Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ion S 2 − mempunyai konfigurasi elektron 2, 8, 8 dan jumlah proton 16.Tentukan nomor atom, nomor massa, dan tuliskan notasi atom S tersebut!

Ion  mempunyai konfigurasi elektron 2, 8, 8 dan jumlah proton 16. Tentukan nomor atom, nomor massa, dan tuliskan notasi atom  tersebut!

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

nomor atom unsur adalah 16, nomor massanya adalah 32, dan notasi unsurnya adalah .

nomor atom unsur S adalah 16, nomor massanya adalah 32, dan notasi unsurnya adalah S presubscript 16 presuperscript 32.

Iklan

Pembahasan

Konfigurasi elektron pada atom bermuatan (ion) terbagi menjadi dua, yaitu pada ion positif dan ion negatif. Jumlah elektron pada ion positif lebih sedikit daripada jumlah elektron pada atom netral (tanda positif menandakan jumlahelektron yang dilepaskan), sedangkan jumlah elektron pada ion negatif lebih besar daripada jumlah elektron pada atom netral (tanda negatif menandakan jumlah ion yang ditangkap/diterima oleh atom tersebut). Sehingga jika diketahui pada soal memiliki konfigurasi elektron 2 8 8, maka konfigurasi elektron dari adalah 2 8 6. Nomor atom unsur sama dengan jumlah proton dan jumlah elektron pada atom netralnya yaitu 16. Dan nomor massanya= nomor atom+jumlah neutron. Pada soal tidak diketahui jumlah neutron, namun terdapat jumlah proton. Kemungkinan yang dimaksud oleh soal adalah jumlah neutron, bukan jumlah proton. Sehingga, nomor massanya adalah= 16+16= 32. Notasi atom adalah . Jadi, nomor atom unsur adalah 16, nomor massanya adalah 32, dan notasi unsurnya adalah .

Konfigurasi elektron pada atom bermuatan (ion) terbagi menjadi dua, yaitu pada ion positif dan ion negatif. Jumlah elektron pada ion positif lebih sedikit daripada jumlah elektron pada atom netral (tanda positif menandakan jumlah elektron yang dilepaskan), sedangkan jumlah elektron pada ion negatif lebih besar daripada jumlah elektron pada atom netral (tanda negatif menandakan jumlah ion yang ditangkap/diterima oleh atom tersebut).

Sehingga jika diketahui pada soal S to the power of 2 minus sign memiliki konfigurasi elektron 2 8 8, maka konfigurasi elektron dari S adalah 2 8 6.

Nomor atom unsur S sama dengan jumlah proton dan jumlah elektron pada atom netralnya yaitu 16. Dan nomor massanya= nomor atom+jumlah neutron.

Pada soal tidak diketahui jumlah neutron, namun terdapat jumlah proton. Kemungkinan yang dimaksud oleh soal adalah jumlah neutron, bukan jumlah proton. Sehingga, nomor massanya adalah= 16+16= 32.

Notasi atom S adalah S presubscript 16 presuperscript 32.

Jadi, nomor atom unsur S adalah 16, nomor massanya adalah 32, dan notasi unsurnya adalah S presubscript 16 presuperscript 32.

Latihan Bab

Partikel Penyusun Atom

Notasi Atom dan Ion

Isobar, Isoton, dan Isoelektron

Isotop

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Atom memiliki kemampuan membentuk ion positif (melepas elektron) dan ion negatif (menarik elektron). Tentukan jumlah proton, elektron serta neutron pada ion berikut. As 3 − (Z = 33, A = 75)

357

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia