Roboguru

Hipotesis memuat variabel bebas dan variabel terikat. Jelaskan pengertian variabel bebas, berikan contohnya! Jelaskan pengertian variabel terikat, berikan contohnya!

Pertanyaan

Hipotesis memuat variabel bebas dan variabel terikat.

  1. Jelaskan pengertian variabel bebas, berikan contohnya!
  2. Jelaskan pengertian variabel terikat, berikan contohnya!

Pembahasan Soal:

Variabel merupakan besaran yang dapat berubah dan memiliki pengaruh terhadap hasil penelitian. Adanya variabel akan mempermudah dalam menganalisis suatu permasalahan ilmiah.

  1. Variabel bebas merupakan variabel yang diubah-ubah untuk memberikan pengaruh terhadap variabel terikat. Variabel bebas ini mampu berdiri sendiri sehingga tidak terikat dengan variabel lainnya. Contoh dari variabel bebas adalah ukuran partikel suatu logam. Penggunaan variabel bebas tersebut dimana ukuran partikelnya diubah-ubah yang bertujuan untuk melihat laju reaksi antara logam dengan larutan HCl.
  2. Variabel terikat merupakan variabel yang besarannya terukur setelah ada perlakuan. Milsanya terdapat suatu hipotesis yaitu "semakin tinggi suhu yang cepat maka akan semakin tinggi kelarutannya". Berdasarkan hipotesis tersebut, variabel terikat adalah kelarutan zat yang dipengaruhi oleh suhu yang digunakan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Bestanika

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tiga kelompok melakukan percobaan tentang kelarutan suatu zat dengan desain seperti gambar berikut. (1) Kelompok Anita (2) Kelompok Budiman (3) Kelompok Jonatan Jika tugas yang diberikan ada...

Pembahasan Soal:

Untuk melakukan suatu percobaan disesuaikan rumusan masalah dan hipotesis yang telah dibuat supaya memperoleh hasil yang maksimal.

  1. Kelompok yang memiliki desain yang tepat adalah kelompok Anita. Ini dikarenakan ukuran zat yang digunakan dibuat berbeda antara gelas satu dengan gelas lainnya. Sedangkan untuk suhu larutan dan volume larutan dibuat tetap bahkan kedua gelas tersebut terdapat proses pengadukan. Sedangkan kedua kelompok lainnya tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dimana ukuran zat yang digunakan pada kelompok Budiman dibuat tetap. Pada kelompok Jonatan, ukuran zat dibuat berbeda tetapi suhu larutan yang digunakan tidak dibuat tetap.
  2. Variabel penelitian yang digunakan berdasarkan eksperimen yang telah ditetapkan adalah ukuran partikel sebagai variabel eksperimen; kelarutan zat sebagai variabel terikat; dan volume larutan, suhu larutan, dan proses pengadukan sebagai variabel kontrol.

0

Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan variabel kontrol? Bagaimana cara menentukannya?

Pembahasan Soal:

Pada umumnya, untuk melakukan suatu penelitian atau esperimen terdapat 3 variabel yaitu variabel bebas, variabel terikat, dam variabel kontrol.

Variabel kontrol merupakan variabel yang dibuat tetap atau konstan dalam suatu penelitian dan biasanya faktor lain diluar perlakuan yang digunakan pada objek penelitian. Pada umumnya, setiap percobaan yang dilakukan memiliki banyak variabel kontrol. Seorang peneliti harus mempertahankan semua variabel kontan kecuali untuk variabel bebas. Apabila variabel kontrol berubah selama percobaan, akan merusak korelasi antara variabel bebas dan variabel terikat. Meskipun variabel kontrol tidak dapat diukur, variabel ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil percobaan.

Misalnya terdapat eksperimen mengenai laju reaksi pembentukan H2SO4. Eksperimen tersebut dilakukan berulang kali namun konsentrasi pereaksi dibuat berbeda yang tujuannya untuk melihat laju reaksinya. Berdasarkan hal tersebut, variabel kontrolnya adalah diluar bagian dari eksperimen misalnya suhu yang digunakan.

0

Roboguru

Seorang ilmuwan melakukan suatu eksperimen untuk mempelajari pengaruh pupuk terhadap tanaman. Tanaman A tidak diberi pupuk, tanaman B diberi 5 mg pupuk tiap hari, dan tanaman C diberi 10 mg pupuk tiap...

Pembahasan Soal:

Variabel penelitian didefinisikan sebagai faktor yang apabila diukur memberikan nilai yang bervariasi. Ada tiga jenis variabel, yaitu variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol.

  • Variabel bebas adalah variabel yang diduga sebagai penyebab timbulnya variabel lain. 
  • Variabel terikat adalah variabel yang timbul sebagai akibat langsung dari manipulasi dan pengaruh variabel bebas..
  • Variabel kontrol adalah variabel yang dikontrol atau dipertahankan dalam setiap eksperimen oleh peneliti untuk menetralkan pengaruhnya terhadap variabel terikat.

Dari kasus pada soal, variabel yang dibuat sama (variabel kontrol) antara tanaman A, B, dan C adalah jenis tanaman, kondisi tanah, air, dan udara. Tanaman yang menjadi kontrol / acuan adalah tanaman A karena hanya tanaman A yang tidak diberi pupuk (pupuk sebagai variabel bebas).

Dengan demikian, tanaman yang bertindak sebagai kontrol adalah tanaman A.  

0

Roboguru

Variabel yang diubah-ubah untuk memberi pengaruhnya disebut....

Pembahasan Soal:

Variabel merupakan besaran yang dapat berubah serta memiliki pengaruh terhadap sebuah peristiwa atau hasil dari suatu eksperimen atau penelitian. Keberadaan variabel akan mempermudah seseorang dalam menganalisis ataupun mengidentifikasi permasalahan yang ada.  Variabel terdiri dari beberapa jenis yaitu:

  1. Variabel bebas
  2. Variabel terikat
  3. Variabel kontrol

Variabel yang diubah-ubah untuk memberi pengaruhnya merupakan variabel bebas.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat! Terdapat penelitian yang berjudul "Pengaruh Konsentrasi Zat X terhadap Kecepatan Reaksi". Dari judul tersebut, jika dibuat percobaan tentukan...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan judul penilitian maka variabel bebasnya adalah konsentrasi di mana konsentrasi zat X dibuat berbeda-beda agar dapat diamati cepat atau lambatnya kecepatan reaksi.

Jadi, variabel bebas adalah konsentrasi zat X.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved