Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan adaptasi menurut Lamarck!

Jelaskan adaptasi menurut Lamarck!space 

Iklan

N. Fakhirah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jean Baptiste Lamarck berpendapat bahwa evolusi terjadi karena makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungan . Inti dari isi bukunya yang berjudul " Philosophie zoologique " adalah sebagai berikut: Alam sekitar/lingkungan mempunyai pengaruh pada ciri-ciri/sifat-sifat yang diwariskan. Prinsip use and disuse (digunakan dan tidak digunakan) menyatakan bahwa organ atau bagian tubuh yang digunakan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya akan berkembang dengan baik sehingga akan menjadi lebih kuat dan besar. Sementara itu, bagian tubuh yang tidak digunakan akan mengalami kemunduran sehingga menyusut menjadi lebih kecil. Ciri-ciri/sifat-sifat yang didapat (terbentuk oleh lingkungan selama hidupnya) akan diwariskan kepada keturunannya. Lamarck menjelaskan tentang evolusi jerapah . Ia berpendapat bahwa nenek moyang jerapah adalah jerapah yang berleher pendek pemakan daun-daunan di pohon, bukan pemakan rumput. Untuk mencapai daun-daun yang tinggi, jerapah berleher pendek harus meregangkan dan memanjangkan lehernya sehingga lehernya semakin panjang. Sifat leher panjang diwariskan pada keturunannya dan proses ini terus berlanjut hingga sekarang sehingga semua jerapah yang hidup pada saat ini berleher panjang.

Jean Baptiste Lamarck berpendapat bahwa evolusi terjadi karena makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungan. Inti dari isi bukunya yang berjudul "Philosophie zoologique" adalah sebagai berikut:

  1. Alam sekitar/lingkungan mempunyai pengaruh pada ciri-ciri/sifat-sifat yang diwariskan.
  2. Prinsip use and disuse (digunakan dan tidak digunakan) menyatakan bahwa organ atau bagian tubuh yang digunakan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya akan berkembang dengan baik sehingga akan menjadi lebih kuat dan besar. Sementara itu, bagian tubuh yang tidak digunakan akan mengalami kemunduran sehingga menyusut menjadi lebih kecil.
  3. Ciri-ciri/sifat-sifat yang didapat (terbentuk oleh lingkungan selama hidupnya) akan diwariskan kepada keturunannya.

Lamarck menjelaskan tentang evolusi jerapah. Ia berpendapat bahwa nenek moyang jerapah adalah jerapah yang berleher pendek pemakan daun-daunan di pohon, bukan pemakan rumput. Untuk mencapai daun-daun yang tinggi, jerapah berleher pendek harus meregangkan dan memanjangkan lehernya sehingga lehernya semakin panjang. Sifat leher panjang diwariskan pada keturunannya dan proses ini terus berlanjut hingga sekarang sehingga semua jerapah yang hidup pada saat ini berleher panjang.space 

Latihan Bab

Asal-Usul Kehidupan

Teori Evolusi

Macam-Macam Evolusi

Petunjuk Adanya Evolusi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perkawinan antara dua ekor tikus yang dipotong ekornya ternyata menghasillkan keturunan yang selalu tetap berekor.Keadaan ini tetap berlangsung meskipun dilakukan perkawinan sampai beberapa generasi. ...

3rb+

4.7

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia