Roboguru

Interaksi antara seorang guru dengan siswanya tergolong tingkat hubungan ....

Pertanyaan

Interaksi antara seorang guru dengan siswanya tergolong tingkat hubungan ....space space 

  1. dalamspace space 

  2. sedangspace space 

  3. dangkalspace space 

  4. ringanspace space 

  5. beratspace space space space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Materi yang dibahas pada soal ini adalah interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis, bersifat timbal balik antarindividu, antarkelompok, dan antara individu dengan kelompok.

Interaksi sosial yang terjadi di masyarakat memiliki tingkat hubungan berbeda-beda. Tingkat hubungan itu ditunjukkan dengan intensitas hubungan yang berlangsung di antara pihak-pihak yang berinteraksi.

  1. Tingkat hubungan dangkal hanya berlangsung sesaat, tidak berkesinambungan, dan tidak menimbulkan jalinan.
  2. Tingkat hubungan dalam berlangsung terus-menerus tanpa batas, berkesinambungan, dan ada jalinan.

Jika menelaah dari ilustrasi soal, tingkat hubungan interaksi sosial yang terjadi antara guru dan siswa termasuk kepada tingkat hubungan dalam.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Interaksionisme simbolik merupakan aliran yang fokus kepada tindakan-tindakan individu. Teori tersebut diklasifikasikan oleh ....

Pembahasan Soal:

Herbert Blumer mengutarakan tentang tiga prinsip utama interaksionisme simbolik, yaitu tentang pemaknaan (meaning), bahasa (language), dan pikiran (thought). Asumsi teori interaksionisme simbolik Blumer adalah sebagai berikut.

  1. Manusia bertindak terhadap sesuatu dasar asumsi internilai simbolik yang dimiliki sesuatu itu (kata, benda, atau isyarat) dan bermakna bagi mereka.
  2. Makna-makna itu merupakan hasil dari interaksi sosial dalam masyarakat manusia.
  3. Makna-makna yang muncul dari simbol-simbol yang dimodifikasi dan ditangani melalui proses penafsiran yang digunakan oleh setiap individu dalam keterlibatannya dengan benda-benda dan tanda-tanda yang dipergunakan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Roboguru

Mengapa manusia dalam hidupnya perlu berinteraksi dengan manusia lain? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Di dunia ini tidak ada satupun manusia yang sama dan tidak ada satu pun manusia yang mampu hidup sendiri. Sehingga dipastikan setiap manusia selalu melekat di dalam dirinya status yang tidak dapat dipisahkan, yaitu  makhluk individu dan  makhluk sosial. 

Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia sebagai warga masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat hidup sendiri atau mencukupi kebutuhan sendiri. Meskipun dia mempunyai kedudukan dan kekayaan, dia selalu membutuhkan manusia lain. Setiap manusia cenderung untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan bersosialisasi dengan manusia lainnya. Manusia merupakan makhluk hidup yang selalu berinteraksi dengan sesama. 

Roboguru

Tradisi Grebeg Maulid yang rutin diadakan oleh Keraton Yogyakarta sebagai peringatan atas kelahiran dari Nabi Muhammad sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu. Hal tersebut merupakan bagian dari sosi...

Pembahasan Soal:

Pokok bahasan sosiologi menurut beberapa tokoh, antara lain fakta sosial (Emile Durkheim), dan tindakan sosial (Max Weber).

Adapun penjelasan pokok bahasan sosiologi menurut beberapa tokoh, sebagai berikut.

  1. Menurut Durkheim, pokok bahasan sosiologi adalah fakta sosial. Fakta sosial adalah pola-pola atau sistem yang memengaruhi cara manusia bertindak, berpikir, dan merasa yang berasal di luar individu (kekuatan eksternal). Fakta sosial mempunyai kekuatan memaksa atau mengendalikan individu tersebut. Contohnya, di sekolah, seorang murid diwajibkan untuk datang tepat waktu dan mematuhi segala peraturan sekolah yang memiliki sanksi apabila melanggar.
  2. Menurut Weber melihat bahwa pokok kajian sosiologi adalah tindakan sosial. Tidak semua tindakan manusia dapat dianggap sebagai tindakan sosial. Suatu tindakan disebut tindakan sosial hanya jika tindakan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain. Sebagai contoh, menanam bunga untuk kesenangan pribadi bukan merupakan tindakan sosial. Namun, menanam bunga untuk diikutsertakan dalam sebuah lomba sehingga mendapat perhatian orang lain merupakan tindakan sosial. Weber ingin menekankan bahwa tindakan tertentu dapat memiliki makna subjektif bagi pelakunya.

Tradisi Grebeg Maulid yang rutin diadakan oleh Keraton Yogyakarta sebagai peringatan atas kelahiran dari Nabi Muhammad sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu merupakan contoh tindakan sosial yang merupakan pokok bahasan sosiologi menurut Max Weber.

 

Roboguru

Pada akhir-akhir ini sering kita dengar adanya perkelahian antarpelajar, penyalahgunaan narkoba, tindakan kriminal, dan sejenisnya. Untuk mengatasi hal itu, pemerintah harus bertindak secara tegas ter...

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah tindakan rasional instrumental yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi kasus perkelahian antarpelajar, penyalahgunaan narkoba, tindakan kriminal, dan sejenisnya. Tindakan rasional instrumental adalah tindakan sosial yang didasarkan atas pertimbangan dan pilihan yang sadar yang berhubungan dengan tujuan tindakan dan cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Berdasarkan pengertian tersebut, maka tindakan rasional instrumental yang tepat adalah tindakan tegas pemerintah terhadap pelaku pelanggaran karena tindakan tegas yang dilakukan pemerintah terhadap kasus perkelahian antarpelajar, penyalahgunaan narkoba, tindakan kriminal, dan sejenisnya dilakukan dengan berbagai pertimbangan dan secara sadar untuk menciptakan kondisi masyarakat yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.

  • Pilihan B kurang tepat karena bukan merupakan contoh tindakan sosial.
  • Pilihan C kurang tepat karena tidak sesuai dengan permyataan dalam soal dan orang yang melerai perkelahian antarpelajar merupakan tindakan sosial berorientasi nilai.
  • Pilihan D dan E kurang tepat karena kurang detail menggambarkan terjadinya sebuah tindakan sosial rasional instrumental dan bukan dari bagian pernyataan dalam soal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Roboguru

Salah satu perusahaan swasta di Kabupaten Kulonprogo bekerja sama dengan pihak pemerintah daerah setempat melakukan kegiatan pengobatan gratis kepada warga kurang mampu. Kegiatan tersebut menunjuk­kan...

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah tindakan sosial yang ada di lingkungan sosial masyarakat 

Dalam kehidupan sosial masyarakat pasti akan memiliki hubungan-hubungan sosial baik antar individu atau bahkan antar masyarakat. Hal itu tidak akan dapat di pisahkan dengan interaksi dan tindakan sosial. yang mana pada interaksi hubungan timbal balik yang mempengaruhi tindakan masyarakat sementara tindakan sosial adalah  tindakan yang memengaruhi atau dipengaruhi oleh orang lain. Seingga tindakan sosial yang dilakukan oleh masyarakat juga dihasilkan dari interaksi yang ada. Tetapi tindakan-tindakan yang dilakukan masyarakat tidak semua dapat dikatakan tindakan sosial. bisa jadi tindakan yang dilakukan oleh masyarakat adalah berasal dari dirinya sendiri seperti, marah, emosi, menangis dll. Berdasarkan hal tersebut tindakan sosial memiliki bebrapa jenis adalah sebagai berikut : 

- Tindakan rasional instrumental. Tindakan yang didasari pada akal/rasio, sehingga mempertimbangkan antara tujuan dan cara yang dilakukan.
-Tindakan berorientasi nilai. Tindakan sosial ini berkaitan dengan nilai-nilai dasar yang terkandung di masyarakat. Seperti etika, estetika, agama, dan nilai-nilai lain. 
-  Tindakan afektif. Tindakan sosial ini terjadi karena dorongan dari perasaan/emosi.
- Tindakan tradisional. Tindakan yang didasarkan atas kebiasaan yang telah mendarah daging.

Sehingga jika dikaitkan dengan soal yang ada maka tindakan yang dilakukan oleh perusahaan swasta untuk memberikan bantuan pengobatan gratis  termasuk dari jenis dari tindakan afektif karena dilakukan berdasarkan sikap empati dari sekelompok maysrakat untuk dapat membantu sesama dengan cara memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat yang tidak mampu.   Dan tindakan itu biasanya disebut filantropi, yang merupakan menggambarkan kegiatan yang menunjukkan charity (kemurahan hati atau kedermawanan suatu kelompok sosial). space space space space space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved