Roboguru

Identifikasi majas personifikasi dalam puisi di atas!

Pertanyaan

Identifikasi majas personifikasi dalam puisi di atas!space 

Pembahasan Soal:

Gaya bahasa atau majas banyak digunakan dalam puisi. Salah satu jenis majas yang sering digunakan adalah majas personifikasi.

Majas personifikasi adalah majas yang mengibaratkan sifat manusia ke dalam benda-benda atau makhluk di luar manusia. Artinya, membuat seolah-olah benda mati seakan memiliki sifat bernyawa atau hidup.

Ada beberapa karakteristik dari majas personifikasi. Ciri-ciri majas personifikasi di antaranya adalah personifikasi membandingkan benda mati seperti benda hidup, biasanya berupa sifat atau sikap yang ada dalam diri manusia, dan personifikasi melibatkan pancaindra.

Sesuai dengan penjelasan di atas, baris puisi yang menggunakan majas personifikasi adalah Ke arah debur ombak berbunyi, "berbunyi" merupakan sebuah bentuk majas personifikasi pada ombak. Ombak tentu tidak bisa berbunyi, yang bisa mengeluarkan bunyi adalah makhluk hidup yang memiliki pancaindra.

Dengan demikian, majas personifikasi pada puisi di atas ada pada baris Ke arah debur ombak berbunyi.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Larik yang bermajas pada puisi tersebut terdapat pada nomor ....

Pembahasan Soal:

Larik yang bermajas pada puisi tersebut terdapat pada nomor 4, yaitu pada lirik "Mengelus daun cemara"undefined

Majas yang terdapat pada lirik tersebut adalah majas sinestesia, yaitu metafora berupa ungkapan yang berhubungan dengan suatu indra untuk dikenakan pada indra lain.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

0

Roboguru

Kalimat bermajas perumpamaan (simile) pada kutipan puisi karya Taufiq Ismail di atas terdapat pada larik ....

Pembahasan Soal:

Majas merupakan sebuah bentuk dari gaya bahasa yang digunakan untuk membangun suasana dalam sebuah kalimat. Tujuan penulisan majas adalah untuk memperkaya pilihan kata dan bahasa dalam sebuah karya. 

Majas simile adalah adalah majas perumpamaan. Simile berasal dari Bahasa Latin yang artinya 'seperti'. Kata yang biasa digunakan dalam majas ini adalah seperti, bagaikan, ibarat, umpama, bak, laksana, dan serupa. 

Majas simile dalam puisi tersebut terletak pada baris kesatu. 

Berdasarkan kutipan: 

Hidup bagaikan garis lurus tak pernah kembali ke masa yang lalu.

Kutipan tersebut mengandung majas simile yang ditunjukkan dengan adanya kata 'bagaikan' yang menunjukkan adanya perumpamaan hidup seperti garis lurus yang tak pernah kembali ke masa lalu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A. 

 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan puisi berikut! Denting jam tengah malam [...] Tuk bersujud Ku agungkan asma-Mu Mohon ampunan-Mu Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain; kiasan. Majas berisi kata atau kalimat yang bukan bermakna yang sebenarnya. Larik pertama dan kedua berisi Denting jam tengah malam // bangunkan diriku dapat menjadi kiasan yang mengindikasikan denting jam sebagai mahluk hidup yang membangunkan sang aku. Selain itu, pada larik/baris ketiga berisi kalimat tuk bersujud, kalimat yang sesuai untuk diletakkan sebelum kalimat tersebut adalah bangunkan diriku. Hal ini karena terdengar nyaring, kusebut nama-Mu, dan tepat pukul tiga tidak sesuai diletakkan sebelum larik tuk bersujud. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah A.

0

Roboguru

“Bila bulan menegur salam” merupakan majas ....

Pembahasan Soal:

Majas adalah gaya bahasa yang digunakan di dalam puisi untuk mendapatkan suasana dan menyampaikan pesan dengan cara imajinatif.

Beberapa jenis majas yaitu:

  1. Simile, merupakan majas yang mengungkapkan sesuatu secara tidak langsung dengan perbanding eksplisit. Biasanya ditandai dengan kata depan dan kata penghubung, seperti, layaknya, bagaikan, dan lain-lain.
  2. Personifikasi, merupakan majas yang mengibaratkan benda atau hal-hal yang tidak bernyawa untuk melakukan sifat-sifat yang dilakukan oleh manusia.
  3. Metafora, merupakan majas yang menggunakan kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya.
  4. Paralelisme, merupakan majas yang mengulang kata di setiap baris yang sama dalam satu bait.


Kumpulan kata bila bulan menegur salam merupakan majas personifikasi.

Pada kumpulan kata tersebut bulan yang merupakan benda yang tidak bernyawa diibaratkan dapat menegur, yaitu kegiatan yang biasa dilakukan oleh manusia. Sehingga majas yang terdapat pada kumpulan kata tersebut disebut majas personifikasi.

Dengan demikian jawaban yang benar adalah pilihan B. 

0

Roboguru

Majas yang terkandung pada bait tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Puisi adalah karya sastra yang gaya bahasanya terikat oleh rima, irama, dan penyusunan larik dan bait. Puisi biasanya berisi ungkapan perasaan penulis mengenai emosi, pengalaman, pemikiran, maupun kesan yang kemudian bahasa yang menarik sehingga enak untuk dibaca.

Majas adalah gaya bahasa yang biasanya digunakan untuk memperindah puisi. Majas yang paling banyak digunakan dalam puisi diantaranya adalah:

  • Majas hiperbola, yaitu gaya bahasa yang melebih-lebihkan sesuatu dari kenyataannya.
  • Majas litotes, yaitu gaya bahasa yang mengecilkan kenyataan dengan maksud merendah.
  • Majas personifikasi, yaitu gaya bahasa perbandingan yang mana dalam gaya bahasa ini benda mati diibaratkan seperti hidup.
  • Majas simile, yaitu gaya bahasa perumpamaan dimana biasanya dalam kalimatnya ditandai dengan penggunaan kata bagaikan, seperti, bak, ibarat, dan sebagainya.

Berikut adalah analisis terhadap majas yang terkandung dalam bait puisi tersebut:

Pada bait tersebut digunakan majas personifikasi. Majas personifikasi dapat dilihat dari larik "Gunung memompa abu" yang mana gunung merupakan benda mati yang seolah-olah hidup sehingga bisa memompa abu. Kemudian dapat dilihat juga pada larik "Abu membawa lindu" yang mana lindu adalah benda mati yang seakan-akan hidup dan bisa membawa lindu. Begitu pun dengan larik-larik berikutnya yang mana benda mati diibaratkan benda hidup yang dapat membawa sesuatu.

Berdasarkan analisis di atas, majas yang terkandung dalam bait di atas adalah majas personifikasi.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved