Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apakah yang dimaksud dengan persendian? Tuliskan jenis-jenis persendian dan contoh-contohnya!

Apakah yang dimaksud dengan persendian? Tuliskan jenis-jenis persendian dan contoh-contohnya!space space 

Iklan

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak. Untuk melakukan aktivitas gerak, makhluk hidup memerlukan sistem gerak. Sistem gerak pada manusia tersusun atas dua komponen utama, yaitu tulang dan otot. Selain tulang dan otot, terdapat juga sendi. Persendian atau sendi yaitu tempat bertemunya dua tulang atau lebih. Jumlah persendian pada tubuh manusia yaitu 22 sendi. Persendian memungkinkan terjadinya gerakan. Terdapat 3 jenis persendian yaitu : Sendi tak gerak (sendi mati)/Sinartrosis, yaitu sendi yang tidak memungkinkan terjadinya gerakan. Contoh sendi mati yaitu pada tulang tengkorak yang saling bertautan sama lain oleh sisi bergerigi yang disebut sutura. Sendi yang memungkinkan terjadinya sedikit gerakan (sendi kaku)/Amfiartrosis, yaitu sendi yang gerakannya terbatas karena terdapat bantalan tulang rawan yang fleksibel di antara tulang. Contoh sendi kaki yaitu persendian di tulang belakang. Sendi gerak/Diartrosis, yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan dengan leluasa ke berbagai arah. Sendi gerak terdiri atas 4 jenis sendi yaitu sendi peluru, sendi engsel, sendi putar, dan sendi lancur. Sendi peluru memungkinkan gerakan ke semua arah. Contoh sendi peluru yaitu pada gelang bahu. Sendi engsel memungkinkan gerakan ke satu arah saja, contohnya sendi pada siku, lutut, dan pergelangan tangan. Sendi putar memungkinkan terjadinya gerakan rotasi, misalnya sendi pada bagian leher yang berhubungan dengan kepala. Sendi luncur, memungkinkan terjadinya gerakan menggeser antartulang, misalnya sendi pada antara tulang dada dan tulang selangka.

Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak. Untuk melakukan aktivitas gerak, makhluk hidup memerlukan sistem gerak. Sistem gerak pada manusia tersusun atas dua komponen utama, yaitu tulang dan otot. Selain tulang dan otot, terdapat juga sendi. Persendian atau sendi yaitu tempat bertemunya dua tulang atau lebih. Jumlah persendian pada tubuh manusia yaitu 22 sendi. Persendian memungkinkan terjadinya gerakan. Terdapat 3 jenis persendian yaitu :

  1. Sendi tak gerak (sendi mati)/Sinartrosis, yaitu sendi yang tidak memungkinkan terjadinya gerakan. Contoh sendi mati yaitu pada tulang tengkorak yang saling bertautan sama lain oleh sisi bergerigi yang disebut sutura.
  2. Sendi yang memungkinkan terjadinya sedikit gerakan (sendi kaku)/Amfiartrosis, yaitu sendi yang gerakannya terbatas karena terdapat bantalan tulang rawan yang fleksibel di antara tulang. Contoh sendi kaki yaitu persendian di tulang belakang.
  3. Sendi gerak/Diartrosis, yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan dengan leluasa ke berbagai arah. Sendi gerak terdiri atas 4 jenis sendi yaitu sendi peluru, sendi engsel, sendi putar, dan sendi lancur. Sendi peluru memungkinkan gerakan ke semua arah. Contoh sendi peluru yaitu pada gelang bahu. Sendi engsel memungkinkan gerakan ke satu arah saja, contohnya sendi pada siku, lutut, dan pergelangan tangan. Sendi putar memungkinkan terjadinya gerakan rotasi, misalnya sendi pada bagian leher yang berhubungan dengan kepala. Sendi luncur, memungkinkan terjadinya gerakan menggeser antartulang, misalnya sendi pada antara tulang dada dan tulang selangka.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan pengertian dari sendi dan macam-macam sendi!

7

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia