Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan akibat terjadinya penurunan populasi hutan bakau terhadap komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem tersebut!

Jelaskan akibat terjadinya penurunan populasi hutan bakau terhadap komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem tersebut! 

Iklan

A. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau, dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat yangterjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Hutan bakauadalah salah satu pendukung ekosistem pesisir yang memiliki peran dan fungsi, serta manfaat yang sangat besar, karena secara biologis hutan bakau ikut berperan dalam mengatur perputaran mata rantai makanan, dan menciptakan keseimbangan ekosistem di suatu perairan. Jika populasi hutan bakau menurun, maka akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem. Dampak penurunan populasi hutan bakaubagi komponen biotik yaitu, beberapa hewan akan kehilangan habitatnya.Serasah bakau yang jatuh ke lantai hutan akan menjadi habitat yang baik bagi mikroorganisme (bakteri dan fungi), sekaligus membantu dalam proses dekomposisi, yang pada akhirnya menjadi sumber makanan bagi Amphiphoda dan organisme pemakan detritus lainnya, dan selanjutnya menjadi makanan bagi larva ikan. Sedangkan, dampak penurunan populasi hutan bakau bagi komponen abiotik yaitu, menyebabkan perubahan garis pantai dan intrusi air laut di hilir.

Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau, dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat yang terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik.  Hutan bakau adalah salah satu pendukung ekosistem pesisir yang memiliki peran dan fungsi, serta manfaat yang sangat besar, karena secara biologis hutan bakau ikut berperan dalam mengatur perputaran mata rantai makanan, dan menciptakan keseimbangan ekosistem di suatu perairan. Jika populasi hutan bakau menurun, maka akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem. Dampak penurunan populasi hutan bakau bagi komponen biotik yaitu, beberapa hewan akan kehilangan habitatnya. Serasah bakau yang jatuh ke lantai hutan akan menjadi habitat yang baik bagi mikroorganisme (bakteri dan fungi), sekaligus membantu dalam proses dekomposisi, yang pada akhirnya menjadi sumber makanan bagi Amphiphoda dan organisme pemakan detritus lainnya, dan selanjutnya menjadi makanan bagi larva ikan. Sedangkan, dampak penurunan populasi hutan bakau bagi komponen abiotik yaitu, menyebabkan perubahan garis pantai dan intrusi  air laut di hilir. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Saat ini di pasaran telah tersedia suatu cairan pengusir tikus. Cairan ini banyak digunakan di sawah dan perkebunan. Ditinjau dari konsep ekologi, apakah cara ini baik diterapkan dalam ekosistem? Jela...

16

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia