Roboguru

Hormon yang berperan dalam siklus menstruasi ... Progesteron. Luteinzing Hormone (LH). Estrogen. Gonadotropin Releasing Hormone (GnRH).

Pertanyaan

Hormon yang berperan dalam siklus menstruasi ...

  1. Progesteron.
  2. Luteinzing Hormone (LH).
  3. Estrogen.
  4. Gonadotropin Releasing Hormone (GnRH). 
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar. 

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar. 

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar. 

  4. HANYA 4 yang benar. 

  5. SEMUA pilihan benar. 

Pembahasan Soal:

Mestruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang merupakan siklus bulanan dari wanita. Menstruasi terjadi saat sel telur (ovum) tidak dibuahi oleh sperma. Hormon yang berperan dalam siklus menstruasi diantaranya:

  1. Gonadotropin-releasing Hormone (GnRH), hormon ini diproduksi oleh otak besar atau hipotalamus yang berfungsi untuk merangsang tubuh guna memproduksi dan melepaskan hormon FSH dan hormon LH.
  2. Follicle stimulating Hormone (FSH), diproduksi pada kelenjar hipofisis dalam otak, fungsi adalah untuk membuat telur yang berada dalam ovarium menjadi matang sehingga siap disalurkan ke rahim.
  3. Luteinizing Hormone (LH), berfungsi untuk merangsang ovarium agar melepaskan telur, seperti halnya hormon FSH, hormon LH ini juga diproduksi pada kelenjar hipofisis.
  4. Hormon estrogen, diproduksi di dalam ovarium yang berperan untuk menjaga keteraturan siklus reproduksi pada wanita juga berfungsi untuk membantu mempertahankan kehamilan.
  5. Hormon Progesteron, bekerjasama dengan hormon estrogen dalam menjaga siklus reproduksi dan menjaga kehamilan. Hormon progesteron juga diproduksi di ovarium juga berperan penting dalam proses dalam penebalan dinding rahim.space 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Yunita

Mahasiswa/Alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan grafik siklus endometrium uterus berikut. Fase menstruasi (haid) dapat terjadi pada periode yang ditunjukkan oleh label ....

Pembahasan Soal:

Jawaban         : A. P dan Q

Pembahasan  : Fase menstruasi (haid) adalah fase meluruhnya endometrium. Fase Endometrium yang meluruh menyebabkan dindingnya menjadi tipis. Dinding tipis ditunjukkan oleh label P sampai Q.

0

Roboguru

Perhatikan kalender berikut. Tanda (*) menunjukkan tanggal dimulainya menstruasi yang dialami oleh ibu Ira, sedangkan tanda (**) menunjukkan tanggal dimulainya menstruasi yang dialami oleh ibu Nanik. ...

Pembahasan Soal:

Menstruasi merupakan meluruhnya dinding endometrium dikarenakan tidak terjadi proses fertilisasi sehingga tidak ada embrio yang menempel pada dinding endometrium. Rentang siklus menstruasi yang normal adalah 21-35 hari, dengan rata-rata 28 hari. Sedangkan durasi atau lamanya menstruasi memiliki rentang 3-7 hari. Pada soal di atas ibu Ira mulai mestruasi pada tanggal 1 September 2017 sehingga kemungkinan berakhir menstruasi pada tanggal 6-7 September 2017. Sedangkan ibu Nanik mulai menstruasi pada tanggal 16 September 2017 sehingga kemungkinan berakhir pada tanggal 21-22 September 2017. Beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi siklus haid yaitu stres, gangguan pada hormon, gangguan pada organ reproduksi wanita (kista, mioma), berat badan yang tidak ideal, obesitas atau adanya perubahan berat badan mendadak bisa mempengarhui siklus haid dan efek samping dari obat-obatan atau bahkan penggunaan KB.space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Bagian yang mengalami peluruhan ketika menstruasi ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Gambar di atas menunjukkan organ reproduksi internal pada wanita. Adapun keterangan gambar di atas adalah sebagai berikut:

  1. Ovarium
  2. Uterus
  3. Oviduct
  4. Endometrium
  5. Vagina

Ketika sel telur yang dihasilkan ovarium tidak dibuahi, maka dinding rahim atau endometrium akan meluruh. Peluruhan ini yang kemudian keluar menjadi darah menstruasi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. undefined 

0

Roboguru

Pembahasan Soal:

Jawaban         : E. Pernyataan dan alasan salah

Pembahasan  : Fase menstruasi berlangsung selama 4-6 hari dalam satu siklus. Oleh karena hormon estrogen dan progesteron berhenti dikeluarkan, endometrium mengalami degenerasi. Darah, mukus, dan sel-sel epitel dikeluarkan sebagai darah haid dari rongga uterus ke vagina. Dengan menurun dan hilangnya progesteron dan estrogen, FSH aktif diproduksi lagi dan siklus dimulai kembali. Dengan demikian pernyataan salah dan alasan salah, sehingga jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Pada wanita normal, akan lebih udah mendapatkan anak apabila menjalani hubungan seksual pada hari ke (1)____siklus menstruasinya. Kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang no. (1) adalah ….

Pembahasan Soal:

Masa subur sangat bergantung pada lamanya siklus haid. Jika siklus menstruasi 28 hari, maka ovulasi biasanya akan terjadi di hari ke-14 dari siklus dan hari paling suburnya adalah hari ke-12 hingga hari ke-15. Jika siklus menstruasi 35 hari, maka ovulasi biasanya akan terjadi pada hari ke-21 dari siklus dan hari paling suburnya adalah hari ke-19 hingga hari ke- 21. Indikator lain yang dapat digunakan untuk memprediksi masa subur diantaranya suhu basal tubuh meningkat, jika suhu basal naik sedikit lebih tinggi berarti mengalami ovulasi dalam 1-2 hari terakhir. Adanya peningkatan sekresi lendir dari mulut rahim, hal ini terjadi karena peningkatan hormon estrogen, dan nyeri ringan hingga berat pada perut atau satu bagian punggung.space 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved