Roboguru

Informasi yang tidak terdapat pada kutipan editorial tersebut adalah ...

Pertanyaan

Informasi yang tidak terdapat pada kutipan editorial tersebut adalah ...space 

  1. Diplomasi Indonesia meliputi Myanmar dan Bangladesh.space 

  2. Aung San Suu Kyi merasa prihatin atas tragedi Rohingya.space 

  3. Retno Marsudi menawarkan solusi konflik dengan formula 4+1.space 

  4. Indonesia menjadi jembatan negara-negara ASEAN untuk menyelesaikan konflik.space 

  5. Indonesia mendorong proses demokrasi yang baik di Rakhine.space 

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah jenis teks yang berisi pendapat penulis terhadap sebuah isu aktual yang terjadi, teks editorial dapat ditemukan di surat kabar.

Untuk dapat mengetahui informasi yang tidak terdapat pada kutipan editorial di atas, perlu dilakukan analisis isi dari kutipan teks tersebut, sebagai berikut:

  1. Diplomasi Indonesia meliputi Myanmar dan Bangladesh. Informasi tersebut sesuai karena terdapat pada kalimat nomor 3, yaitu Posisi pemerintah Indonesia dalam melakukan diplomasi dari hulu Myanmar hingga ke hilir di Bangladesh, harus mendapat dukungan masyarakat, mengingat segala bentuk bantuan hanya dapat disalurkan melalui kerja sama yang baik antarnegara.
  2. Aung San Suu Kyi merasa prihatin atas tragedi Rohingya. Informasi tersebut tidak sesuai karena bertentangan dengan kalimat nomor 9 yang menyatakan bahwa Aung San Suu Kyi masih bersikap diam dan belum memperhatikan tragedi yang menimpa salah satu etnis di wilayahnya, Rohingya. Hal tersebut dibuktikan oleh kalimat Semoga saja berbagai bentuk aksi keprihatinan ini dapat mengubah Aung San Suu Kyi, yang pernah menerima Nobel agar segera mengakhiri sikap diamnya terhadap pembantaian etnis di wilayahnya.
  3. Retno Marsudi menawarkan solusi konflik dengan formula 4+1. Informasi tersebut sesuai karena terdapat pada kalimat nomor 4, yaitu Patut diapresiasi pula langkah menteri luar negeri Retno Marsudi yang berhasil menawarkan solusi konflik yang disebut formula 4+1 kepada konselor Myanmar Aung San Suu Kyi dan Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar Jenderal U Ming Aung Hlaing pada Selasa (5/9) lalu.
  4. Indonesia menjadi jembatan negara-negara ASEAN untuk menyelesaikan konflik. Informasi tersebut sesuai karena terdapat pada kalimat nomor 5, yaitu Pertemuan Menlu Retno dengan kedua pejabat Myanmar tersebut sekaligus menjadikan Indonesia sebagai jembatan negara-negara ASEAN untuk menyelesaikan konflik.
  5. Indonesia mendorong proses demokrasi yang baik di Rakhine. Informasi tersebut sesuai karena terdapat pada kalimat nomor 8, yaitu Aksi demonstrasi massa dan aksi penggalangan dana masyarakat menjadi pelengkap kekuatan diplomasi Indonesia untuk mendorong proses demokrasi yang baik di Myanmar, terutama di Rakhine.

Informasi yang tidak terdapat pada kutipan editorial tersebut adalah Aung San Suu Kyi merasa prihatin atas tragedi Rohingya.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa judul yang tepat untuk teks tersebut?

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah berisi analisis subjektif berdasarkan fakta dan data. Teks editorial dapat sering kita jumpai dalam surat kabar, media online, atau majalah. Teks editorial yang terdapat dalam media biasa juga disebut tajuk rencana.

Judul yang tepat untuk teks editorial pada soal di atas adalah "Kewajiban, hak, dan tangung jawab pelajar". Judul tersebut disesuaikan dengan isi teks yang membahas mengenai kewajiban, hak, dan tanggung jawab seorang pelajar. Berikut teks yang berkaitan:

Demikian juga pelajar memiliki kewajiban, hak, dan tanggung jawab. Kewajiban utama pelajar adalah belajar. Hak yang diperoleh dari belajar adalah memiliki pengetahuan dan keterampilan. Tanggung jawab merupakan sikap yang diterapkan dalam melaksanakan kewajiban.

Dengan demikian, judul yang tepat untuk teks editorial pada soal di atas adalah "Kewajiban, hak, dan tangung jawab pelajar".space 

Roboguru

Pada bagian manakah yang mengandung isu yang dibahas dalam teks editorial tersebut?

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu atau masalah aktual. 

Teks editorial memiliki struktur:

  • Pengenalan isu
  • Penyampaian argumen, dan
  • Penegasan ulang

Bagian pengenalan isu berisi pengenalan masalah atau gagasan yang akan dibahas pada teks editorial.

Pada teks tersebut terdapat kalimat:

  • “Dampak yang diakibatkan fenomena alam itu mestinya sudah bisa diantisipasi sebelumnya.”
  • “Bisa diantisipasi karena Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah memprediksikan dengan tepat keberadaan siklon tropis Seroja dan juga dampak yang ditimbulkannya.”
  • “Paling penting ialah mengantisipasi potensi bencana yang dapat terjadi akibat cuaca sangat ekstrem yang melanda berbagai kawasan di Indonesia.”

Berdasarkan ketiga kalimat tersebut, kita dapat mengetahui isu yang akan dibahas dalam teks editorial tersebut, yaitu pentingnya mengantisipasi potensi bencana di Indonesia. Ketiga kalimat tersebut terdapat pada paragraf pertama.

Dengan demikian, bagian yang mengandung isu yang dibahas dalam teks editorial tersebut adalah paragraf pertama.space 

Roboguru

Kepada siapakah kritik dan saran dalam teks editorial tersebut ditujukan?

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu atau masalah aktual. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kritik adalah kecaman atau tanggapan, atau kupasan kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya. Saran adalah pendapat (usul, anjuran, cita-cita) yang dikemukakan untuk dipertimbangkan.

Pada teks tersebut terdapat kalimat:

  • “Peduli data cuaca mesti menjadi budaya baru masyarakat.”
  • “Saatnya bangsa ini lebih menghargai ramalan cuaca.”
  • “Tak hanya itu, kemampuan tanggap bencana juga semestinya ditanamkan pada setiap anak bangsa lewat bangku sekolah. Dengan itulah maka setiap orang dipersiapkan untuk mandiri tanggap, bukan semata menunggu bantuan.”
  • “Tak hanya itu, kemampuan tanggap bencana juga semestinya ditanamkan pada setiap anak bangsa lewat bangku sekolah.”
  • “Dengan itulah maka setiap orang dipersiapkan untuk mandiri tanggap, bukan semata menunggu bantuan.”

Berdasarkan kalimat-kalimat di atas, kita dapat menyimpulkan kritik dan saran dalam teks editorial tersebut ditujukan kepada bangsa Indonesia.

Dengan demikian, menyimpulkan kritik dan saran dalam teks editorial tersebut ditujukan kepada bangsa Indonesia.space 

Roboguru

Setelah Anda mengetahui struktur teks editorial berjudul "Hilangnya Budaya Malu Buang Sampah Sembarangan", tugas Anda adalah menguraikan pandangan penulis secara terperinci untuk meyakinkan pembaca ag...

Pembahasan Soal:

Terdapat beberapa informasi penting dalam teks editorial sebagai berikut.

  1. Isu merupakan masalah yang dijadikan topik pembahasan, Isu tersebut bersifat aktual, faktual, dan berkaitan dengan kepentingan masyarakat
  2. Fakta adalah sesuatu yang benar-benar terjadi.
  3. Opini atau pendapat berisi kalimat yang mengandung penilaian, pendapat, saran, atau kritik.
  4. Alternatif solusi merupakan pandangan penulis berkaitan dengan alternatif lain yang dijadikan pemecahan masalah atas masalah yang sedang dibahas.
  5. Posisi penulis adalah kedudukan penulis terhadap masalah yang sedang dibahas. Apakah penulis mendukung isu atau menentang isu yang sedang dibahas.

Berdasarkan teks tersebut penulis menyampaikan fakta pokok permasalahan penanganan sampah yang terletak pada masyarakat, seperti pada kalimat Dari berbagai kajian, pokok masalah terletak pada kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah di tempatnya. Namun, penulis mengungkapkan, Bukan hal aneh, masyarakat kita membuang sampah secara sembarangan. Masyarakat kita seolah tak punya rasa risih dengan membuang sampah secara sembarangan.

Dengan demikian, pandangan penulis yang terdapat pada argumen di paragraf ketiga terdapat pada kalimat kedua dan ketiga. Sementara, kalimat pertama merupakan fakta.space space space 

Roboguru

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf ketiga teks tajuk rencana tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Paragraf ketiga dalam teks tersebut adalah

"Dalam dua hari ini beberapa kawasan di Provinsi Jawa Barat, DKI, dan banten masih terdampak banjir dan longsor. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memetakan ada 169 titik banjir yang terjadi di Jawa Barat, DKI dan Banten. Tercatat ada 97 titik banjir di Jawa Barat, 63 titik di DKI, dan 9 titik di Banten. Antisipasi dampak bencana susulan harus dipersiapkan dengan cermat. Apalagi curah hujan pada awal tahun 2020 sangat ekstrem. Penanganan bencana tidak hanya menjadi tanggung jawab mutlak pemerintah, tetapi juga diperlukan partisipasi serta kesadaran dari masyarakat."

Kalimat terakhir dalam paragraf tersebut menyebutkan bahwa penanganan bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan masyarakat. Jadi, pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf ketiga teks tajuk rencana tersebut adalah penanganan bencana tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga masyarakat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved