RoboguruRoboguru
SD

Hubungan teori evolusi kimia dengan asal usul kehidupan adalah ....

Pertanyaan

Hubungan teori evolusi kimia dengan asal usul kehidupan adalah ....space 

  1. bahan dasar atmosfer purba oleh reaksi halilintar terbentuk senyawa makromolekulspace 

  2. kehidupan diciptakan oleh zat supranatural pada saat istimewaspace 

  3. benda hidup berasal dari benda tak hidupspace 

  4. kehidupan datang di planet bumi dari mana sajaspace 

  5. senyawa organik terbentuk di lautan menjadi sup purba tempat kehidupanspace 

R. Anissa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Teori evolusi biokimia menyatakan bahwa makhluk hidup terbentuk dari gas-gas di atmosfer yang dipengaruhi oleh energi radiasi sinar kosmis dan aliran listrik halilintar berdasarkan hukum fisika-kimia.

  1. Teori Evolusi Biokimia menurut Alexander Ivannovich Oparin, yaitu atmosfer bumi banyak mengandung senyawa berbentuk uap begin mathsize 14px style H subscript 2 O comma space C O subscript 2 comma space C H subscript 4 comma space N H subscript 3 comma space dan space H subscript 2 end style . Dengan adanya energi dari benda-benda angkasa/petir, zat-zat tersebut bereaksi membentuk zat organik sederhana yang berlangsung tanpa adanya oksigen. Zat organik terbawa oleh air hujan menuju ke lautan yang panas sehingga disebut primordial soup (sop purba). Secara bertahap zat organik sederhana bersintesis membentuk mikromolekul (asam amino dan nukleotida), makromolekul (protein, nukleotida, asam nukleat, polipeptida, lemak, dan polisakarida), dan tetesan protobion. Selanjutnya, senyawa organik akan mengalami evolusi biologi hingga terbentuk organisme yang kompleks. Proses evolusi berlangsung dari lautan menuju ke daratan.
  2. Teori Evolusi Biokimia menurut Harold Urey, yaitu di atmosfer terdapat zat-zat anorganik berbentuk gas, antara lain metana, air, amonia, dan hidrogen. Oleh karena adanya pengaruh energi radiasi sinar kosmis dan aliran listrik halilintar maka zat -zat anorganik tersebut bereaksi menjadi zat-zat organik sebagai dasar organisme.
  3. Eksperimen Stanley Miller. Stanley Miller adalah murid Harold Urey. Miller membuat model percobaan untuk membuktikan teori Urey dengan memasukkan gas metana, amonia, dan hidrogen dimasukkan ke dalam alat percobaan melalui keran yang terdapat pada perangkat alat. Di dalam labu, dimasukkan air yang dipanaskan sehingga menghasilkan uap air. Gas-gas terdorong oleh uap air menuju ke dalam bilik bola reaksi yang di dalamnya dialirkan energi listrik 75.000 volt sebagai pengganti kilatan halilintar. Aliran listrik bertegangan tinggi tersebut menyebabkan gas-gas bereaksi membentuk zat baru. Zat baru didinginkan dengan kondensor (alat pengembun) menjadi tetesan air yang mengandung asam amino, asam hidroksi, HCN, dan urea. Asam amino merupakan komponen kehidupan.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space 

10rb+

5.0 (3 rating)

Pertanyaan serupa

Mengapa sel yang diduga terbentuk pertama kali adalah sel heterotrof?

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia