Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kehidupan pertama terjadi melalui reaksi fisika kimia berikut. Pandangan teori asal-usul makhluk hidup tersebut dikemukakan oleh ....

Kehidupan pertama terjadi melalui reaksi fisika kimia berikut.

Pandangan teori asal-usul makhluk hidup tersebut dikemukakan oleh .... 

  1. Harold Ureyundefined 

  2. Antonie Van Leuwenhookundefined 

  3. Oparinundefined 

  4. Stanley Millerspace 

  5. Lazarro Spallanzaniundefined 

Iklan

R. Fransisca

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah A.

pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Iklan

Pembahasan

Teori evolusi kimia merupakan teori yang menyatakan bahwa makhluk hidup pada mulanya terbentuk dari senyawa-senyawa organik di atmosfer. Beberapa tokoh evolusi kimia yaitu Oparin dan Haldane, harold Urey, dan StanleyMiller. Teori Oparin dan Haldane, dikenal dengan teori pembentukan senyawa organik secara abiotik. Oparin dan Haldane menyatakan bahwa atmosfer primitif berisi gas metana, amonia, hidrogen, dan air. Molekul anorganik sederhana dapat bereaksi dengan energi dari petir atau matahari untuk membentuk asam amino. Asam amino akan terakumulasi di lautan sehingga disebut sup primordial. Teori Harold Urey. Harold Urey menjelaskan bahwa pada mulanya atmosfer mengandungcampuran gas berupa metana, hidrogen, amonia, dan uap air. Gas tersebut kemudian bereaksi karenaterkena aliran listrik halilintar atau radiasi sinar kosmis. Reaksi tersebut akan menghasilkan molekul yang lebih besar yaitu asam amino. Asam amino akan menyusun zat hidup yang sangat sederhana seperti susunan kimia padavirus . Zat hidup kemudian akan berkembang menjadi organisme yang lebih kompleks dalam kurun waktu jutaan tahun. Teori Stanley Miller. Stanley Miller merupakan seorang mahasiswa yang mendapat bimbingan dari dosen bernama Harold Urey. Stanley Miller mengadakan percobaan yang menunjukkan bahwa asam amino dan molekul organik dapat terbentuk secara abiotik. Millermembuat simulasi bumi purba menggunakan aparatus di laboratorium. Stanley Miller membuat simulasi atmosfer yangmengandung uap air, gas hidrogen, metana, dan amonia. Miller menggunakan energi yang berupa aliran listrik untuk menggantikan halilintar. Gas-gas yang terkena energi panas akan bereaksi dan membentuk uap air. Kondensor mendinginkan uap air di dalam campuran gas-gas tersebut sehingga menyebabkan hujan yang berisi gas terlarut. Gas terlarut akan terakumulasi dan membentuk molekul organik sederhana. Berdasarkan uraian di atas, dapat diketahui bahwa teori asal usul makhluk hidup yang terdapat pada soal dikemukakan oleh Harold Urey. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Teori evolusi kimia merupakan teori yang menyatakan bahwa makhluk hidup pada mulanya terbentuk dari senyawa-senyawa organik di atmosfer. Beberapa tokoh evolusi kimia yaitu Oparin dan Haldane, harold Urey, dan Stanley Miller.

  1. Teori Oparin dan Haldane, dikenal dengan teori pembentukan senyawa organik secara abiotik. Oparin dan Haldane menyatakan bahwa atmosfer primitif berisi gas metana, amonia, hidrogen, dan air. Molekul anorganik sederhana dapat bereaksi dengan energi dari petir atau matahari untuk membentuk asam amino. Asam amino akan terakumulasi di lautan sehingga disebut sup primordial.
  2. Teori Harold Urey. Harold Urey menjelaskan bahwa pada mulanya atmosfer mengandung campuran gas berupa metana, hidrogen, amonia, dan uap air. Gas tersebut kemudian bereaksi karena terkena aliran listrik halilintar atau radiasi sinar kosmis. Reaksi tersebut akan menghasilkan molekul yang lebih besar yaitu asam amino. Asam amino akan menyusun zat hidup yang sangat sederhana seperti susunan kimia pada virus. Zat hidup kemudian akan berkembang menjadi organisme yang lebih kompleks dalam kurun waktu jutaan tahun.
  3. Teori Stanley Miller. Stanley Miller merupakan seorang mahasiswa yang mendapat bimbingan dari dosen bernama Harold Urey. Stanley Miller mengadakan percobaan yang menunjukkan bahwa asam amino dan molekul organik dapat terbentuk secara abiotik. Miller membuat simulasi bumi purba menggunakan aparatus di laboratorium. Stanley Miller membuat simulasi atmosfer yang mengandung uap air, gas hidrogen, metana, dan amonia. Miller menggunakan energi yang berupa aliran listrik untuk menggantikan halilintar. Gas-gas yang terkena energi panas akan bereaksi dan membentuk uap air. Kondensor mendinginkan uap air di dalam campuran gas-gas tersebut sehingga menyebabkan hujan yang berisi gas terlarut. Gas terlarut akan terakumulasi dan membentuk molekul organik sederhana. 

Berdasarkan uraian di atas, dapat diketahui bahwa teori asal usul makhluk hidup yang terdapat pada soal dikemukakan oleh Harold Urey.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Latihan Bab

Asal-Usul Kehidupan

Teori Evolusi

Macam-Macam Evolusi

Petunjuk Adanya Evolusi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Oparin dan Haldane menyatakan bahwa kondisi atmosfer bumi purba mendukung terjadinya sintesis senyawa organik dari molekul anorganik. Namun, peristiwa tersebut tidak mungkin terjadi pada zaman sekaran...

4rb+

4.8

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia