Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ion manakah yang dapat mereduksi larutan KMnO 4 ​ ...

Ion manakah yang dapat mereduksi larutan  ...space 

  1. S O subscript 4 to the power of 2 minus sign end exponentspace 

  2. Cr O subscript 4 to the power of minus signspace 

  3. S O subscript 3 to the power of 2 minus sign end exponentspace 

  4. N O subscript 3 to the power of minus signspace 

  5. C O subscript 3 to the power of 2 minus sign end exponentspace 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

jawaban yang benar adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Untuk menentukan ion yang dapat mereduksi kita harus mencari ion yang atomnya bertindak sebagai reduktor yang artinya atom dalam ion tersebut akan mengalami reaksi oksidasi atau kenaikan bilangan oksidasi, memiliki bilangan oksidasi terkecil dan tidak sedang berada pada bilangan oksidasi maksimumnya. Pada pilihan jawaban yang ion yang memungkinkan adalah ion . Jumlah bilangan oksidasi ion adalah sama dengan muatannya. Bilangan oksidasi maksimum umumnya sama dengannomor golongan, unsurS memiliki bilangan oksidasi maksimum pada +6 karena unsurS terdapat pada golongan VIA, sehingga unsur S masih bisa mengalami kenaikan bilangan oksidasi dari +4 ke +6. Jadi ion yang dapat mereduksi larutan adalah ion . Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

Untuk menentukan ion yang dapat mereduksi K Mn O subscript 4 kita harus mencari ion yang atomnya bertindak sebagai reduktor yang artinya atom dalam ion tersebut akan mengalami reaksi oksidasi atau kenaikan bilangan oksidasi, memiliki bilangan oksidasi terkecil dan tidak sedang berada pada bilangan oksidasi maksimumnya. Pada pilihan jawaban yang ion yang memungkinkan adalah ion S O subscript 3 to the power of 2 minus sign end exponent. Jumlah bilangan oksidasi ion adalah sama dengan muatannya.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell muatan space S O subscript 3 to the power of 2 minus sign end exponent end cell equals cell left parenthesis 1 cross times b point o point space S right parenthesis plus left parenthesis 3 cross times b point o point space O right parenthesis end cell row cell negative sign 2 end cell equals cell left parenthesis left parenthesis 1 cross times b point o point space S right parenthesis plus left parenthesis 3 cross times left parenthesis minus sign 2 right parenthesis right curly bracket end cell row cell negative sign 2 end cell equals cell b point o point S minus sign 6 end cell row cell b point o point space S end cell equals cell 6 minus sign 4 end cell row cell b point o point space S end cell equals cell plus 4 end cell end table 

Bilangan oksidasi maksimum umumnya sama dengan nomor golongan, unsur S memiliki bilangan oksidasi maksimum pada +6 karena unsur S terdapat pada golongan VIA, sehingga unsur S masih bisa mengalami kenaikan bilangan oksidasi dari +4 ke +6.

Jadi ion yang dapat mereduksi larutan K Mn O subscript bold 4 adalah ion S O subscript bold 3 to the power of bold 2 bold minus sign end exponent.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Belerang yang tidak dapat direduksi lagi terdapat dalam senyawa . . . .

116

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia