Roboguru

Identifikasi latar belakang konflik Yugoslavia dan...

Identifikasi latar belakang konflik Yugoslavia dan upaya penyelesaiannya!

Jawaban:

Ada beberapa hal yang menjadi latar belakang konflik Yugoslavia adalah:

  1. Sepeninggal Joseph Broz Tito terjadi konflik ras dan agama 
  2. Terjadi masalah ekonomi yang serius dan hilangnya kewibawaan pemerintah pada masa pemerintahan Slobodan Milosevic. Ini menyebabkan berbagai negara bagian saling berebut kekuasaan
  3. Serbia merasa haknya dikurangi ketika bergabung dengan Yugoslavia, Inilah alasannya mereka memperkuat diri dan ingin menguasai negara bagian dengan cara memiliki kedudukan yang tinggi di Yugoslavia
  4. Uni Soviet yang runtuh menjadi berbagai negara baru membuat banyak dari negara bagian di Yugoslavia ingin memerdekakan diri, serta ingin memiliki pemerintahan sendiri, yang menyebabkan konflik di Yugoslavia muncul

Adapun beberapa upaya penyelesian konflik ini adalah:

  1. Seruan PBB. PBB menyerukan kepada Serbia agar mau menarik tentaranya dari Bosnia dan PBB juga menjatuhkan sanksi kepada Serbia.
  2. Aksi negara-negara G-7. Negara-negara G-7 pun ikut turun tangan melakukan perundingan yang diadakan di Texas, Amerika Serikat.

  3. NATO ikut berperan. NATO pun juga ikut bergerak untuk membantu menyelesaikan konflik Yugoslavia, dengan cara mengirim pasukan tentaranya ke wilayah Bosnia.

  4. Peran Indonesia. Presiden Suharto yang tengah memimpin Indonesia sekaligus Gerakan Non Blok mengusulkan agar negara yang bertikai mau melakukan perundingan agar konflik bisa diselesaikan.

  5. Perundingan Dayton di Amerika Serikat. Perundingan di Dayton dilaksanakan pada tanggal 1 Nopember 1995, yang diikuti oleh pihak-pihak yang bertikai dan tentunya di bawah pengawasan Amerika Serikat dan NATO.

 

Dengan demikian latar belakang konflik Yugoslavia adalah konflik ras dan agama, terjadi masalah ekonomi, Serbia merasa haknya dikurangi ketika bergabung dengan Yugoslavia, dan negara bagian ingin memerdekakan diri. Upaya penyelesian adalah seruan PBB untuk menarik tentara Serbia dari Bosnia, aksi negara-negara G-7, NATO mengirim pasukan tentara ke wilayah Bosnia, Indonesia mengusulkan diadakannya perundingan, dan Perundingan Dayton di Amerika Serikat.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved