Iklan

Iklan

Pertanyaan

Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena sinar matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan air laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi. Di samping terumbu karang, Taman Nasional Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan, seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, goropa. Ikan laut Indonesia yang sudah dijadikan industri antara lain ikan tuna, tongkol, tenggiri, kerapu, baronang.space 

Ide pokok paragraf di atas adalah ....

Ide pokok paragraf di atas adalah ....space 

  1. terumbu karang hidup di air jernih yang tidak terkena polusispace 

  2. terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnyaspace 

  3. taman Nasional Bunaken tidak hanya di huni terumbu karang tetapi juga jenis ikanspace 

  4. ikan laut Indonesia yang sudah dijadikan industri antara lain ikan tuna, tongkol, tenggiri, kerapu, dan baronangspace 

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Iklan

Pembahasan

Ide pokok adalah inti dari suatu pembahasan atau ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok biasanya terdapat pada kalimat utama sebuah paragraf. Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya mengandung gagasan/ide pokok. Kalimat utama bukanlah kalimat pertama. Kalimat utama dapat terletak di awal paragraf, di tengah paragraf atau di akhir paragraf. Cara menemukan ide pokok Membaca seluruh paragraf dengan cermat Mencermati kalimat pertama hingga terakhir Tentukan kalimat utama Tandai ide pokok Tandai info penting Analisis soal: Ide pokok paragraf di atas terdapat pada kalimat utama yang terletak di tengah paragraf. Kalimat utamanya yaitu " Di samping terumbu karang, Taman Nasional Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan, seperti ... " Dari kalimat utama tersebut, dapat kita simpulkan bahwa ide pokoknya adalah Taman Nasional Bunaken dihuni dengan terumbu karang dan beragaman jenis ikan. Berdasarkan analisis di atas, ide pokok paragraf di atasadalahTaman Nasional Bunaken tidak hanya di huni terumbu karang tetapi juga jenis ikan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Ide pokok adalah inti dari suatu pembahasan atau ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok biasanya terdapat pada kalimat utama sebuah paragraf.

Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya mengandung gagasan/ide pokok. Kalimat utama bukanlah kalimat pertama. Kalimat utama dapat terletak di awal paragraf, di tengah paragraf atau di akhir paragraf.

Cara menemukan ide pokok

  1. Membaca seluruh paragraf dengan cermat
  2. Mencermati kalimat pertama hingga terakhir
  3. Tentukan kalimat utama
  4. Tandai ide pokok
  5. Tandai info penting


Analisis soal:

Ide pokok paragraf di atas terdapat pada kalimat utama yang terletak di tengah paragraf. Kalimat utamanya yaitu "Di samping terumbu karang, Taman Nasional Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan, seperti ..." Dari kalimat utama tersebut, dapat kita simpulkan bahwa ide pokoknya adalah Taman Nasional Bunaken dihuni dengan terumbu karang dan beragaman jenis ikan.

Berdasarkan analisis di atas, ide pokok paragraf di atas adalah Taman Nasional Bunaken tidak hanya di huni terumbu karang tetapi juga jenis ikan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi

Mengidentifikasi Teks Laporan Hasil Observasi

Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Menganalisis Teks Laporan Hasil Observasi

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gagasan pokok teks laporan hasil observasi tersebut adalah...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia