Roboguru

Hidrogen bereaksi dengan klor membentuk hidrogen klorida, HCl. Tulis struktur Lewis pada HCl! Ikatan apa yang terdapat pada HCl? Sebutkan sifat HCl akibat ikatannya!

Pertanyaan

Hidrogen bereaksi dengan klor membentuk hidrogen klorida, HCl.

  1. Tulis struktur Lewis pada HCl!
  2. Ikatan apa yang terdapat pada HCl?
  3. Sebutkan sifat HCl akibat ikatannya!space

Pembahasan Soal:

a. struktur lewis HCl adalah:
 


 

b. ikatan yang terbentuk pada HCl adalah ikatan kovalen tunggal. karena H dan Cl berikatan dengan jalan pemakaian secara bersama pasangan elektron.

c. HCl memiliki perbedaan elektronegatif antara atom H dan Cl, sehingga senyawa HCl bersifat polar. akibat dari ikatan kovalen polar ini adalah senyawa HCl memiliki ikatan yang lebih kuat dibandingkan dengan senyawa kovalen nonpolar dengan Mr yang mirip, sehingga berdampak pula pada titik didih senyawa HCl yang juga lebih besar.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Pulungan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gambarkan pembentukan ikatan kovalen dan struktur Lewisnya pada a. air, b. amoniak,

Pembahasan Soal:

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk antara unsur sesama non logam dengan jalan pemakaian secara bersama-sama pasangan elektron. Pasangan elektron yang digunakan berikatan adalah elektron valensi, elektron valensi dari suatu unsur adalah sama dengan nomor golongannya. Untuk pembentukan ikatan kovalen dan struktur lewis nya adalah sebagai berikut:

a. pertama pembentukan ikatan pada air atau H subscript 2 O yaitu:
 

H double bond ev equals 1 left parenthesis terima space 1 e to the power of minus sign right parenthesis O double bond ev equals 6 left parenthesis terima space 2 e to the power of minus sign right parenthesis
 


 

b. kedua pembentukan ikatan pada amoniak atau N H subscript 3 yaitu:space
 

N double bond ev equals 5 left parenthesis terima space 3 e to the power of minus sign right parenthesis H double bond ev equals 1 left parenthesis terima space 1 e to the power of minus sign right parenthesis
 

0

Roboguru

Gambarkan struktur Lewis dan tunjukkan ikatan kovalen serta ikatan kovalen koordinat pada senyawa berikut.

Pembahasan Soal:

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk antara sesama atom non logam dengan cara pemakaian secara bersama-sama pasangan elektron. Sedangkan ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan yang terbentuk dengan jalan pemakaian secara bersama pasangan elektron yang hanya berasal dari salah satu atom saja. struktur lewis berikut jenis ikatannya adalah:

a. Berikut struktur lewis dan jenis ikatan senyawa H Cl O subscript 2 yaitu:
 


 

b. struktur lewis dan jenis ikatan senyawa H N O subscript 3 yaitu:
 


 

c. struktur lewis dan jenis ikatan senyawa O subscript 3 yaitu:space
 

0

Roboguru

Gambarkan struktur Lewis dari senyawa kovalen berikut disertai penjelasan tiap tahapnya serta perhitungan muatan formalnya:

Pembahasan Soal:

Penggambaran distribusi elektron dalam suatu struktur molekul dengan menggunakan tanda elektron disebut struktur Lewis. Tanda elektron yang digunakan, biasanya berupa tanda titik (.) dan tanda silang (x).

Langkah-langkah membuat struktur lewis begin mathsize 14px style I Cl subscript 2 to the power of minus sign end style:

  1. Menentukan elektron valensi I dan Cl


    begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell I presubscript 53 end cell equals cell 2 space 8 space 18 space 18 space 7 end cell row cell Cl presubscript 17 end cell equals cell 2 space 8 space 7 end cell end table end style


    Atom I dan Cl masing-masing memiliki elektron valensi 7. Untuk mencapai kestabilan masing-masing atom Cl dan I membutuhkan 1 elektron.
  2. Menentukan atom pusat
    Atom pusat dari begin mathsize 14px style I Cl subscript 2 to the power of minus sign end style adalah atom I, karena atom I merupakan atom tunggal dalam molekul.
  3. Membuat gambar struktur lewis.


     


    Atom pusat I memakai 1 elektron bersama (membentuk ikatan kovalen) dengan salah satu atom Cl di sebelah kiri. Atom Cl sebelah kiri dan atom pusat I sudah stabil, tetapi atom Cl sebelah kanan belum stabil. Oleh karena itu, supaya atom Cl sebelah kanan stabil, atom tersebut menerima 1 elektron dari luar sehingga muatan begin mathsize 14px style I Cl subscript 2 end style menjadi -1.

Jadi, gambar struktur lewis dan tahap perhitungan formalnya sesuai dengan penjelasan di atas.

0

Roboguru

Buatlah rumus struktur Lewis dan sebutkan berapa jumlah ikatan kovalen dan ikatan kovalen koordinat dalam senyawa !

Pembahasan Soal:

  • Struktur lewis suatu unsur dinyatakan oleh lambang unsur serta jumlah elektron valensi unsur tersebut yang digambarkan dengan tanda titik (.) atau tanda lainnya seperti tanda silang (x).
  • Ikatan kovalen terbentuk di antara dua atom yang sama-sama ingin menangkap elektron (sesama atom bukan logam). Dua atom bukan logam saling menyumbangkan elektron
    agar tersedia satu atau lebih pasangan elektron yang dijadikan milik bersama. Artinya,
    pasangan elektron ditarik oleh inti kedua atom yang berikatan.
  • Ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan kovalen di mana pasangan elektron yang dipakai bersama hanya disumbangkan oleh satu atom, sedangkan atom yang satu lagi tidak menyumbangkan elektron. Ikatan kovalen koordinasi hanya dapat terjadi jika salah satu atom mempunyai pasangan elektron bebas (PEB).

Berikut adalah gambar struktur Lewis pada senyawa H subscript 2 S O subscript 4:

 

  • jumlah ikatan kovalen = 4 buah
  • ikatan kovalen koordinat = 2 buah

Jadi, jawaban sesuai dengan uraian di atas.

0

Roboguru

Ikatan kovalen pada senyawa berikut ini yang tidak mengikuti kaidah oktet adalah ....

Pembahasan Soal:

Kaidah oktet (aturan oktet) adalah suatu kaidah sederhana dalam kimia yang menyatakan bahwa atom dari kelompok unsur utama cenderung berikatan dengan atom lain dengan cara memberi ataupun menerima elektron sedemikian rupa sehingga atom yang berikatan memiliki delapan elektron di kulit terluarnya.

Berdasarkan hal tersebut maka ikatan kovalen pada senyawa di atas yang tidak mengikuti kaidah oktet adalah B F subscript 3.

   

Atom B hanya memiliki 3 elektron valensi sehingga memerlukan 5 elektron untuk memenuhi kaidah oktet. Adapun atom F memiliki 1 elektron valensi sehingga hanya membutuhkan 1 elektron. Setiap atom F menerima 1 elektron yang disumbangkan atom B. Namun, atom B hanya menerima 1 elektron dari setiap atom F. Berarti, atom B kekurangan 2 elektron untuk memenuhi kaidah oktet.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved