Roboguru

Isu yang dibahas pada petikan teks editorial tersebut adalah ....

Pertanyaan

Isu yang dibahas pada petikan teks editorial tersebut adalah ....space space space 

  1. langkah-langkah mengurangi subsidi BBMspace space space 

  2. kelangkaan subsidi BBM di APBNspace space space 

  3. pembatasan BBM bersubsidispace space space 

  4. membatasi BBM bersubsidispace space space 

  5. dampak pemberian subsidi BBMspace space space 

Pembahasan Soal:

Terdapat beberapa informasi penting dalam teks editorial sebagai berikut.

  1. Isu merupakan masalah yang dijadikan topik pembahasan. Isu tersebut bersifat aktual, faktual, dan berkaitan dengan kepentingan masyarakat.
  2. Fakta adalah sesuatu yang benar-benar terjadi.
  3. Opini atau pendapat berisi kalimat yang mengandung penilaian, pendapat, saran, atau kritik.
  4. Alternatif solusi merupakan pandangan penulis berkaitan dengan alternatif lain yang dijadikan pemecahan masalah atas masalah yang sedang dibahas.
  5. Posisi penulis adalah kedudukan penulis terhadap masalah yang sedang dibahas. Apakah penulis mendukung isu atau menentang isu yang sedang dibahas.


Setelah penulis mengemukakan fakta di lapangan mengenai kelangkaan pada BBM bersubsidi maupun nonsubsidi serta dampak kelangkaannya, di paragraf selanjutnya penulis kemudian mengeluarkan isu mengenai pembatasan kelangkaan BBM yang terdapat pada kalimat Kita sepakat bahwa subsidi BBM harus dikurangi agar APBN sehat dan pembangunan ekonomi bergerak.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Masalah dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks editorial atau tajuk rencana berisi opini redaksi yang sedang hangat diperbincangkan, berisi tentang ulasan suatu masalah, isi dalam teks editorial biasanya berskala nasional, menggunakan kalimat yang singkat, padat dan jelas. Isi dalam teks editorial bersifat argumentatif, sistematis, dan logis. Ditulis dengan perspektif tertentu untuk mengungkapkan kebenaran pendapat. Teks editorial isinya dimulai dengan pemaparan fakta umum lalu pemaparan pendapat.

Untuk memahami masalah yang dibahas dalam kutipan tajuk rencana di atas, dapat dilakukan hal sebagai berikut: 

  1. Baca isi teks secara berulang atau minimal dua kali. Usahakan untuk memahami inti pesan yang disampaikan dalam tiap paragraf.
  2. Agar lebih mudah, tentukan bagian dalam teks yang sesuai dengan struktur. Contohnya mana yang bagian penyampaian pendapat, argumentasi dan penegasan ulang. 
  3. Tandai bagian yang dianggap penting, misalnya inti pesan di setiap paragraf.
  4. Pastikan opini penulis disertai dengan data atau fakta yang berkaitan.
  5. Tentukan sudut pandang dan keberpihakan penulis dalam teks tersebut. Tentukan pula kesimpulan yang bisa diambil dari isi teks.

Seperti paragraf atau teks lainnya, tajuk rencana memiliki gagasan utama yang menjadi pokok pembahasan. Gagasan utama dalam tajuk rencana biasanya membahas suatu masalah yang sedang hangat diperbincangkan. Permasalahan tersebut dapat disimpulkan berdasarkan isi tajuk rencana atau dengan melihat kalimat utama dalam tajuk rencana tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, masalah yang dibahas kutipan tajuk rencana di atas adalah Pemerintah tidak serius dalam menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik. Pernyataan ini sesuai dengan inti paragraf yang terdapat pada kalimat (1) Kita pertanyakan keseriusan pemerintah menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik, khususnya angkutan darat.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan tajuk rencana berikut!       Banjir yang menggenangi sebagian wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang menjadi penanda memasuki 2020 ternyata juga ikut mengg...

Pembahasan Soal:

Masalah utama yang dibahas dalam teks di atas adalah banjir yang terjadi di Jabodetabek yang menyebabkan beberapa masalah, di antaranya penurunan pengunjung pusat perbelanjaan serta bisnis ritel dan logistik mengalami penurunan penjualan. Hal ini dapat terlihat dari inti paragraf satu dan dua. Pada paragraf ketiga, dibahas pula mengenai solusi penanganan banjir yang belum berjalan sebagaimana mestinya. space 

 

0

Roboguru

Pernyataan yang sesuai dengan teks editorial tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks editorial mengungkapkan visi dan pandangan redaksi atas topik yang dibahas. Dalam pilihan jawaban di atas terdapat isi yang sesuai dengan teks editorial, yakni pada pilihan A "Belum ada bukti bahwa besarnya hukuman untuk koruptor berbanding lurus dengan tingkat kekapokan melakukan korupsi." Kalimat tersebut memiliki arti bahwa belum ada bukti yang pasti jika besar hukuman yang didapatkan oleh koruptor menjadikan koruptor tersebut kapok/ jera terhadap tindakan korupsi. Hal ini sesuai dengan isi teks editorial kalimat "Namun, sesungguhnya belum ada bukti sahih ikhwal hubungan antara besarnya hukuman dan tingkat kekapokan melakukan korupsi"

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan E.space 

0

Roboguru

Dalam kutipan teks editorial tersebut, penulis berpihak kepada ....

Pembahasan Soal:

Teks editorial itu adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu/masalah aktual. Keberpihakan penulis mengacu pada dukungan penulis terhadap satu pihak yang diungkapkan dalam tajuk rencana/teks editorial. Pada kutipan teks editorial di atas, penulis menerangkan bahwa di saat Pemerintah fokus membangkitkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang tergerus pandemi Covid-19, penjualan produk impor membanjiri marketplace nasional yang dinilai telah menggerus pasar UMKM domestik. Oleh karena itu, dalam kutipan teks editorial tersebut, penulis berpihak kepada pelaku UMKM.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Pelayanan angkutan kapal laut semakin buruk menyusul adanya keputusan pemerintah yang membatasi penjualan tiket. Kenyataannya, jumlah penumpang  jauh lebih besar daripada kapasitas kapal. Hal ini meny...

Pembahasan Soal:

Teks di atas termasuk teks editorial. Teks editorial adalah suatu artikel yang berisi pendapat berdasarkan fakta dan didukung dengan data. Tujuan dari teks editorial adalah untuk memberikan pandangan atau opini sang redaksi terhadap para pembaca pada isu yang tengah berkembang atau hangat dibicarakan, serta untuk mengajak pembaca agar turut berpikir terkait isu aktual yang tengah hangat diperbincangkan atau di kehidupan sekitar.

Untuk mengetahui permasalahan yang terdapat pada teks editorial, kita harus mengetahui terlebih dahulu ide pokok dari teks tersebut. Ide pokok merupakan inti dari sebuah paragraf. Untuk mencari sebuah ide pokok dapat ditemukan pada kalimat utama. Kalimat utama itu sendiri terletak di awal kalimat, akhir kalimat, atau awal-akhir kalimat.

Berikut ini adalah analisis kalimat utama, ide pokok yang terdapat pada teks di atas, yaitu:

  • Kalimat utama pada teks di atas terletak di awal kalimat tepatnya pada kalimat pertama yang berbunyi "Pelayanan angkutan kapal laut semakin buruk menyusul adanya keputusan pemerintah yang membatasi penjualan tiket."
  • Ide pokok pada teks di atas sesuai isi pada kalimat utama adalah "Pelayanan angkutan kapal laut semakin buruk"

Berdasarkan bunyi kalimat pada ide pokok, permasalahan utama dalam teks di atas adalah buruknya pelayanan angkutan kapal laut.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved