Roboguru
SD

Informasi penting yang terdapat pada kutipan karya ilmiah tersebut adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan kutipan karya ilmiah berikut!


    Indonesia termasuk negara agraris yang kaya dengan hasil pertaniannya. Kesuburan pertanahah di Indonesia memungkinkan tanah di Indonesia sebagai tempat tumbuh beraneka jenis tanaman. Keadaan tersebut menimbulkan keinginan orang zaman dahulu untuk mempertahankan kebutuhan Pangannya dengan cara bercocok tanam. Salah satu tanaman yang masih dipertahankan adalah padi. Oleh karena itu, padi merupakan tanaman utama di Indonesia. Padi merupakan salah satu tanaman yang dapat diolah menjadi beras. 
    Kebutuhan beras yang terus meningkat memicu sebagian orang yang bekerja pada sektor pertanian untuk meningkatkan produktivitas beras. Seiring bertambahnya populasi manusia di bumi ini, ketahanan tanaman pangan juga harus ditingkatkan guna terpenuhinya kebutuhan setiap orang. Namun, pada kenyataannya, keinginan orang untuk menggeluti bidang pertanian semakin berkurang. Kemajuan teknologi mendorong setiap orang untuk berpikir modern dan berusaha untuk menuju hidup dalam keadaan yang lebih baik. Setiap orang kini sibuk dengan urusannya masing-masing yang melibatkan kemajuan pengetahuan sebagai pegangan dalam kemajuannya. Oleh sebab itu, perlahan orang-orang kurang menggeluti bidang pertanian. 
    Pada saat ini produksi beras Indonesia semakin menurun. Penurunan tersebut dapat dilihat dari impor lndonesia. Kurangnya sumber daya manusia (SDM) untuk bercocok tanam padi merupakan salah satu penyebabnya. Kurangnya pemahaman kepada masyarakat untuk terus dapat mempertahankan tanaman padi serta kurangnya perhatian pemerintah terhadap sektor pertanian, khususnya tanaman padi, membuat sebagian orang mulai beralih ke tanaman yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi dan mudah menghasilkan. 
    Keadaan tersebut menyebabkan adanya peran serta para pelajar untuk dapat berpartisipasi dalam mempertahankan tanaman padi. Para pelajar hanya mengetahui cara mengonsumsi olahan padi tanpa mengetahui asal-usulnya. Oleh karena itu, dalam karya ilmiah ini penulis akan memaparkan peran-peran yang dapat dilakukan setiap orang agar dapat membudidayakan tanaman padi.

Disadur dari: https://nikonababan. wordpress.com/2012/04/22/ pembudidayaan/ diunduh 7 Juni 2017 

Informasi penting yang terdapat pada kutipan karya ilmiah tersebut adalah .... undefined 

  1. Kebutuhan hidup manusia semakin hari semakin bertambah karena pengaruh arus globalisasi. undefined 

  2. Kemajuan teknologi mendorong masyarakat berpikir praktis sehingga keinginan untuk menggeluti sektor pertanian semakin berkurang. undefined

  3. Masyarakat berperan aktif dalam mengembangkan produktivitas sektor pertanian di Indonesia. undefined 

  4. Pemerintah memberikan perhatian yang luar biasa terhadap perkembangan sektor pertanian khususnya tanaman padi. undefined 

  5. Masyarakat modern mempertahankan Kebutuhan pangannya dengan cara bercocok tanam secara tradisional. 

A. Acfreelancerrr

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

    Informasi penting dalam latar belakang karya ilmiah adalah hal yang menjadi masalah utama dan alasan yang mendasari dari penelitian karya ilmiah. Pernyataan tersebut harus sesuai dengan isi paragraf latar belakang. Pernyataan tersebut bisa secara tersurat (tertulis di teks) maupun tersirat (tidak tertulis; sesuai secara makna). Dalam soal di atas, pernyataan yang sesuai  dan menjadi informasi penting dari latar belakang tersebut ialah kalimat pada pilihan B karena sesuai dengan yang penjelasan tertera pada paragraf kedua.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.
 

5rb+

5.0 (1 rating)

Dede Bayu

Pembahasan lengkap banget Makasih ❤️

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang tidak sesuai dengan kutipan karya ilmiah tersebut adalah ....

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia