Roboguru

Jelaskan alasan Belanda mengakui dan mengesahkan Budi Utomo sebagai organisasi resmi!

Pertanyaan

Jelaskan alasan Belanda mengakui dan mengesahkan Budi Utomo sebagai organisasi resmi!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada Masa Pergerakan Nasional, yang terjadi sejak tahun 1908-1942, di mana perjuangan ketika masa itu ditandai dengan bermunculan banyak organisasi pergerakan. Dengan kata lain, perjuangan pada masa ini lebih mengandalkan pada kekuatan pikiran dibanding kekuatan fisik. Adapun salah satu pelopor dari organisasi di Masa Pergerakan Nasional, adalah Budi Utomo, tepatnya lahir 20 Mei 1908.Dalam perkembangannya, Budi Utomo memperoleh status organisasi resmi dari pemerintah kolonial karena lebih fokus pada pendidikan dan tidak memiliki tujuan politik. Karena itu, Budi Utomo dianggap tidak berbahaya. Pemerintah kolonial kemudian menetapkan Budi Utomo sebagai organisasi resmi pada Desember 1909.

Dengan demikian, alasan Belanda mengesahkan dan mengakui Budi Utomo sebagai organisasi resmi pada Desember 1909 karena lebih fokus pada pendidikan dan tidak memiliki tujuan politik. Karena itu, Budi Utomo dianggap tidak berbahaya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan usulan-usuan berikut! Menetapkan Yogyakarta sebagai pusat organisasi. Menyediakan beasiswa bagi para pelajar pribumi. Memfokuskan kegiatan organisasi pada bidang pendidikan dan budaya....

Pembahasan Soal:

Boedi Oetomo secara rutin memberi usul kepada Pemerintah Belanda. Beberapa usulan Boedi Utomo kepada pemerintah Kolonial Belanda sebagai berikut:

  • Meningkatkan taraf pendidikan bagi kaum pribumi dan priyayi.
  • Menyediakan beasiswa bagi pelajar pribumi.
  • Menambah sekolah-sekolah pertanian.
  • Mendirikan sekolah kejuruan bagi penduduk pribumi dan perempuan.
  • Memajukan sistem pendidikan bagi sekolah dokter Jawa (STOVIA).

 

Roboguru

Tuliskan arti kata gerakan BUDI UTOMO!

Pembahasan Soal:

Budi Utomo adalah sebuah organisasi dengan tujuan ke arah pendidikan dan kebudayaan yang dibentuk pada tanggal 20 Mei 1908. Budi Utomo berasal dari dua kata, yaitu Budi berarti kepribadian. Sedangkan Utomo berarti luhur. Sehingga Budi Utomo dapat diartikan sebagai kepribadian yang luhur.

Dengan demikian, Budi Utomo berarti kepribadian yang luhur.

Roboguru

Apa tujuan berdirinya budi utomo

Pembahasan Soal:

Dilatarbelakangi kondisi ekonomi yang buruk di Jawa, dr. Wahidin Sudiro Husodo pada tahun 1906-1907 barkeliling pulau jawa, untuk memberikan penerangan tentang cita-citanya kepada para pegawai Belanda dan dalam berusaha mencari dana untuk beasiswa bagi pelajar Indonesia yang kurang mampu tapi cakap, dr. Wahidin berkeinginan untuk mendirikan badan pendidikan yang di sebut Studifonds. Usaha dr. Wahidin tidak mendapatkan tanggapan yang positif dari pegawai pemerintahan Belanda. Namun usahanya mendapat respon dari para pelajar. Usaha beliaulah yang merupakan pendorong bagi pelajar, untuk mendirikan organisasi Budi Utomo yang berdiri tanggal 20 Mei 1908 oleh para mahasiswa Sekolah Kedokteran (STOVIA) di Jakarta, yaitu Sutomo, Suraji, Gunawan Mangunkusumo. Dengan demikian tujuan didirikannya Budi Utomo yaitu untuk memajukan pendidikan pribumi (bangsa Indonesia).

Roboguru

Tuliskan tujuan dari Boedi Oetomo !

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa Boedi Oetomo (BO) atau Budi Utomo (BU) merupakan pergerakan nasional yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1908, di Jakarta. Organisasi ini dirintis oleh dr. Wahidin Sudirohusodo. BU didirikan dengan tujuan untuk menggalang dana untuk membantu anak-anak bumiputra yang kekurangan dana. Dilatarbelakangi oleh kondisi ekonomi yang buruk di Jawa, dr. Wahidin Sudiro Husodo pada tahun 1906-1907 barkeliling pulau jawa, untuk memberikan penerangan tentang cita-citanya kepada para pegawai Belanda dan dalam berusaha mencari dana untuk beasiswa bagi pelajar Indonesia yang kurang mampu tapi cakap, dr. Wahidin berkeinginan untuk mendirikan badan pendidikan yang di sebut Studifonds. Usaha dr. Wahidin tidak mendapatkan tanggapan yang positif dari pegawai pemerintahan Belanda. Namun usahanya mendapat respon dari para pelajar. Usaha beliaulah yang merupakan pendorong bagi pelajar, untuk mendirikan organisasi Budi Utomo yang berdiri tanggal 20 Mei 1908 oleh para mahasiswa Sekolah Kedokteran (STOVIA) di Jakarta, yaitu Sutomo, Suraji, Gunawan Mangunkusumo.

Dengan demikian, tujuan didirikannya Budi Utomo yaitu untuk memajukan pendidikan pribumi (bangsa Indonesia) dengan cara menggalang dana untuk membantu anak-anak bumiputera yang kekurangan dana.

Roboguru

Tujuan organisasi Budi Utomo adalah?

Pembahasan Soal:

Salah satu kebijakan Politik Etis yang diterapkan Belanda untuk penduduk Hindia Belanda (Indonesia) adalah edukasi atau pendidikan. Dengan adanya politik edukasi, dr. Sutomo, mahasiswa School tot Opleiding voor Inlandsche Arsten (STOVIA), beserta kawan-kawannya mendirikan sebuah organisasi bernama Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Berdirinya Budi Utomo tidak lepas dari peran dr Wahidin Sudirohusodo, seorang keturunan bangsawan yang berusaha memperjuangkan nasib bangsanya dan memperbaiki masyarakat Jawa melalui pendidikan Barat.

Budi Utomo adalah organisasi modern pertama kali di Indonesia yang artinya organisasi ini mempunyai pemimpin, ideologi jelas dan anggota. Budi Utomo menjadi organisasi pergerakan nasional yang pertama berdiri di Indonesia. Budi Utomo mempunyai program yang cenderung ke arah bidang sosial karena organisasi politik dilarang oleh pemerintah Hindia Belanda pada saat itu. Tujuan Budi Utomo adalah memperoleh perbaikan sosial serta kemajuan yang harmonis bagi nusa dan bangsa Jawa dan Madura.

Dengan demikian, maka tujuan Budi Utomo adalah memperoleh perbaikan sosial serta kemajuan yang harmonis bagi nusa dan bangsa Jawa dan Madura.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved