Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut ini! Salah satu reaktor di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Chernobyl meledak pada pada 26 April 1986. Ledakannya diperkirakan 100 kali lebih parah dibandingkan ledakan bom atom di Nagasaki dan Hiroshima. Akibat dari ledakan itu adalah terjadinya kebakaran di sana selama sembilan hari, partikel radioaktif lepas ke atmosfer, hujan beracun yang merusak, dan terjadinya mutasi hewan di sana. Ratusan ribu penduduk harus dievakuasi dari wilayah ini dan tidak boleh kembali ke rumahnya. Sampai saat ini, Chernobyl bagaikan kota mati. Kasus pada teks tersebut merupakan contoh bencana ….

Perhatikan teks berikut ini!
Salah satu reaktor di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Chernobyl meledak pada pada 26 April 1986. Ledakannya diperkirakan 100 kali lebih parah dibandingkan ledakan bom atom di Nagasaki dan Hiroshima. Akibat dari ledakan itu adalah terjadinya kebakaran di sana selama sembilan hari, partikel radioaktif lepas ke atmosfer, hujan beracun yang merusak, dan terjadinya mutasi hewan di sana. Ratusan ribu penduduk harus dievakuasi dari wilayah ini dan tidak boleh kembali ke rumahnya. Sampai saat ini, Chernobyl bagaikan kota mati.

Kasus pada teks tersebut merupakan contoh bencana ….

  1. alam

  2. ekstraterestrial

  3. klimatologi

  4. nonalam

  5. sosial

Iklan

S. Fauziyah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Teks pada soal menceritakan tentang bencana yang diakibatkan oleh ledakan reaktor nuklir di Chernobyl. Hal ini merupakan contoh dari bencana nonalam . Bencana nonalam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa nonalam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Teks pada soal menceritakan tentang bencana yang diakibatkan oleh ledakan reaktor nuklir di Chernobyl. Hal ini merupakan contoh dari bencana nonalam. Bencana nonalam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa nonalam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Latihan Bab

Pengantar Bencana

Jenis-Jenis Bencana

Siklus Manajemen Bencana

Manajemen Bencana di Indonesia

41

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan jenis-jenis bencana berikut ini! Bencana alam Bencana sosial Bencana geologis Bencana klimatologis Jenis-jenis bencana berdasarkan UU No. 24 Tahun 2007 yang tepat ditunj...

108

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia