Roboguru

Jatuhnya Kota Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Bizantium, pada 1453 menjadi salah satu faktor pendorong bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra. Pada tahun tersebut, Konstantinopel takluk di bawah kekuasaan...

Pertanyaan

Jatuhnya Kota Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Bizantium, pada 1453 menjadi salah satu faktor pendorong bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra. Pada tahun tersebut, Konstantinopel takluk di bawah kekuasaan...

  1. Kesultanan Turki Ottoman (Usmani)

  2. Kekaisaran Tiongkok

  3. Kekaisaran Mongol

  4. Kekhalifahan Ummayah

  5. Kekaisaran Mughal

Pembahasan Soal:

Peristiwa jatuhnya Konstantinopel merupakan faktor utama yang mendorong bangsa-bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra. Seperti yang diketahui, Konstantinopel merupakan wilayah yang diperebutkan karena memiliki bentang alam yang strategis sehingga menjadi 'pintu masuk' atau gerbang perdagangan antara negara-negara di Asia dan Eropa. Wilayah ini kemudian jatuh ke bangsa Turki Usmani pada 29 Mei 1453, bangsa yang mengakhiri kekuasaan Kerajaan Romawi Timur. Turki Usmani kemudian melarang bangsa-bangsa Eropa melewati wilayah Konstantinopel (Byzantium) hingga akhirnya bangsa Eropa harus mencari wilayah baru untuk berdagang.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan bangsa Barat melakukan penjelajahan samudera ke Dunia Timur!

Pembahasan Soal:

Faktor-faktor yang mendorong bangsa-bangsa Barat menjelajahi samudera menuju belahan Dunia Timur adalah sebagai berikut.

  • Kisah perjalanan marcopolo (1254-1324).
  • Jatuhnya Kota Konstantinopel Tahun 1453.
  • Adanya semangat penaklukan (Reconquesta).
  • Berkembangnya teknik pelayaran dan penemuan kompas.
  • Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo Galilei.

Jadi, faktor-faktor yang mendorong penjelajahan samudera bangsa Barat ke Dunia Timur adalah adanya kisah perjalanan Marcopolo, jatuhnya kota Konstantinopel, dan semangat reconquesta.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan di bawah ini! kisah pelayaran Ferdinand Magelhaens. Jayanya kota Konstantinopel pada tahun 1453. Adanya semangat reconquesta atau penaklukan. Berkembangnya penemuan kompas ...

Pembahasan Soal:

Faktor-faktor pendorong kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia:

  • Jatuhnya kota Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani

Faktor ini menyebabkan hilangnya kerajaan Eropa di wilayah timur yang menyebabkan jalur perdagangan berubah dari orang-orang Eropa mendapatkan rempah melalui Jalur Sutra berubah menjadi melalui Venice. 

  • Ingin mencari tempat penghasil rempah-rempah

Rempah-rempah yang penting bagi kehidupan bangsa eropa harganya meningkat tajam setelah terjadi monopoli yang dilakukan oleh para pedagang Italia.

  • Semangat 3 G yakni Gold (kekayaan), Glory (kejayaan) dan Gospel (menyebarkan agama Kristen)

Pada awal penjelajahan Portugis dan Spanyol mendapat dukungan dari Vatikan untuk menguasai pusat rempah-rempah. Dukungan tersebut termasuk menyebarkan agama Kristen atau Gospel.

  • Membuktikan teori bumi itu bulat

Pada abad pertengahan terdapat doktrin bahwa bumi itu datar yang didasari oleh dogma gereja seiring perkembangan zaman terdapat temuan teropong oleh Galileo Galilei  dan teori Heliosentris dari Copernicus. Teori bumi bulat kembali diperkuat dengan catatan perjalanan Marcopolo ke dunia Timur yang berjudul Imago Mundo

  • Kemajuan teknologi dalam bidang navigasi pelayaran yakni dengan ditemukannya kompas

Penemuan kompas mempermudah pelayaran bangsa Eropa untuk mencapai dunia Timur.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Berikut yang bukan faktor pendorong penjelajahan samudra oleh bangsa Eropa adalah...

Pembahasan Soal:

Bangsa Eropa pada abad ke-15 hingga ke-18 melakukan ekspedisi mengarungi samudra. Zaman ini dikenal sebagai era penjelajahan samudra atau penemuan dunia baru. Dua negara Eropa yang menjadi pelopor penjelajahan samudera ini adalah Portugis dan Spanyol. Langkah yang diambil oleh kedua negara ini pun diikuti oleh bangsa Eropa seperti Italia, Belanda, Prancis, Inggris, dan Denmark. Awalnya, ekspedisi mengelilingi dunia dimulai untuk menemukan tempat asal rempah-rempah. Namun akhirnya, bangsa-bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut:

  1. Jatuhnya kota Konstantinopel oleh Turki Utsmani pada tahun 1453 yang menyebabkan terputusnya akses terhadap perdagangan dunia Timur yang berakibat pada melonjaknya harga-harga komoditi rempah di Eropa.
  2. Semangat menjalankan semoyan 3G. Semboyan 3G (gold, glory, gospel) adalah semboyan yang menjadi cikal bakal atau pemantik dari bangsa-bangsa Eropa seperti Portugis melakukan penjelajahan samudra. Adapun 3G adalah program untuk mencari kekayaan, kejayaan, serta menyebarkan agama Kristen.
  3. Penemuan teknologi kemaritiman yang canggih. Adanya perkembangan ilmu pengetahuan seperti astronomi, geografi, dan lain-lain membuat bangsa Eropa memiliki kemampuan untuk melakukan penjelajahan samudra. Selain itu, perkembangan teknologi khususnya teknologi di bidang kemaritiman juga membuat bangsa Eropa mampu untuk melakukan ekspedisi untuk mencapai tujuan. Perkembangan teknologi itu meliputi kapal-kapal besar yang kuat serta alat-alat pendukung, seperti teropong dan kompas.
  4. Munculnya paham merkantilisme pada abad ke-16 hingga ke-18 dimana merkantilisme merupakan teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara hanya ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpankan oleh negara yang bersangkutan, dan bahwa akbarnya volum perdagangan global teramat sangat penting.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Yang menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad ke-15 adalah...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1453, Sultan Turki Usmani, Sultan Mehmed II menaklukkan kota Konstantinopel dan mengakhiri Kekaisaran Romawi Timur. Turki Usmani lalu menjadikan Konstantinopel sebagai ibukota baru, menggantikan kota Edirne. Penaklukkan ini memiliki dampak besar bagi Eropa dan pada gilirannya, bagi bangsa di Asia termasuk Indonesia. Takluknya Konstantinople menutup jalur perdagangan Eropa ke Asia. Sebelumnya Konstantinople merupakan pusat perdagangan penting.
Dari kota ini pedagang Eropa dapat membeli rempah-rempah, sutera dan barang berharga lain dari Asia yang dibawa pedagang Yunani dan Arab. Dengan takluknya kota Konstantinopel ini, Turki Usmani bisa menutup jalur perdagangan Eropa dengan Asia. Ini mendorong negara Eropa seperti Portugal dan Spanyol untuk mencari jalur perdagangan alternatif ke Asia dengan mengitari benua Afrika dan melalui jalur barat.
Dalam penjelajahannya, negara-negara ini akhirnya menemukan jalur langsung ke Indonesia, lokasi Maluku yang merupakan penghasil utama rempah-rempah seperti pala dan cengkeh. Bangsa Eropa yang datang pertama adalah Portugis, disusul oleh bangsa Spanyol, Belanda dan Inggris.  

Dengan demikian, jawaban yang paling benar adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan beberapa pernyataan berikut! Romantisme kebudayaan Yunani Kuno dan Romawi Kuno. Perkembangan ilmu pengetahuan baru. Penyebaran wabah penyakit pes dikawasan Timur Tengah. Perlombaan me...

Pembahasan Soal:

Masa Penjelajahan bangsa Eropa mengacu pada periode sejarah sejak awal abad ke-15 masehi sampai dengan abad ke-17 masehi, yang ditandai dengan berlayarnya para penjelajah laut dari Eropa untuk menemukan pusat perdagangan rempah dunia.Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi penjelajahan bangsa Eropa adalah:

  1. adanya perkembangan ilmu pengetahuan
  2. pencarian rempah-rempah 
  3. jatuhnya Kontantinopele ke tangan Turki Utsmani
  4. semboyan Gold, Glory, dan Gospel

Maka, jawaban yang tepat adalah D.

 

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved