Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermatilah kutipan buku berikut ini!

    Apabila ada seorang individu yang memaksakan kebenaran kepada individu lain, seharusnya sistem sosial yang ada mengkritiknya. Kalau ada seorang individu yang memamerkan bahwa dia mampu melakukan apa saja dengan uangnya, seharusnya sistem sosial yang ada menyadarkannya bahwa itu belum dapat diterima. Kalau ada seorang individu yang bersedia membeli sebatang pohon tanaman hias seharga 1,2 miliar, seharusnya sistem sosial tidak mendukungnya. Dengan begitu, sistem sosial yang ada akan semakin kuat. Rasa kebersamaan akan benar-benar dapat dirasakan oleh semua anggota masyarakat.space 

Inti teks tersebut adalah...

Inti teks tersebut adalah...space 

  1. Perilaku seorang individu seharusnya memperhatikan sistem sosial masyarakatnya.space 

  2. Sistem sosial harus menjadi satu-satunya tolak ukur dalam kehidupan bermasyarakat.space 

  3. Sistem sosial berperan sebagai pengontrol dan pengendali perilaku individu.space 

  4. Kepentingan individu merupakan bagian dari sistem sosial.space 

  5. Sistem sosial merupakan pembentuk rasa kebersamaan anggota masyarakat.space 

Iklan

F. Siregar

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah E.

jawaban yang paling tepat adalah E.blank 

Iklan

Pembahasan

Buku nonfiksi adalah buku yang berisi kejadian sebenarnya . Penyusunan buku nonfiksi membutuhkan pengamatan dan data sehingga isinya dapat dipertanggungjawabkan .Dalam buku tersebut, kita dapat menemukan intidalam setiap paragrafnya. Cara untuk menemukan inti teks sama seperti gagasan pokok atau ide pokok, yaitu dengan membaca teks secara cermat, terdapat pada kalimat utama, dan kalimat utama biasanya terletak di awal (deduktif), akhir (induktif), ataupun awal dan akhir (campuran) paragraf.Ciri kalimat utama, yaitudapat berdiri sendiri, memiliki maksud yang jelas, dan didukung oleh kalimat lain dalam paragraf. Berdasarkan kutipan buku di atas, kalimat utama terletak di akhir paragraf, yakni 'Rasa kebersamaan akan benar-benar dapat dirasakan oleh semua anggota masyarakat' . Kita dapat membuat sebuah inti dari kalimat tersebut, yaitu sistem sosial merupakan pembentuk rasa kebersamaan anggota masyarakat . Jadi, jawaban yang paling tepat adalah E .

Buku nonfiksi adalah buku yang berisi kejadian sebenarnya. Penyusunan buku nonfiksi membutuhkan pengamatan dan data sehingga isinya dapat dipertanggungjawabkan. Dalam buku tersebut, kita dapat menemukan inti dalam setiap paragrafnya.

Cara untuk menemukan inti teks sama seperti gagasan pokok atau ide pokok, yaitu dengan membaca teks secara cermat, terdapat pada kalimat utama, dan kalimat utama biasanya terletak di awal (deduktif), akhir (induktif), ataupun awal dan akhir (campuran) paragraf. Ciri kalimat utama, yaitu dapat berdiri sendiri, memiliki maksud yang jelas, dan didukung oleh kalimat lain dalam paragraf.

Berdasarkan kutipan buku di atas, kalimat utama terletak di akhir paragraf, yakni 'Rasa kebersamaan akan benar-benar dapat dirasakan oleh semua anggota masyarakat'. Kita dapat membuat sebuah inti dari kalimat tersebut, yaitu sistem sosial merupakan pembentuk rasa kebersamaan anggota masyarakat

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah E.blank 

Latihan Bab

Mengenal Buku Pengayaan Nonfiksi

Menganalisis Buku Pengayaan Nonfiksi

Memberikan Tanggapan terhadap Buku Nonfiksi

Konsep Kilat

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ringkasan teks tersebut adalah .....

701

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia