Roboguru

Iklim dapat memengaruhi kesehatan penduduk di suatu wilayah. Bagaimana hubungan iklim dengan epidemi dan wabah penyakit? Berikan contohnya!

Pertanyaan

Iklim dapat memengaruhi kesehatan penduduk di suatu wilayah. Bagaimana hubungan iklim dengan epidemi dan wabah penyakit? Berikan contohnya!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Perubahan iklim adalah faktor risiko bagi kesehatan manusia. Menurut Slamet, 2000 Perubahan iklim mempengaruhi tingkah laku manusia, yang pada gilirannya berakibat pada pola penyebaran penyakit. Hal ini karena perubahan iklim berkontribusi pada perubahan suhu, curah hujan, dan kelembaban udara. Perubahan iklim memungkinkan untuk memperpanjang musim penularan dari penyakit-penyakit yang ditularkan melalui vektor dan mengubah jangkauan geografisnya. Sebagai contoh, Di Indonesia, perubahan iklim menyebabkan meningkatnya kasus demam berdarah yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Meningkatnya curah hujan, menyebabkan banyaknya genangan air sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk. Serta kelembapan udara juga mempengaruhi jarak terbang dan umur nyamuk.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved