Roboguru

Jelaskan alasan PKI melaksanakan Gerakan 30 September 1965 sebagaimana dijelaskan oleh pimpinan gerakan Letkol Untung melelui siaran RRI pada tanggal 1 Oktober 1965!

Pertanyaan

Jelaskan alasan PKI melaksanakan Gerakan 30 September 1965 sebagaimana dijelaskan oleh pimpinan gerakan Letkol Untung melelui siaran RRI pada tanggal 1 Oktober 1965!

Pembahasan Soal:

Pada masa itu gerakan 30 september/PKI 1965 atau yang lebih dikenal dengan nama G30S PKI adalah pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk menjadikan Negara Indonesia menjadi Negara komunis . Pada awalnya Komunis hanyalah paham yang diajarkan di sekolah-sekoah dengan menerapkan dan memanfaatkan pemikiran polos anak kecil , sehingga mereka mudah terpengaruh dan percaya kalau Tuhan itu tidak ada . Namun seiring berjalannya waktu , lama kelamaan paham akan ketiadaan dari Tuhan ini mengumpulkan orang² yang memiliki paham yang sama dan mereka akhirnya memiliki organisasinya sendiri sampai suatu waktu mereka memutuskan untuk melawan Pemerintahan (Kudeta) yang menyebabkan peristiwa berdarah dimana semua anggota PKI terbantai habis-habisan.

Dengan demikian, alasannya ingin mengganti ideologi negara dari awalnya pancasila menjadi ideologi komunis atau partai komunis indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Contoh konflik Indonesia yang terjadi atas dasar kepentingan sekitar tahun 1948-1965 meliputi...

Pembahasan Soal:

Setelah Indonesia merdeka, konflik tidak serta merta berakhir dari Negara ini. Di Indonesia pernah terjadi berbagai konflik yang mengancam integrasi bangsa. Konflik tersebut diantaranya berkaitan dengan kepentingan, ideologi dan pemerintahan. Konflik yang berkaitan dengan kepentingan diantaranya adalah pemberontakan APRA, RMS, dan pemberontakan Andi Azis. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Penumpasan pemberontakan DI/TII di Jawa Barat memerlukan waktu cukup lama karena ....

Pembahasan Soal:

Pemberontakan DI/TII Jawa Barat dilatarbelakangi oleh keinginan menjadikan negara Indonesia menjadi sebuah negara Islam. Selain itu, gerakan DI/TII juga disebabkan dengan adanya kevakuman TNI di wilayah Jawa Barat pasca ditetapkannya Perjanjian Renville. Gerakan DI/TII sendiri dipimpin oleh Kartosuwiryo. Dalam upaya memberantas gerakan DI/TII, pemerintah melakukan operasi militer pada tahun 1959 dengan nama Operasi Pagar Betis. Namun dalam perkembangannya pemerintah mengalami kesulitan dalam menumpas gerakan tersebut. Hal tersebut disebabkan oleh medan geografis yang sulit, adanya krisis sosial serta dukungan dari masyarakat sekitar terhadap DI/TII, hingga kondisi politik yang tidak stabil di dalam pemerintahan. Namun pada akhirnya pemberontakan DI/TII berhasil ditumpas pada tahun 1962 dengan ditangkapnya Kartosuwiryo.

Dengan demikian, faktor penghambat penumpasan DI/TII adalah medan geografis yang sulit, adanya krisis sosial serta dukungan dari masyarakat sekitar terhadap DI/TII, hingga kondisi politik yang tidak stabil di dalam pemerintahan.

1

Roboguru

Gerakan yang didalangi oleh golongan kolonialisme Belanda yang ingin mengamankan kepentingan ekonominya di Indonesia adalah ….

Pembahasan Soal:

Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil atau APRA adalah bentuk penolakan dari sejumlah pihak di Jawa Barat kepada pemerintah Republik Indonesia, setelah pengakuan kedaulatan dari Belanda, 27 Desember 1949. Latar belakang pemberontakan ini karena adanya friksi dalam tubuh Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS).

APRA dipimpin oleh Raymond Westerling dengan 800 serdadu bekas KNIL. Karena latar belakang tertentu, terjadi aksi pasukan APRA yang merupakan milisi dan tentara bayaran untuk menggulingkan Republik Indonesia Serikat dengan disebut-sebut atas kepen­tingan sejumlah pihak dari Jawa Barat. Walau pemimpinnya adalah Raymond Westerling yang berdarah Belanda, para tentaranya adalah orang-orang Indonesia dari sejumlah suku yang dipilih dari ­pasukan Belanda dan Indonesia. Pemberontakan APRA juga disinyalir karena adanya kepentingan bangsa Belanda yang ingin kembali datang ke Indonesia dengan niat menjajah. Belanda ingin menguasai Indonesia lagi, semata-mata untuk mengamankan kepentingan ekonomi negaranya. Sikap APRA dianggap mempertahankan para sedadu Belanda dalam sistem pemerintahan federal Indonesia. space

Dengan demikian, berdirinya APRA selain untuk mempertahankan bentuk negara federal, terdapat juga kepentingan Belanda yang lain, yaitu masalah kepentingan ekonominya di Indonesia.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined

2

Roboguru

Pemberontakan Andi Aziz memperoleh respons cepat dari pemerintah Indonesia. Jelaskan upaya pemerintah menumpas pemberontakan Andi Aziz!

Pembahasan Soal:

Pemerintah RIS segera bertindak mengatasi pemberontakan yang dilakukan kelompok Andi Aziz. Pada 8 April 1950 pemerintah Indonesia mengeluarkan perintah bahwa dalam waktu 4 x 24 jam Andi Aziz harus melaporkan diri kepada pemerintah RIS. Pada saat bersamaan pemerintah Indonesia mengirim pasukan untuk melakukan operasi militer di Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh Kolonel Alexander Evert Kawilarang.

Dengan demikian upaya pemerintah menumpas pemberontakan Andi Azis adalah dengan pengiriman pasukan militer dibawah komando Kolonel A.E. Kawilarang.

0

Roboguru

Tuliskan tiga tuntutan mahasiswa yang disebut dengan Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat) !

Pembahasan Soal:

TRITURA merupakan hasil dari demonstrasi besar-besaran oleh KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa) pada 10 Januari 1966 sebagai bentuk protes terhadap kekacauan kondisi politik dan ekonomi di Indonesia saat itu. Kekacauan politik yang dimaksud berupa (Terjadinya peristiwa G30S dan Konfrontasi dengan Malaysia dan masalah Irian Barat). Sementara itu kekacauan ekonomi yang dimaksud adalah (Terjadinya hiperinflasi hingga 600% yang menyebabkan harga barang naik sangat tinggi). Dengan demikian, menanggapi kekacauan diatas mahasiswa yang tergabung dalam KAMI, mencetuskan TRITURA (Tiga Tuntutan Rakyat) yang terdiri dari:
1) Bubarkan PKI
2) Perombakan Kabinet Dwikora
3)Turunkan harga/ perbaikan ekonomi

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved