Iklan

Iklan

Pertanyaan

Hubungan yang tepat antara senyawa alkohol dengan kegunaannya adalah ...

Hubungan yang tepat antara senyawa alkohol dengan kegunaannya adalah ...  

  1.  

  2.  

  3.  

  4.  

  5.  

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling benar adalah D.

jawaban yang paling benar adalah D.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Berikut adalah nama senyawa danpenjelasansenyawa pada pilihan jawaban: A. Metanol Berupa zat cair bening, mudah menguap pada suhu kamar danmemiliki bau yang khas. Adapun kegunaan metanol adalah sebagai pelarut senyawa organik dan pelarut pada pembuatan polimer, bahan bakar, campuran bensin maupun spritus. B. Etanol Berupa zat cair bening, mudah menguap pada suhu kamar danmemiliki bau yang khas. Adapun kegunaan etanol yaitu minuman beralkohol (hanya pada kadar tertentu), antiseptik, pelarut senyawa organik, bahan bakar. C. 2-propanol (isopropil alkohol) Berupa zat cair bening, mudah menguap, mudah terbakar. Adapun kegunaan isopropil alkohol yaitu disinfektan, bahan pembersih, penghilang noda, pelarut. D. Etilen glikol (1,2-etanadiol) Zat cair kental, tidak berwarna, mudah larut dalam air dan rasanya manis. Adapun kegunaan etilen glikol yaitu zat anti bekupada radiator mobil, bahan pelarut cat, pelembut, bahan baku pembuatan serat dacron. E. Gliserol (1,2,3-propanatriol) Zat cair kental, tidak berwarna, mudah larut dalam air dan rasanya manis. Adapun kegunaan gliserol yaitu pelembab pada tembakau, bahan pembuatan plastik, bahan pemanis buatan, bahan kosmetik, pelarut obat-obatan, bagan pembuat nitrogliserin (peledak). Dari penjelasan di atas, pasangan senyawa dan fungsinya yang paling tepat dalam tabel adalah etilen glikol berfungsi zat anti beku pada radiator. Jadi jawaban yang paling benar adalah D.

Berikut adalah nama senyawa dan penjelasan senyawa pada pilihan jawaban:

A. Metanol

Berupa zat cair bening, mudah menguap pada suhu kamar dan memiliki bau yang khas. Adapun kegunaan metanol adalah sebagai pelarut senyawa organik dan pelarut pada pembuatan polimer, bahan bakar, campuran bensin maupun spritus.

B. Etanol

Berupa zat cair bening, mudah menguap pada suhu kamar dan memiliki bau yang khas. Adapun kegunaan etanol yaitu minuman beralkohol (hanya pada kadar tertentu), antiseptik, pelarut senyawa organik, bahan bakar.

C. 2-propanol (isopropil alkohol)

Berupa zat cair bening, mudah menguap, mudah terbakar. Adapun kegunaan isopropil alkohol yaitu disinfektan, bahan pembersih, penghilang noda, pelarut.

D. Etilen glikol (1,2-etanadiol)

Zat cair kental, tidak berwarna, mudah larut dalam air dan rasanya manis. Adapun kegunaan etilen glikol yaitu zat anti beku pada radiator mobil, bahan pelarut cat, pelembut, bahan baku pembuatan serat dacron.

E. Gliserol (1,2,3-propanatriol)

Zat cair kental, tidak berwarna, mudah larut dalam air dan rasanya manis. Adapun kegunaan gliserol yaitu pelembab pada tembakau, bahan pembuatan plastik, bahan pemanis buatan, bahan kosmetik, pelarut obat-obatan, bagan pembuat nitrogliserin (peledak).

Dari penjelasan di atas, pasangan senyawa dan fungsinya yang paling tepat dalam tabel adalah etilen glikol berfungsi zat anti beku pada radiator.

Jadi jawaban yang paling benar adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

15

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini tabel yang berisi nama senyawa karbon dan kegunaannya: No Senyawa Kegunaan 1 Glikol A...

14

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia