Roboguru

Pertanyaan

Ion CO to the power of plus 2 end exponent mempunyai konfigurasi elektron space left square bracket Ar right square bracket space 3 straight d to the power of 7. Jumlah elektron tidak berpasangan dalam ion CO to the power of plus 2 end exponent adalah ....  

  1. 1  

  2. 2  

  3. 3  

  4. 5  

  5. 7  

A. Askariawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Jawaban yang paling tepat adalah opsi C.


Konfigurasi elektron dengan prinsip Aufbau menyatakan bahwa elektron akan mengorbit dari sub kulit dengan tingkatan energi yang paling rendah menuju ke tingkat energi yang lebih tinggi. Aturan mendasarnya yaitu:



Angka menunjukan kulit, huruf menyatakan sub kulit. Jumlah elektron sub kulit s adalah 2, sub kulit p adalah 6, sub kulit d adalah 10 dan sub kulit f adalah 14. Konfigurasi dimulai dari 1s kemudian 2s dan terus beraturan mengikuti tanda panah pada skema di atas. Aturan Hund merupakan suatu kaidah yang berdasarkan pada spektrum atom, yang digunakan untuk memperkirakan keadaan dasar suatu atom atau molekul dengan satu atau lebih kelopak elektron terbuka. Kemudian prinsip larangan Fauli menyatakan tidak ada dua elektron yang memiliki bilangan kuantum yang sama. Pada penulisan konfigurasi elektron dapat dilakukan penyingkatan konfigurasi. Untuk menyingkat konfigurasi elektron supaya tidak terlalu panjang biasanya menggunakan unsur dari gas mulia seperti Argon.


Co to the power of plus 2 end exponent equals open square brackets Ar presubscript 18 close square brackets space 3 straight d to the power of 7 konfigurasi space sub space kulit space straight d equals open vertical bar ↿ ⇂ close vertical bar space open vertical bar ↿ ⇂ close vertical bar space open vertical bar ↿ close vertical bar space open vertical bar ↿ close vertical bar space open vertical bar ↿ close vertical bar


Menurut prinsip Aufbau bahwa sub kulit d ini memiliki jumlah elektron maksimal 10. Kemudian tanda panah dituliskan berurutan dari yang mengarah ke atas dulu sampai semua kotaknya terisi kemudian boleh dituliskan panah arah ke bawah sebagai tanda elektronnya berpasangan dengan catatan kotaknya sudah terisi penuh semua oleh panah yang mengarah ke atas. Ini bersesuaian dengan aturan Hund dan larangan Pauli. Panah arah ke atas dan ke bawah hanya sebagai ilustrasi saja yang telah disepakati bersama untuk menggambarkan konfigurasi elektron. Kotak yang tidak mengandung panah ke atas dan ke bawah artinya elektron tersebut tidak memiliki pasangan.    

11

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Dalam atom Ni dengan nomor atom 28 terdapat elektron yang tidak berpasangan sebanyak ....

48

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia