Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan 4 parameter pencemaran air!

Jelaskan 4 parameter pencemaran air! 

Iklan

A. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pencemaran air merupakan masuknya makhluk hidup atauzat lain ke dalam air yang menyebabkan kualitas air menurunke tingkat tertentu sehingga tidak dapat berfungsi sesuaiperuntukannya. Pencemaran dapat terjadi pada air di daratmaupun di laut. Untuk menentukan air sudah tercemar ataubelum, dapat dilakukan pengujian terhadap empat parameter, yaitusebagai berikut. Parameter Fisik, meliputi kandungan partikel padat, zatpadat terlarut, kekeruhan, warna, bau, suhu, dan pH air. Airnormal yang dapat dikonsumsi memiliki sifat tidak berbau,tidak berwarna, dan tidak berasa. Air normal memiliki pHsekitar 6,5-7,5. Prameter Biologi, digunakan untuk mengetahui jenisdan jumlah mikroorganisme air yang dapat menyebabkanpenyakit, contohnya Escherichia coli, Vibrio cholerae, Salmonella typhosa, dan Entamoeba histolytica. Parameter Kimia, meliputi karbon dioksida, pH, alkalinitas, fosfor dan kadang aktifitas berat menggunakan bahan kimia yang menyebabkan pencemaran air. Parameter Biokimia, meliputi BOD ( biochemical oxygen demand ),COD ( chemical oxygen demand ), dan DO ( dissolved oxygen ).BOD adalah ukuran kandungan oksigen terlarut yangdiperlukan oleh mikroorganisme untuk menguraikan bahanorganik di dalam air.COD adalah ukuran kandunganoksigen yang diperlukan agar bahan buangan di dalam airdapat teroksidasi melalui reaksi kimia (biasanya digunakandalam indikator limbah cair industri). DO adalah ukurankandungan oksigen terlarut dalam air.

Pencemaran air merupakan masuknya makhluk hidup atau zat lain ke dalam air yang menyebabkan kualitas air menurun ke tingkat tertentu sehingga tidak dapat berfungsi sesuai peruntukannya. Pencemaran dapat terjadi pada air di darat maupun di laut. Untuk menentukan air sudah tercemar atau belum, dapat dilakukan pengujian terhadap empat parameter, yaitu sebagai berikut.

  1. Parameter Fisik, meliputi kandungan partikel padat, zat padat terlarut, kekeruhan, warna, bau, suhu, dan pH air. Air normal yang dapat dikonsumsi memiliki sifat tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Air normal memiliki pH sekitar 6,5-7,5.
  2. Prameter Biologi, digunakan untuk mengetahui jenis dan jumlah mikroorganisme air yang dapat menyebabkan penyakit, contohnya Escherichia coli, Vibrio cholerae, Salmonella typhosa, dan Entamoeba histolytica. 
  3. Parameter Kimia, meliputi karbon dioksida, pH, alkalinitas, fosfor dan kadang aktifitas berat menggunakan bahan kimia yang menyebabkan pencemaran air.
  4. Parameter Biokimia, meliputi BOD (biochemical oxygen demand), COD (chemical oxygen demand), dan DO (dissolved oxygen). BOD adalah ukuran kandungan oksigen terlarut yang diperlukan oleh mikroorganisme untuk menguraikan bahan organik di dalam air. COD adalah ukuran kandungan oksigen yang diperlukan agar bahan buangan di dalam air dapat teroksidasi melalui reaksi kimia (biasanya digunakan dalam indikator limbah cair industri). DO adalah ukuran kandungan oksigen terlarut dalam air. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10rb+

qonita.cylla

Pembahasan lengkap banget

Sri Rahayu Syalwa Fadillah

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika air dalam suatu kolam terpolusi oleh zat kimia tertentu, akibat yang tampak pertama kali adalah....

2rb+

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia