Roboguru

Indeks harga pengguna Malaysia naik 4.4% Indeks harga pengguna (IHP) yang merupakan alat untuk mengukur kadar inflasi di peringkat tempatan telah meningkat sebanyak 4.4% pada bulan April 2017 berbanding dengan tahun sebelumnya, Berdasarkan keterangan daripada Jabatan Perangkaan Malaysia, keadaan ini disebabkan oleh kenaikan dalam kos pengangkutan dalam makanan. Menurut tinjauan Reuters, kadar inflasi berlegar-legar di bawah 4.5 peratus dalam ramalan kadar tahunan turun daripada 5.1 peratus pada Mac yang menjadi kadar tertinggi dalam tempoh lapan tahun. Kos pengangkutan pada bulan April meningkat 16.7 peratus disebabkan kenaik api manakala harga makanan dan minuman bukan alkohol meningkat 4.1 peratus. harga bahan (Dipetik dan disesaikan daripada: www.mulaysiakini.com.my) Jelaskan kesan inflasi terhadap aspek pendapatan !

Pertanyaan

Indeks harga pengguna Malaysia naik 4.4%

Indeks harga pengguna (IHP) yang merupakan alat untuk mengukur kadar inflasi di peringkat tempatan telah meningkat sebanyak 4.4% pada bulan April 2017 berbanding dengan tahun sebelumnya, Berdasarkan keterangan daripada Jabatan Perangkaan Malaysia, keadaan ini disebabkan oleh kenaikan dalam kos pengangkutan dalam makanan. Menurut tinjauan Reuters, kadar inflasi berlegar-legar di bawah 4.5 peratus dalam ramalan kadar tahunan turun daripada 5.1 peratus pada Mac yang menjadi kadar tertinggi dalam tempoh lapan tahun. Kos pengangkutan pada bulan April meningkat 16.7 peratus disebabkan kenaik api manakala harga makanan dan minuman bukan alkohol meningkat 4.1 peratus. harga bahan (Dipetik dan disesaikan daripada: www.mulaysiakini.com.my)

Jelaskan kesan inflasi terhadap aspek pendapatan ! 

  1. ..... 

  2. ..... 

Pembahasan:

Kesan inflasi terhadap pendapatan :

Inflasi dapat mengubah pendapatan masyarakat. Perubahan dapat bersifat menguntungkan atau merugikan. Pada beberapa kondisi, seperti inflasi lunak, inflasi dapat mendorong perkembangan ekonomi. Inflasi dapat mendorong para pengusaha memperluas produksinya. Dengan demikian, akan tumbuh kesempatan kerja baru sekaligus bertambahnya pendapatan seseorang.Namun, bagi masyarakat yang berpenghasilan tetap, inflasi akan menyebabkan mereka rugi karena penghasilan yang tetap itu membuat mereka mendapatkan barang dan jasa lebih sedikit dari biasanya. Jika melihat perspektif masyarakat Indonesia, inflasi seringkali merugikan bagi masyarakat tingkat bawah. Oleh karena itulah, seringkali muncul reaksi hingga kecaman terhadap pemerintah yang membuat kebijakan kurang tepat, sehingga inflasi terus naik.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Y. Kusumawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pamulang

Terakhir diupdate 07 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Darimana sumber pendapatan dan belanja negara?

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved