Roboguru

Hipotesis merupakan jawaban sementara dari suatu penelitian, yang seharusnya dibuktikan dulu melalui ...

Pertanyaan

Hipotesis merupakan jawaban sementara dari suatu penelitian, yang seharusnya dibuktikan dulu melalui ... 

  1. Pengumpulan data 

  2. Percobaan 

  3. Menarik kesimpulan 

  4. Observasi 

  5. Menguji fakta yang ada 

Pembahasan Soal:

Metode ilmiah adalah suatu cara sistematis yang digunakan para ilmuwan dalam memecahkan atau mencari jawaban atas masalah-masalah yang dihadapi dalam penelitian. Salah satu langkah dalam metode ilmiah yaitu membuat hipotesis. Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya melalui percobaan atau penelitian. Hipotesis harus logis dan diajukan berdasarkan fakta.space 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Yunita

Mahasiswa/Alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon

Terakhir diupdate 09 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini.    Ada pengaruh positif dari cahaya matahari terhadap pertumbuhan panjang kecambah jagung  Pestisida X dapat menyembuhkan penyakit bercak kuning pada ta...

Pembahasan Soal:

Hipotesis adalah dugaan yang merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah. Hipotesis perlu dirumuskan untuk suatu masalah yang jawabannya harus diselidiki dengan melakukan eksperimen. Hipotesis Nol (Ho) adalah hipotesis yang menyatakan tidak adanya hubungan antara variabel bebas (variabel X) dan variabel terikat (variabel Y). Artinya, dalam rumusan hipotesis, yang diuji adalah ketidakbenaran variabel X mempengaruhi Y. Contoh pernyataannya sebagai berikut, "Tidak ada pengaruh pupuk X terhadap perkembangbiakan jamur kuping".

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Perhatikan kejadian berikut! Obat nyamuk banyak digunakan dalam rumah tangga untuk membasmi nyamuk dan serangga pengganggu lainnya. Obat nyamuk diproduksi dalam bentuk obat nyamuk bakar, semprot, dan...

Pembahasan Soal:

Hipotesis merupakan dugaan atau jawaban sementara terhadap permasalahan yang terjadi dan akan dibuktikan kebenarannya melalui data atau fakta hasil penelitian. Dalam membuat hipotesis harus menunjuk pada hubungan antara dua variabel atau lebih. Hipotesis terbagi menjadi 2, yaitu hipotesis nol (H0) dan hipotesis alternatif (H1). H0 adalah hipotesis yang menyatakan tidak ada pengaruh antara dua variabel. Sedangkan H1 adalah hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh antara dua variabel. Berdasarkan fenomena tersebut, dapat dirumuskan hipotesis, yaitu:

H0: Penggunaan obat nyamuk tidak berpengaruh terhadap organisme selain serangga pengganggu
H1: Penggunaan obat nyamuk berpengaruh terhadap organisme selain serangga pengganggu

0

Roboguru

Hipotesis untuk penelitian dengan judul "Pengaruh Pemberian Pupuk Urea terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung" adalah ...

Pembahasan Soal:

Metode ilmiah adalah suatu cara sistematis yang digunakan para ilmuwan dalam memecahkan atau mencari jawaban atas masalah-masalah yang dihadapi dalam penelitian. Salah satu langkah dalam metode ilmiah yaitu membuat hipotesis. Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya melalui percobaan atau penelitian. Hipotesis untuk penelitian dengan judul "Pengaruh Pemberian Pupuk Urea terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung"  adalah urea berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman Jagung.space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Perhatikan percobaan yang disajikan dalam tabel di bawah ini! Apakah hipotesisnya?

Pembahasan Soal:

Berdasarkan tabel di atas, perlakuan yang diberikan terhadap bahan makanan ialah perlakuan tak dikunyah dan perlakuan dikunyah. Jika dilihat lagi, makanan yang dikunyah dan tidak dikunyah menunjukkan warna yang bebeda. Ketika di kunyah, rata-rata makanan berubah warna menjadi orange, namun jika tidak dikunyah makanan berubah warna menjadi biru atau hitam Perubahan warna ini disebabkan adanya reaksi antara reagen dan zat yang ada pada makanan. Perubahan warna ini mengindikasikan adanya zat glukosa.

Pada uji kandungan glukosa, ADA perbedaan hasil reaksi yang menggunakan bahan nasi dan menggunakan bahan nasi yang sudah dikunyah.

Uji glukosa pada percobaan uji makanan biasanya menggunakan reagen Benedict. Jika bahan makanan yang mengandung glukosa ditetesi dengan reagen benedict, maka akan ada reaksi berupa perubahan warna menjadi merah atau orange. Saat nasi ditetesi dengan reagen, reaksi yang terjadi yaitu warna yang berubah bukan merah atau orange. Sehingga kesimpulannya, nasi tidak mengandung glukosa. Kandungan nasi yaitu amilum, sehingga tidak dapat menunjukkan reaksi saat ditetesi dengan reagen benedict.

Sedangkan saat nasi yang sudah dikunyah ditetesi dengan reagen benedict, akan terjadi reaksi perubahan warna menjadi orange. Kesimpulannya adalah, nasi yang sudah dikunyah ini mengandung glukosa. Nasi yang mengandung amilum ini saat dikunyah akan bertemu dengan enzim ptialin yang ada di ludah atau di mulut sehingga amilum akan dipecah menjadi glukosa dan atau maltosa. Sehingga amilum yang telah berubah menjadi glukosa inilah yang akan bereaksi dengan reagen benedict. 

Sehingga hipotesis yang tepat untuk percobaan di atas ialah bahan makanan akan mengandung glukosa jika bercampur dengan enzim ptialin.  

0

Roboguru

Jika Ani ingin melihat dampak pertumbuhan bayi yang diberi ASI langsung dari Ibunya dengan bayi yang diberi ASI bukan dari Ibunya, maka hipotesis dan rumusan masalah dalam penelitian tsb!

Pembahasan Soal:

  • Rumusan masalah merupakan suatu pernyataan rinci, lengkap, dan jelas mengenai ruang lingkup permasalahan yang akan diteliti. Masalah penelitian harus dirumuskan seeara jelas dan lengkap agar dapat diberi jalan penyelesaiannya dengan tepat. Rumusan masalah biasanya dibuat dengan cara membuat pertanyaan dari masalah yang akan diteliti. Pertanyaan tersebut dapat berupa apakah, bagaimana, mengapa, dan di mana.
  • Hipotesis adalah dugaan atau "jawaban" sementara mengenai suatu hal atau permasalahan yang akan dibuktikan kebenarannya melalui data-data atau fakta-fakta basil penelitian.
  1. Rumusan masalah dari penelitian diatas yaitu bagaimana pengaruh pemberian ASI secara langsung dari ibu kandung terhadap pertumbuhan bayi?
  2. Hipotesis dari penelitian tersebut yaitu adanya pengaruh pemberian ASI secara langsung dari ibu kandung terhadap pertumbuhan bayi. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved