Roboguru

Identify the grammatical errors in the sentences below. Then, write the correct ones. Good afternoon. Welcome to Nirvana Shop. What I can do for you?

Pertanyaan

Identify the grammatical errors in the sentences below. Then, write the correct ones.


Good afternoon. Welcome to Nirvana Shop. What I can do for you?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Soal ini meminta untuk mengidentifikasi kalimat soal apakah sudah sesuai dengan grammar.

Berikut terjemahan per kata:

  • Good afternoon: selamat sore
  • Welcome to Nirvana Shop: selamat datang di toko Nirvana

Kedua ungkapan tersebut merupakan ekspresi sapaan atau greetings.

  • What I can do for you?  (Apa yang saya bisa lakukan untuk anda?)

Dalam kalimat tanya tersebut, kata What adalah kata tanya atau question word di mana maksud kalimat tersebut adalah untuk menawarkan sesuatu.

Untuk membentuk sebuah kalimat tanya atau interogative sentence dalam bahasa Inggris, struktur yang digunakan adalah WH-Question + modal + S + V1 + O/C?

Kalimat tanya "What I can do for you?" tidak sesuai dengan pola tersebut. Kalimat yang tepat seharunya "What can I do for you?"

Jadi, jawaban yang tepat adalah "What I can do for you?"

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Yaniar

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Complete the transactional conversations based on the suggestions and offers given below. The first one is done for you. At the Hotel This conversation is between a concierge at a hotel and a custo...

Pembahasan Soal:

Soal memerintahkan untuk melengkapi percakapan tersebut berdasarkan saran dan penawaran yang tersedia. Ini adalah percakapan antara petugas loket maskapai dan pelanggan.

Untuk menjawab kalimat rumpang, perlu membaca kalimat sebelumnya.

Kalimat sebelum kalimat rumpang pertama oleh pelanggan, "I would like a room for the night" yang berarti "saya ingin satu kamar untuk malam ini."

Jawaban yang mungkin dijawab oleh petugas yaitu, "of course, how many bed would you like?" yang berarti "tentu saja, berapa banyak tempat tidur yang anda inginkan?"

Jadi, jawaban untuk kalimat rumpang pertama adalah "of course, how many bed would you like?"

Kalimat rumpang berikutnya bisa diisi dengan kalimat yang mungkin dijawab oleh pelanggan berdasarkan kalimat sebelumnya yang menanyakan berapa banyak tempat tidur yang ingin dipesan.

Maka yang mungkin dijawab oleh pelanggan adalah "One bed please, because I'm alone" yang berarti "tolong satu tempat tidur, karena aku sendirian."

Jadi, jawaban untuk kalimat rumpang kedua adalah "One bed please, because I'm alone."

Kalimat rumpang berikutnya bisa diisi dengan kalimat yang mungkin dijawab oleh petugas berdasarkan jawaban sebelumnya yang menjelaskan bahwa pelanggan itu memesan satu buah tempat tidur.

Maka kalimat yang mungkin dijawab oleh petugas adalah "allright then, here is your room key Sir, have a nice stay!" yang berarti "baiklah kalau begitu, ini kunci kamar anda, Pak. selamat menginap!"

Jadi, jawaban untuk kalimat rumpang ketiga adalah "allright then, here is your room key Sir, have a nice stay!"

0

Roboguru

Identify the grammatical errors in the sentence below. Then, write the correct one. Would you caring for an appetizer, Ma'am? We have new menus.

Pembahasan Soal:

Soal ini memerintahkan untuk mengidentifikasi dan mengkoreksi kesalahan grammar (yaitu tata bahasa) di kalimat yang diberikan, yaitu “Would you caring for an appetizer, Ma'am? We have new menus”.

Kalimat pertanyaan tersebut merupakan cara formal dalam memberikan sebuah offer (penawaran), yang diindikasikan oleh penggunaan frasa "would you". 

Formula umum untuk menggunakan kata would dalam kalimat pertanyaan adalah:
"auxiliary verb "would" + S + V1".

Jadi, setelah “would you", seharusnya tidak diikuti dengan kata “caring". Yang tepat adalah diikuti dengan bentuk V1 nya, yaitu “care" saja.

Maka dari itu, bagian yang tidak tepat dalam kalimat ini adalah penulisan "caring".
Cara penulisan kalimat yang tepat adalah, "Would you care for an appetizer, Ma'am? We have new menus".

0

Roboguru

Identify the grammatical errors in the sentence below. Then, write the correct one. Your pencil is blunt. Do you would need a pencil sharpener?

Pembahasan Soal:

Soal ini memerintahkan untuk mengidentifikasi dan mengkoreksi kesalahan grammar (yaitu tata bahasa) di kalimat yang diberikan, yaitu “Your pencil is blunt. Do you would need a pencil sharpener?”.

Jika diterjemahkan dengan format seperti ini, kira-kira akan menjadi, "Pensilmu tumpul. Apakah kamu akan memperlukan rautan pensil?". Ini menunjukkan bahwa kalimat disini adalah sebuah offer (penawaran).

Di kalimat kedua, jika kalimat nya adalah sebuah suggestion atau pernyataan saran, maka “You would need a pencil sharpener” akan lebih tepat. Namun, karena kalimat ini adalah sebuah pertanyaan yang melibatkan sebuah offer, maka frasa “Do you need…” lebih tepat, dan pemakaian “would” disini kurang tepat secara grammar.

Jadi, bagian yang tidak tepat dalam kalimat ini secara grammar adalah pemakaian dan penulisan "would". Cara penulisan kalimat yang tepat adalah, "Your pencil is blunt. Do you need a pencil sharpener?”.

0

Roboguru

Dialog 1 Rista: Hi, Angga. Angga: Hi, Rista. Please come in. Rista: Thanks. You look busy. What are you doing? Angga: I am making a dress for the batik carnival. Rista: Would you like any help? Angga...

Pembahasan Soal:

Soal ini memerintahkan untuk mengidentifikasi situasi yang lebih formal diantara dialog 1 dan dialog 2. Untuk menjawab soal ini, bisa dilihat terlebih dahulu jenis-jenis kata dan kalimat yang digunakan di dalam masing-masing percakapan tersebut. 

Di dalam dialog 1, bisa dilihat bahwa Rista dan Angga menyapa satu sama lain dengan kata "Hi", dan diikuti dengan nama mereka masing-masing. Hal ini menunjukkan bahwa Rista dan Angga mengenal satu sama lain dan situasi terlihat lebih santai karena perkataan sambutan awal yang lebih formal pada umumnya adalah kata-kata seperti "Good morning" (Selamat pagi), atau "Good afternoon" (Selamat siang). Lalu, diakhir dialog, Angga mengucapkan "Thanks" (Terima kasih) kepada Rista dan Rista menjawabnya dengan "No big deal" (Bukan masalah besar). Hal ini juga menekankan lagi situasi yang informal karena jawaban yang lebih formal untuk ucapan terima kasih adalah "You're welcome" (Sama-sama). 

Sementara itu, pada dialog 2, bisa dilihat bahwa Customer service representative (Perwakilan layanan pelanggan) dan Mawar menyapa satu sama lain dengan frasa "Good afternoon" tanpa menyebut nama. Dibandingkan dengan dialog 1, penggunaan sapaan di dialog 2 ini menunjukkan situasi yang lebih formal. Lalu, diakhir dialog 2 ini, Mawar mengucapkan "Thank you very much" kepada Customer service representative, dimana ucapan itu dibalas dengan frasa "You're welcome". Cara penggunaan ekspresi berterima kasih disini juga menekankan lagi bahwa dialog 2 berada di situasi yang lebih formal.

Oleh karena itu, cara-cara pemakaian kata tersebut menunjukkan bahwa situasi di dalam dialog 2 lebih formal daripada dialog 1 (the situation in more formal in dialog 2 than in dialog 1).

0

Roboguru

Dialog 1 Rista: Hi, Angga. Angga: Hi, Rista. Please come in. Rista: Thanks. You look busy. What are you doing? Angga: I am making a dress for the batik carnival. Rista: Would you like any help? Angga...

Pembahasan Soal:

Soal memerintahkan untuk menentukan subjek yang memberikan offer (penawaran) diantara dua pembicara di masing-masing dialog 1 dan dialog 2. Untuk menjawab soal ini, bisa dicari terlebih dahulu key phrases (frasa-frasa kunci) yang mengindikasikan sebuah penawaran.

Pada dialog 1, Rista berkata "Would you like any help?" yang artinya "Apakah kamu membutuhkan bantuan?" kepada Angga. Disini, frasa "Would you like..." mengindikasikan sebuah offer
Oleh karena itu, Rista adalah orang yang memberi sebuah penawaran di dialog 1 (Rista is the person who makes an offer in dialog 1).

Pada dialog 2, Customer service representative (perwakilan layanan pelanggan) berkata "What can I do for you?" artinya "Apa yang bisa saya lakukan untuk anda?" dan ia juga berkata "Is there anything else that I can do for you?" kepada Mawar. Disini, frasa "Can I..." atau "I can..." mengindikasikan sebuah offer
Oleh karena itu, customer service representative adalah orang yang memberi sebuah penawaran di dialog 2 (The customer service representative is the person who makes an offer in dialog 2).

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved