Roboguru

Jelaskan perbedaan variabel bebas dan variabel terikat. Bagaimana hubungan kedua variabel tersebut?

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan variabel bebas dan variabel terikat. Bagaimana hubungan kedua variabel tersebut?

Pembahasan Soal:

Variabel dalam suatu penelitian terdiri dari beberapa komponen yaitu perlauan, faktor, dan berbagai atribut yang akan digunakan sebagai simpulan dari hasil kajian penelitian. Variabel bebas dan variabel terikat merupakan dua jenis variabel yang biasanya digunakan dalam penelitian untuk merumuskan hipotesis atau dugaan sementara. Perbedaan dari kedua variabel tersebut adalah:

  1. Variabel bebas dapat berdiri sendiri sehingga tidak terikat dengan variabel lainnya. Variabel bebas dapat mempengaruhi variebl terikat. Variabel bebas juga dapat diubah-ubah untuk mengetahui hubungan yang lebih tepat dengan variabel lainnya.
  2. Variabel terikat tidak mampu berdiri sendiri dan sangat tergantung dari variabel lainnya. Variabel terikat tidak dapat diubah-ubah seperti halnya variabel bebas.

Meskipun kedua variabel tersebut memiliki perbedaan, tetapi kedua variabel memiliki hubungan. Ini dikarenakan perubahan-perubahan yang terjadi pada variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas. Sehingga jika seseorang melakukan pengubahan pada variabel bebas maka akan memengaruhi hasil pengukuran pada variabel terikat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Bestanika

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hipotesis memuat variabel bebas dan variabel terikat. Jelaskan pengertian variabel bebas, berikan contohnya! Jelaskan pengertian variabel terikat, berikan contohnya!

Pembahasan Soal:

Variabel merupakan besaran yang dapat berubah dan memiliki pengaruh terhadap hasil penelitian. Adanya variabel akan mempermudah dalam menganalisis suatu permasalahan ilmiah.

  1. Variabel bebas merupakan variabel yang diubah-ubah untuk memberikan pengaruh terhadap variabel terikat. Variabel bebas ini mampu berdiri sendiri sehingga tidak terikat dengan variabel lainnya. Contoh dari variabel bebas adalah ukuran partikel suatu logam. Penggunaan variabel bebas tersebut dimana ukuran partikelnya diubah-ubah yang bertujuan untuk melihat laju reaksi antara logam dengan larutan HCl.
  2. Variabel terikat merupakan variabel yang besarannya terukur setelah ada perlakuan. Milsanya terdapat suatu hipotesis yaitu "semakin tinggi suhu yang cepat maka akan semakin tinggi kelarutannya". Berdasarkan hipotesis tersebut, variabel terikat adalah kelarutan zat yang dipengaruhi oleh suhu yang digunakan.

0

Roboguru

Variabel yang diubah-ubah untuk memberi pengaruhnya disebut....

Pembahasan Soal:

Variabel merupakan besaran yang dapat berubah serta memiliki pengaruh terhadap sebuah peristiwa atau hasil dari suatu eksperimen atau penelitian. Keberadaan variabel akan mempermudah seseorang dalam menganalisis ataupun mengidentifikasi permasalahan yang ada.  Variabel terdiri dari beberapa jenis yaitu:

  1. Variabel bebas
  2. Variabel terikat
  3. Variabel kontrol

Variabel yang diubah-ubah untuk memberi pengaruhnya merupakan variabel bebas.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Tiga kelompok melakukan percobaan tentang kelarutan suatu zat dengan desain seperti gambar berikut. (1) Kelompok Anita (2) Kelompok Budiman (3) Kelompok Jonatan Jika tugas yang diberikan ada...

Pembahasan Soal:

Untuk melakukan suatu percobaan disesuaikan rumusan masalah dan hipotesis yang telah dibuat supaya memperoleh hasil yang maksimal.

  1. Kelompok yang memiliki desain yang tepat adalah kelompok Anita. Ini dikarenakan ukuran zat yang digunakan dibuat berbeda antara gelas satu dengan gelas lainnya. Sedangkan untuk suhu larutan dan volume larutan dibuat tetap bahkan kedua gelas tersebut terdapat proses pengadukan. Sedangkan kedua kelompok lainnya tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dimana ukuran zat yang digunakan pada kelompok Budiman dibuat tetap. Pada kelompok Jonatan, ukuran zat dibuat berbeda tetapi suhu larutan yang digunakan tidak dibuat tetap.
  2. Variabel penelitian yang digunakan berdasarkan eksperimen yang telah ditetapkan adalah ukuran partikel sebagai variabel eksperimen; kelarutan zat sebagai variabel terikat; dan volume larutan, suhu larutan, dan proses pengadukan sebagai variabel kontrol.

0

Roboguru

Dalam suatu percobaan, seorang siswa akan menyelidiki hipotesis yang telah disusun, yaitu: "Semakin kecil ukuran zat terlarut, kelarutannya akan semakin besar." Berdasarkan hipotesis tersebut, tentuk ...

Pembahasan Soal:

Untuk melakukan suatu penelitian digunakan variabel-variabel tertentu untuk menilai dan menjawaban permasalahan yang berkaitan dengan subjek penelitian. Pada umumnya dalam melakukan suatu penelitian terdapat tiga variabel yaitu variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol. Variabel bebas merupakan dapa diubah-ubah sehingga memengaruhi variabel terikat. Variabel terikat merupakan variabel yang besarannya terukur setelah setalah ada perlakuan dari variabel bebas. Variabel kontrol merupakan variabel yang dibuat konstan selama percobaan.

Dalam suatu percobaan, terdapat hipotesis yang telah disusun yaitu: "Semakin kecil ukuran zat terlarut, kelarutannya akan semakin besar." Berdasarkan hipotesis tersebut:

  • Variabel bebas adalah ukuran zat terlarut
  • Variabel terikat adalah kelarutan zat
  • Variabel kontrol adalah bagian diluar eksperimen seperti adalah suhu ataupun volume larutan yang digunakan.

0

Roboguru

Dalam suatu percobaan, variabel terikat adalah variabel yang besarannya....

Pembahasan Soal:

Untuk melakukan suatu eksperimen, seseorang perlu menentukan variabel penelitian. Variabel penelitian diartikan sebagai faktor yang jika diukur memberikan nilai yang bervariasi. Variabel penelitian terdapat 3 macam variabel yaitu:

  • Variabel terikat

Variabel terikat adalah variabel yang besarannya terukur setelah ada perlakuan.

  • Variabel bebas

Variabel bebas merupakan variabel yang memiliki pengaruh besar terhadap variabel lain.

  • Variabel kontrol

Variabel kontrol merupakan variabel yang sifatnya konstan dan dapat dikendalikan.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved