Roboguru

Menstruasi terjadi karena menurunnya hormon ...

Pertanyaan

Menstruasi terjadi karena menurunnya hormon ... 

  1. HCG 

  2. LH 

  3. FSH 

  4. Progesteron 

  5. Gonadotropin 

Pembahasan Soal:

Fase menstruasi terjadi bila ovum tidak dibuahi oleh sperma, sehingga korpus luteum (massa jaringan kuning di dlama ovarium) akan menghentikan produksi hormon yang bernama estrogen dan progesteron. Turunnya kadar estrogen dan progesteron menyebabkan lepasnya ovum dari dinding uterus yang menebal (endometrium). Setelah ovum lepas, endometrium menjadi sobek dan meluruh, sehingga dindingnya juga menjadi menipis. Karena dinding endometrium banyak mengandung pembuluh darah, maka terjadilah pendarahan pada fase menstruasi.space 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Yunita

Mahasiswa/Alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan diagram siklus menstruasi berikut! Proses yang berlangsung pada fase X adalah ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan grafik pada soal terlihat kadar estrogen dan progestreron rendah. hal ini terjadi karna tidak adanya pembuahan oleh sel sperma sehingga korpus luteum menghentikan pembentukan estrogen dan progestreron. Akibatnya ovum meluruh bersama dengan endometrium.kondisi ini ditandai dengan adanya pendarahan pada vagina, maka ini dinamakan siklus menstruasi.

0

Roboguru

Wanita dewasa akan mengalami menstruasi secara periodik yang ditandai dengan peluruhan pada dinding endometrium. Luruhnya dinding endometrium disebabkan oleh ...

Pembahasan Soal:

Menstruasi terjadi apabila ovum tidak dibuahi oleh sperma, sehingga korpus luteum akan menghentikan produksi hormon progesteron. Turunnya kadar hormon progesteron menyebabkan tidak ada lagi yang mempertahankan endometrium, sehingga endometrium akan meluruh. Peluruhan pada dinding endometrium yang banyak mengandung pembuluh darah menyebabkan terjadinya pendarahan dan keluarnya darah dari vagina.

0

Roboguru

Perhatikan diagram pada siklus menstruasi berikut! Keterkaitan perubahan hormon pada fase 2 dan 3 yang tepat adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Fase 2 dan 3 adalah fase praovulasi atau fase folikuler. Dikatakan fase folikuler karena pada fase ini terjadi perkembangan atau pematangan folikel. Hormon yang berperan pada fase praovulasi adalah hormon FSH dan LH. Hormon FSH atau follicle stimulating hormone berperan dalam pematangan folikel. Sedangkan hormon LH berperan dalam pelepasan sel telur dari folikel. Pada fase 2, LH meningkat sedangkan FSH masih turun. Pada fase 3, LH mengalami lonjakan kenaikan, yang berarti LH siap membantu pelepasan sel telur dari folikel. Lonjakan LH tersebut diikuti oleh kenaikan FSH. Kenaikan FSH ini akan memicu perkembangan dan kematangan folikel sehingga siap dilepas.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.


 

0

Roboguru

Gambar berikut menunjukkan perubahan jumlah kadar hormon dalam darah selama siklus menstruasi. Jelaskan pengaruh perubahan kadar hormon-hormon tersebut menjelang dan setelah ovulasi!

Pembahasan Soal:

Fase Pra-Ovulasi
Pada fase pra-ovulasi atau akhir siklus menstruasi, hipotalamus (bagian otak yang terdiri dari sejumlah nukleus) mengeluarkan hormon gonadotropin yang merangsang hipofisis mengeluarkan (follicle stimulating hormone) FSH.

Fase Ovulasi
Pada saat mendekati fase ovulasi terjadi perubahan produksi hormon. Peningkatan kadar estrogen selama fase pra-ovulasi menyebabkan terjadinya hambatan terhadap pelepasan lanjutan FSH dari hipofisis. Turunnya konsentrasi FSH menyebabkan hipofisis melepaskan (luteinizing hormone) LH yang merangsang pelepasan oosit sekunder dari folikel de Graff. Kondisi tersebut disebut ovulasi, yaitu saat terjadi pelepasan oosit sekunder dari folikel de Graff dan siap dibuahi oleh sperma.

Fase Pasca-Ovulasi
Pada fase pasca-ovulasi, folikel de Graff yang ditinggalkan oleh oosit sekunder akan berkerut dan berubah menjadi korpus luteum dan tetap memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Meskipun korpus luteum memproduksi estrogen, tetapi estrogen yang diproduksi tidak sebanyak yang diproduksi oleh folikel de Graff.

0

Roboguru

Perhatikan bagan siklus menstruasi berikut!  Berdasarkan bagan tersebut, peristiwa yang terjadi pada bagian A adalah . . .

Pembahasan Soal:

Bagian A pada gambar menunjukan fase menstruasi. Fase menstruasi terjadi jika sel ovum tidak dibuahi oleh sel sperma. Keadaan yang terjadi pada fase menstruasi adalah produksi hormon estrogen dan progesteron terhenti yang menyebabkan peluruhan dinding endometrium sehingga terjadi pendarahan atau yang kita sering kita kenal sebagai masa menstruasi. Jadi, darah yang didapati wanita dewasa pada saat menstruasi terjadi akibat peluruhan dinding endometrium.undefined

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved