Roboguru

Halogen yang memiliki sifat reduktor terkuat adalah...

Pertanyaan

Halogen yang memiliki sifat reduktor terkuat adalah...

Pembahasan Soal:

Reduktor adalah zat yang mengalami oksidasi. Reduktor kebalikan dari oksidator, dalam satu golongan dari atas ke bawah sifat oksidator halogen semakin lemah sehingga sifat reduktor akan semakin kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa halogen yang sifat reduktornya kuat adalah I2 karena At bersifat radioaktif.

Dengan demikian, halogen yang memiliki sifat reduktor terkuat adalah I2.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Z. Hardi

Mahasiswa/Alumni Universitas Riau

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana kecenderungan perubahan sifat halogen berikut dari F ke I dan jelaskan alasannya. Daya oksidasi dan daya reduksi.

Pembahasan Soal:

Semua halogen mempunyai potensial elektrode positif. Hal ini menunjukkan bahwa semua halogen merupakan oksidator (mengalami reduksi), dan dalam satu golongan dari atas ke bawah mempunyai kecenderungan daya oksidasi (kemampuan untuk mereduksi unsur lain) yang menurun  : F subscript 2 greater than Cl subscript 2 greater than Br subscript 2 greater than I subscript 2 .

Menurunnya daya oksidasi halogen menunjukkan semakin kuatnya daya reduksinya, dengan kecenderungan daya reduksi I to the power of minus sign greater than Br to the power of minus sign greater than Cl to the power of minus sign greater than F to the power of minus sign.

Jadi daya oksidasi dari F ke I adalah semakin lemah sedangkan daya reduksi dari F ke I adalah semakin kuat.space 

Roboguru

Terangkan perihal berikut! Kekuatan reduktor .

Pembahasan Soal:

Reduktor / pereduksi yaitu zat yang mengalami oksidasi / zat yang mengakibatkan zat lain mengalami reduksi.

Urutan kekuatan reduktor I to the power of minus sign greater than Br to the power of minus sign greater than Cl to the power of minus sign greater than F to the power of minus sign. Atau dengan kata lain, dari atas ke bawah sifat pereduksi halogen semakin kecil. Dilihat dari nilai potensial reduksi standar, I subscript 2 mempunyai harga paling kecil artinya I subscript 2 paling mudah mengalami oksidasi / merupakan reduktor terkuat. Dengan demikian, I to the power of minus sign sangat mudah untuk teroksidasi menjadi I subscript 2.space 

Roboguru

Di bawah ini reaksi yang dapat berjalan secara spontan adalah ....

Pembahasan Soal:

Unsur halogen mampu bereaksi dengan unsur sesama halogen dengan mengikuti aturan berikut.

Urutan daya oksidasi halogen dari yang tertinggi adalah F greater than Cl greater than Br greater than I. Dengan demikian, oksidator terkuat adalah unsur F, sedangkan reduktor terkuat adalah unsur I.

Reaksi sesama halogen akan terjadi secara spontan apabila unsur halogen dengan sifat oksidator lebih tinggi mengalami reaksi reduksi dan unsur halogen dengan sifat oksidator lebih rendah (reduktor tinggi) mengalami reaksi oksidasi.

Oleh karena itu, pada reaksi umum X subscript 2 and 2 H Y yields 2 HX and Y subscript 2 dengan X dan Y keduanya adalah unsur halogen, unsur X pada X subscript 2 merupakan unsur yang mengalami reduksi, sedangkan unsur Y pada H Y atau Y to the power of minus sign adalah unsur yang mengalami oksidasi. Berikut ini adalah tabel yang menunjukkan reaksi antara X subscript 2 dengan H Y atau Y to the power of minus sign yang terjadi secara spontan maupun tidak terjadi secara spontan.
 

 
 

Keterangan: 

(+) dapat berlangsung spontan
() tidak dapat berlangsung (tidak spontan)

Berdasarkan penjelasan dan tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa persamaan reaksi di pilihan jawaban yang dapat berjalan secara spontan adalah Cl subscript 2 and 2 H I yields 2 H Cl and I subscript 2

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space 

 

Roboguru

Jelaskan daya pengoksidasi dan daya reduksi unsur halogen!

Pembahasan Soal:

Daya pengoksidasi adalah daya untuk mengoksidasi unsur lainnya sehingga zat tersebut sendiri mengalami reduksi. Daya oksidasi unsur halogen terbesar berada di F dan menurun seiring bertambahnya nomor atom. Hal ini terjadi karena semakin kecil juga kekuatan keelektronegatifan unsur halogen menjadikan daya oksidasinya menjadi lemah namun menurunnya daya oksidasi ini menjadikan daya reduksinya meningkat sehingga daya reduksi paling besar berada di I.

Oleh karena itu, daya pengoksidasi unsur halogen berkurang semakin membesaranya nomor atom namun gaya reduksi menjadi besar seiring kenaikan nomor atom.

Roboguru

Reaksi yang tidak mungkin terjadi adalah

Pembahasan Soal:

Unsur-unsur halogen merupakan oksidator kuat. Dari atas ke bawah (F, Cl, Br, I), sifat daya pengoksidasi halogen semakin berkurang. Hal ini disebabkan afinitas elektronnya semakin berkurang sebagaimana meningkatnya jari-jari atom dan menurunnya muatan inti efektif. Oleh karena itu, apabila unsur halogen yang berada diatas, misalnya F2 direaksikan dengan ion halida yang berada dibawahnya, misalnya ion Cl-, maka halogen tersebut dapat mendesak ion halida dari senyawanya. 

F subscript 2 open parentheses g close parentheses and H Cl open parentheses aq close parentheses yields 2 H F open parentheses aq close parentheses and Cl subscript 2 open parentheses g close parentheses

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved