Pertanyaan

Keduanya tercenung memandang satu sama lain dalam koridor memori masing-masing, ingatan mereka berkejaran menuju sembilan tahun lalu. Dalam ingatan Keenan, Eko adalah anak berbadan besar cenderung tambun, periang, bermata cantik seperti anak perempuan dengan bulu mata lebat dan lentik.space

Hal yang menonjol dalam cuplikan tersebut adalah ....

Hal yang menonjol dalam cuplikan tersebut adalah ....space 

  1. temaspace 

  2. penokohanspace 

  3. latarspace 

  4. suasanaspace 

N. Juliana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

Pembahasan

Cuplikan di atas termasuk salah satu bagian dari cuplikan teks cerita pendek. Teks cerita pendek atau biasa disingkat cerpen merupakan suatu karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan tentang sebuah cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas dan ringkas. Cerpen biasanya hanya mengisahkan cerita pendek tentang permasalahan yang dialami satu tokoh saja. Teks cerpen dibangun oleh beberapa unsur, diantaranya: Tema: Pokok pikiran yang mendasari jalannya cerita pendek. Penokohan: Menggambarkan watak atau karakter dari tokoh. Latar: Gambaran tentang peristiwa-peristiwa yang ada di dalam cerita, seperti waktu, tempat, sosial budaya, keadaan lingkungan, dan suasana. Suasana: Keadaan suatu peristiwa. Berdasarkan penjelasan di atas, hal yang menonjol dalam cuplikan tersebut adalah penokohan karena menggambarkan karakter tokoh. Hal ini sesuai dengan kutipan terakhir yang berbunyi "Dalam ingatan Keenan, Eko adalah anak berbadan besar cenderung tambun, periang, bermata cantik seperti anak perempuan dengan bulu mata lebat dan lentik." Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Cuplikan di atas termasuk salah satu bagian dari cuplikan teks cerita pendek. Teks cerita pendek atau biasa disingkat cerpen merupakan suatu karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan tentang sebuah cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas dan ringkas. Cerpen biasanya hanya mengisahkan cerita pendek tentang permasalahan yang dialami satu tokoh saja.

Teks cerpen dibangun oleh beberapa unsur, diantaranya:

  • Tema: Pokok pikiran yang mendasari jalannya cerita pendek.
  • Penokohan: Menggambarkan watak atau karakter dari tokoh.
  • Latar: Gambaran tentang peristiwa-peristiwa yang ada di dalam cerita, seperti waktu, tempat, sosial budaya, keadaan lingkungan, dan suasana.
  • Suasana: Keadaan suatu peristiwa.

Berdasarkan penjelasan di atas, hal yang menonjol dalam cuplikan tersebut adalah penokohan karena menggambarkan karakter tokoh. Hal ini sesuai dengan kutipan terakhir yang berbunyi "Dalam ingatan Keenan, Eko adalah anak berbadan besar cenderung tambun, periang, bermata cantik seperti anak perempuan dengan bulu mata lebat dan lentik."


Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

635

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kutipan cerita tersebut berisi tentang ….

183

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia