Iklan

Iklan

Pertanyaan

Hubungan tulang di bagian lutut disebut sendi ....

Hubungan tulang di bagian lutut disebut sendi ....

  1. pelana

  2. engsel

  3. luncur

  4. kondiloid

  5. peluru

Iklan

M. Iqbal

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Iklan

Pembahasan

Diartrosis adalah hubungan antartulang yang kedua ujungnya tidak dihubungkan oleh jaringan ikat sehingga tulang dapat digerakkan. Diartrosis disebut juga sendi sinovial yang dicirikan oleh keleluasaannya dalam bergerak dan fleksibel. Jenis hubungan antartulang yang bersifat diartrosis adalah sebagai berikut. Sendi engsel . Pada sendi engsel, kedua ujung tulang berbentuk engsel dan berporos satu. Gerakannya hanya satu arah seperti gerakengsel pintu. Misalnya, sendi pada siku, lutut, mata kaki, dan ruas antarjari. Sendi putar. Pada sendi putar, ujung tulang yang satu dapat mengitari ujung tulang yang lain. Bentuk seperti ini memungkinkan gerakan rotasi dengan satu poros. Contohnya adalah sendi antara tulang hasta dan pengumpil, dan sendi antara tulang atlas (C1) dengan tulang aksis (C2) yang memungkinkan gerakan menggelengkan kepala. Sendi pelana atau sela. Pada sendi pelana, kedua ujung tulang membentuk sendi berbentuk pelana dan berporos dua, tetapi dapat bergerak lebih bebas, seperti gerakan orang naik kuda. Misalnya, sendi antara tulang telapak tangan dengan pergelangan tangan dan dengan ruas jari tangan. Sendi kondiloid atau elipsoid. Sendi kondiloid memungkinkan gerakan berporos dua dengan gerakan ke kiri dan ke kanan, ke depan dan ke belakang. Ujung tulang yang satu berbentuk oval dan masuk ke dalam suatu lekuk berbentuk elips. Misalnya, sendi antara tulang pengumpil dan tulang pergelangan tangan. Sendi peluru. Pada sendi peluru, kedua ujung tulang berbentuk lekuk danbongkol. Bentuk ini memungkinkan gerakan bebas ke segala arah dan dapat berporos tiga. Misalnya, sendi antara tulang gelang bahu dan lengan atas, dan antara tulang gelang panggul dan paha. Sendi luncur. Pada sendi luncur, kedua ujung tulang agak rata sehingga menimbulkan gerakan menggeser dan tidak berporos. Contohnya, sendi antartulang pergelangan tangan, antartulang pergelangan kaki, antartulang selangka, dan tulang belikat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Diartrosis adalah hubungan antartulang yang kedua ujungnya tidak dihubungkan oleh jaringan ikat sehingga tulang dapat digerakkan. Diartrosis disebut juga sendi sinovial yang dicirikan oleh keleluasaannya dalam bergerak dan fleksibel. Jenis hubungan antartulang yang bersifat diartrosis adalah sebagai berikut.

  1. Sendi engsel. Pada sendi engsel, kedua ujung tulang berbentuk engsel dan berporos satu. Gerakannya hanya satu arah seperti gerak engsel pintu. Misalnya, sendi pada siku, lutut, mata kaki, dan ruas antarjari.
  2. Sendi putar. Pada sendi putar, ujung tulang yang satu dapat mengitari ujung tulang yang lain. Bentuk seperti ini memungkinkan gerakan rotasi dengan satu poros. Contohnya adalah sendi antara tulang hasta dan pengumpil, dan sendi antara tulang atlas (C1) dengan tulang aksis (C2) yang memungkinkan gerakan menggelengkan kepala.
  3. Sendi pelana atau sela. Pada sendi pelana, kedua ujung tulang membentuk sendi berbentuk pelana dan berporos dua, tetapi dapat bergerak lebih bebas, seperti gerakan orang naik kuda. Misalnya, sendi antara tulang telapak tangan dengan pergelangan tangan dan dengan ruas jari tangan.
  4. Sendi kondiloid atau elipsoid. Sendi kondiloid memungkinkan gerakan berporos dua dengan gerakan ke kiri dan ke kanan, ke depan dan ke belakang. Ujung tulang yang satu berbentuk oval dan masuk ke dalam suatu lekuk berbentuk elips. Misalnya, sendi antara tulang pengumpil dan tulang pergelangan tangan.
  5. Sendi peluru. Pada sendi peluru, kedua ujung tulang berbentuk lekuk dan bongkol. Bentuk ini memungkinkan gerakan bebas ke segala arah dan dapat berporos tiga. Misalnya, sendi antara tulang gelang bahu dan lengan atas, dan antara tulang gelang panggul dan paha.
  6. Sendi luncur. Pada sendi luncur, kedua ujung tulang agak rata sehingga menimbulkan gerakan menggeser dan tidak berporos. Contohnya, sendi antartulang pergelangan tangan, antartulang pergelangan kaki, antartulang selangka, dan tulang belikat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

16

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apakah yang dimaksud dengan persendian? Tuliskan jenis-jenis persendian dan contoh-contohnya!

3

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia