Iklan

Iklan

Pertanyaan

Aktivitas manusia yang dapat mengganggu keseimbangan lingkungan adalah ....

Aktivitas manusia yang dapat mengganggu keseimbangan lingkungan adalah .... space 

  1. ladang berpindah dan pertanian monokultur space

  2. pertanian organik dan hidroponik space 

  3. kultur jaringan dan radiasi induksi space

  4. rotasi tanaman dan pembakaran hutan space 

  5. menjaring ikan dengan pukat harimau space

Iklan

R. Fransisca

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Jawaban

penggunaan pukat harimau dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem yang ada di dalam laut.

penggunaan pukat harimau dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem yang ada di dalam laut. space

Iklan

Pembahasan

Pilihan jawaban yang tepat adalah E. Keseimbangan lingkungan merupakan lingkungan yang bisa menjamin kelangsungan sistem ekologi. Sistem ekologi merupakan perpindahan energi dan daur biogeokimia pada suatu ekosistem. Keseimbangan lingkungan dapat terjadi jika faktor biotik dalam rantai makanan, jaring-jaring makanan dan piramida makanan berada dalam komposisi yang seimbang. Keseimbangan lingkungan dapat terganggu akibat faktor alami seperti bencana alam letusan gunung berapi banjir tanah longsor dan rusaknya pantai, dan faktor manusia. Manusia melalui aktivitasnya dapat merusak suatu ekosistem sehingga menyebabkan terganggunya keseimbangan lingkungan. Salah satu aktivitas manusia yang dapat merusak keseimbangan lingkungan adalah menangkap ikan dengan pukat harimau. Pukat harimau adalah jaringan yang sangat besar yang dapat menjaring semua makhluk hidup laut berbentuk kerucut yang diseret di dasar laut untuk menangkap ikan. Penggunaan pukat harimau dapat menghancurkan lebih banyak habitat daripada praktik penangkapan ikannya. Pada praktiknya, saat pukat harimau ditarik, semua yang ada di jalurnya akan terseret termasuk terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang ada di dalamnya. Penggunaan pukat harimau dapat merusak habitat dari ikan-ikan kecil yang ada di dasar laut. Ikan kecil yang kehilangan habitatnya dapat mengakibatkan penurunan populasi pada ikan kecil ikan kecil tersebut. Penurunan populasi ikan kecil juga dapat berdampak terganggunya rantai makanan pada ekosistem laut. Dengan demikian, penggunaan pukat harimau dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem yang ada di dalam laut.

Pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Keseimbangan lingkungan merupakan lingkungan yang bisa menjamin kelangsungan sistem ekologi. Sistem ekologi merupakan perpindahan energi dan daur biogeokimia pada suatu ekosistem. Keseimbangan lingkungan dapat terjadi jika faktor biotik dalam rantai makanan, jaring-jaring makanan dan piramida makanan berada dalam komposisi yang seimbang. Keseimbangan lingkungan dapat terganggu akibat faktor alami seperti bencana alam letusan gunung berapi banjir tanah longsor dan rusaknya pantai, dan faktor manusia.

Manusia melalui aktivitasnya dapat merusak suatu ekosistem sehingga menyebabkan terganggunya keseimbangan lingkungan. Salah satu aktivitas manusia yang dapat merusak keseimbangan lingkungan adalah menangkap ikan dengan pukat harimau. Pukat harimau adalah jaringan yang sangat besar yang dapat menjaring semua makhluk hidup laut berbentuk kerucut yang diseret di dasar laut untuk menangkap ikan. Penggunaan pukat harimau dapat menghancurkan lebih banyak habitat daripada praktik penangkapan ikannya. Pada praktiknya, saat pukat harimau ditarik, semua yang ada di jalurnya akan terseret termasuk terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang ada di dalamnya.

Penggunaan pukat harimau dapat merusak habitat dari ikan-ikan kecil yang ada di dasar laut. Ikan kecil yang kehilangan habitatnya dapat mengakibatkan penurunan populasi pada ikan kecil ikan kecil tersebut. Penurunan populasi ikan kecil juga dapat berdampak terganggunya rantai makanan pada ekosistem laut.

Dengan demikian, penggunaan pukat harimau dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem yang ada di dalam laut. space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

149

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Akhir-akhir ini banyak kekhawatiran terhadap gejala efek rumah kaca yang mengakibatkan peningkatan suhu permukaan bumi ( Global Warming ) yang diperkirakan dapat mengakibatkan beberapa bencana alam. U...

299

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia