan Soal:

mekanisme feedback atau umpan-balik merupakan serangkaian proses dimana respons akan mempengaruhi stimulus, komponennya terdiri dari sensor (reseptor), control center, dan efektor (target). Sensor atau reseptor merupakan komponen yang bertugas mendeteksi stimulus, berupa perubahan kondisi tubuh, dan mengirimkan informasinya ke control center. Control center bertugas untuk menganalisis stimulus atau perubahan kondisi tubuh. Salah satu contohnya adalah hipotalamus. Sedangkan efektor akan merespons informasi dari control center dengan cara bekerja untuk mengembalikan perubahan kondisi tubuh ke kondisi normalnya. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Pernyataan berikut ini yang benar mengenai mekanisme regulasi kalsium adalah ….

Pembahasan Soal:

Regulasi kalsium dalam tubuh dikontrol oleh PTH (paratiroid hormon) dan kalsitonin. Kedua hormon tersebut bekerja berlawanan. PTH bekerja ketika kalsium dalam darah dalam kondisi rendah. PTH akan menghambat osteoblas dan merangsang osteoklas. Selain itu, PTH juga akan meningkatkan reabsorpsi kalsium pada tubulus ginjal. Sebaliknya, kalsitonin akan aktif bekerja saat kadar kalsium dalam darah tinggi. Kalsitonin akan merangsang osteoblas untuk bekerja dan menghambat kerja osteoklas. Selain itu, kalsitonin juga akan menghambat reabsorpsi kalsium pada tubulus ginjal. Maka, Pernyataan yang benar mengenai mekanisme regulasi kalsium adalah paratiroid hormon akan meningkatkan reabsorpsi kalsium pada ginjal. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved