Roboguru

Identifikasilah: B. dua unsur yang diperoleh dari laut;

Pertanyaan

Identifikasilah:

B. dua unsur yang diperoleh dari laut;

Pembahasan Soal:

Air laut mengandung mineral-mineral, di antaranya:

  • Natrium (Na+)
  • Klorida (Cl-)
  • Sulfat (SO42-)
  • Magnesium (Mg2+)
  • Kalsium (Ca2+)
  • Kalium (K+)
  • Bikarbonat (HCO3-)
  • Bromida (Br-)
  • Asam borat (H3BO3)
  • Stronsium (Sr2+)
  • Fluorida (F-)


Jadi, dua unsur yang diperoleh dari atmosfer adalah natrium (unsur golongan alkali) dan magnesium (unsur golongan alkali tanah).

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Hidayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 20 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Logam alkali dan alkali tanah hanya dapat diperoleh dengan cara elektrolisis leburan garamnya dan bukan dari larutannya. Hal tersebut terjadi karena ....

Pembahasan Soal:

Dengan membandingkan nilai potensial elektrode, dapat ditentukan spesi mana yang akan mengalami reduksi ataupun oksidasi pada suatu reaksi elektrolisis. Berdasarkan data potensial elektrode berikut:



Berdasarkan tabel di atas, dapat dilihat bahwa nilai potensial elektrode logam alkali dan alkali tanah lebih negatif dari pada air. Jika kita melakukan elektrolisis pada larutan garam dari logam alkali dan alkali tanah, maka yang akan tereduksi di katoda adalah air, karena air lebih mudah tereduksi dibanding ion-ion logam alkali dan alkali tanah.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Mengapa energi ionisasi pertama logam alkali tanah lebih besar daripada energi ionisasi pertama logam alkali?

Pembahasan Soal:

Energi ionisasi merupakan energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron terluar suatu atom netral dalam wujud gas.

Dalam satu periode, energi ionisasi dari kiri ke kanan semakin besar. Logam alkali tanah (IIA) dalam sistem periodik terletak di sebelah kanan logam alkali (IA). Jari-jari atom logam alkali tanah lebih kecil sehingga gaya tarik inti terhadap elektron lebih kuat. Hal inilah yang menyebabkan elektron logam alkali tanah lebih sulit untuk dilepas dibandingkan logam alkali sehingga energi ionisasinya lebih besar.

Jadi, energi ionisasi pertama logam alkali tanah lebih besar daripada energi ionisasi pertama logam alkali dikarenakan jari-jarinya lebih kecil akibatnya elektron lebih sulit untuk dilepas.space 

0

Roboguru

Berikut senyawa yang mengandung unsur golongan I A dan II A. 1)KClO3​2)K2​SO4​3)NaHCO3​4)CaC2​5)Mg(OH)2​6)BaSO4​  Senyawa yang digunakan sebagai bahan pembuatan korek api dan pengembang kue bertur...

Pembahasan Soal:

Setiap unsur atau senyawa kimia memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah data beberapa senyawa unsur golongan alkali (IA) dan alkali tanah (IIA) dengan manfaat yang biasanya digunakan di kehidupan:

    

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah B.

0

Roboguru

Mengapa elektron valensi logam golongan IIA lebih sulit dilepaskan daripada elektron valensi logam golongan lA yang seperiode? Apa pengaruhnya terhadap energi pengionan?

Pembahasan Soal:

Umumnya untuk golongan A, valensi sama dengan golongannya. Golongan IIA memiliki elektron valensi sesuai golongannya yaitu 2 (elektron valensi berada pada subkulit ns2) dan golongan IA memiliki elektron valensi 1 (elektron valensi pada subkulit ns1). Subkulit s mempunyai 1 orbital dan dalam 1 orbital terisi sepasang elektron, sehingga golongan IIA yang memiliki elektron valensi 2 sudah berpasangan sehingga lebih stabil dari golongan IA yang elektronnya valensinya menyendiri, pengaruh kestabilan ini menyebabkan golongan IIA lebih sulit dilepaskan dari pada elektron valensi golongan IA yang seperiode..

Energi pengionan adalah energi yang dibutuhkan untuk melepaskan 1 elektron pada kulit terluar dalam keadaaan gas, sehingga pengaruh kestabilan golongan IIA berpengaruh terhadap energi pengionan. Energi pengioanan akan lebih tinggi/besar jika elektron valensinya berada dalam kestabilan.

Dengan demikian, elektron valensi logam golongan IIA lebih sulit dilepaskan daripada elektron valensi logam golongan lA yang seperiode hal ini disebabkan oleh kestabilan elektron valensi golongan IIA , dan pengaruhnya terhadap energi pengionan juga akan makin besar/tinggi. 

0

Roboguru

Tunjukkan dengan tanda panah yang jelas kecenderungan sifat logam, keasaman, dan kebasaan oksida-oksida golongan lA, IIA, dan IIIA dalam tabel di bawah ini, apakah bertambah atau berkurang, dari atas ...

Pembahasan Soal:


 

  • Dalam satu golongan, dari atas ke bawah sifat logam dan kebasaan oksida-oksida golongan golongan lA, IIA, dan IIIA bertambah sedangkan keasaman berkurang.
  • Dalam satu periode, dari kiri ke kanan sifat logam dan kebasaan oksida-oksida golongan golongan lA, IIA, dan IIIA berkurang sedangkan keasaman akan meningkat.

Dengan demikian, dalam satu golongan dari atas ke bawah sifat logam dan kebasaan oksida-oksida bertambah sedangkan keasaman berkurang. Dalam satu periode, dari kiri ke kanan sifat logam dan kebasaan oksida-oksida akan berkurang sedangkan keasaman akan meningkat.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved