Roboguru

Gunung api menurut bentuknya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya terbentuk karena letusan gunung api yang berupa erupsi efusif, mengeluarkan magma cair, tekanan gas sangat lemah, serta dapur magma nya sangat dangkal. Maka proses ini akan membentuk gunung api....

Pertanyaan

Gunung api menurut bentuknya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya terbentuk karena letusan gunung api yang berupa erupsi efusif, mengeluarkan magma cair, tekanan gas sangat lemah, serta dapur magma nya sangat dangkal. Maka proses ini akan membentuk gunung api....

  1. Kaldera

  2. Maar

  3. Perisai

  4. Perret

  5. Strato

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Berdasarkan bentuk dan proses terjadinya, gunung api dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Gunung Api Maar, dicirikan dengan adanya kawah di bagian puncak yang terbentuk karena erupsi eksplosif atau letusan yang kuat.
  • Gunung Api Perisai, gunung api landai yang terbentuk karena erupsinya berupa letusan efusif, memiliki lava cair dengan tekanan yang lemah, serta dapur magma yang dangkal.
  • Gunung Api Kerucut atau Strato, gunung api berbentuk kerucut berlapis yang terbentuk akibat erupsi efusif dan eksplosif secara bergantian, sehingga memperlihatkan batuan beku yang berlapis-lapis pada dinding kawahnya.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka gunung api yang terbentuk karena letusannya berupa erupsi efusif, mengeluarkan magma cair, tekanan gas sangat lemah, serta dapur magmanya sangat dangkal adalah jenis gunung api perisai.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tipe gunung gunung api gunung merapi yang berada di Boyolali berbentuk kerucut dan lerengnya curam. Tipe ini termasuk tipe...

Pembahasan Soal:

Tipe-tipe gunung api adalah sebagai berikut.

  • Gunung api maar
    Gunung api yang memiliki kawah di bagian puncaknya. Kawah ini terbentuk karena sifat erupsi yang eksplosif atau letusan yang kuat. Bahan-bahan yang keluar dari letusan tersebut berupa material padat atau eflata. Contoh gunung api maar yang berada di Indonesia di antaranya adalah Gunung Dieng, Gunung Gamalama, dan Gunung Lamongan.
  • Gunung api perisai
    Gunung api perisai memiliki alas yang luas dan bentuk lereng yang sangat landai. Hal ini disebabkan karena sifat erupsinya yang berupa letusan efusif atau magma yang keluar dengan cepat, mengalir dan menyebar di sekitar area gunung api. Gunung api perisai ini terjadi karena memiliki lava yang cair dengan tekanan yang lemah, serta dapur magma yang dangkal. Gunung api perisai banyak ditemui di Hawai, Amerika Serikat, seperti Gunung Mauna Loa, Gunung Mauna Kea, dan Gunung Kilauea.
  • Gunung api strato
    Gunung api perisai terjadi karena adanya letusan dan lelehan atau eksplosif dan efusif yang terjadi secara terus-menerus dan bergantian. Sehingga, gunung ini membentuk suatu suatu kerucut yang lerengnya berlapis-lapis akibat letusan-letusan sebelumnya. Contoh gunung api perisai atau strato di Indonesia di antaranya Gunung Kerinci, Gunung Pangrango, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined

Roboguru

Gunung Apo menurut bentuknya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya terbentuk karena materi letusan gunung api yang berupa campuran erupsi eksplosif yang hanya satu kali. Maka akan terben...

Pembahasan Soal:

Gunung api kerucut atau biasa juga disebut strato merupakan bentuk gunung api yang paling umum di Indonesia. Gunung ini terbentuk karena erupsi campuran antara eksplosif dan efusif. Tumpukan magma yang bergantian dari letusan (eksplosif) dan lelehan (efusif) mengendap semakin tinggi seiring perjalanan waktu. Inilah yang menyebabkan dinding kawah dari gunung jenis ini memiliki batuan beku yang berlapis-lapis. Jadi, bentuk Gunung Apo adalah stato/kerucut.space 

Roboguru

Salah satu gunung api laut di Indonesia adalah gunung...

Pembahasan Soal:

Gunung Krakatau terletak di tengah laut atau tepatnya berada di antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Sementara itu Gunung Slamet, Stromboli, Merapi, dan Kelud terletak di daratan.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Perhatikan kalimat berikut! Magma keluar di permukaan bumi sangat encer. Lereng gunung sangat landai dan lebar. Pernyataan di atas adalah ciri dari gunung api ....

Pembahasan Soal:

Erupsi adalah proses keluarnya magma dari perut bumi. Erupsi atau letusan gunung api berdasarkan kekuatannya ada 2 macam yaitu yang berupa ledakan (eksplosif) dan berupa lelehan (efusif). Gunung api yang terbentuk akibat erupsi efusif adalah gunung api perisai. Gunung tipe ini bentuknya relatif datar karena magma yang keluar sangat cair, sehingga gunung ini memiliki lereng yang sangat landai dan datar yang relatif luas, Gunung api tipe ini tidak ditemukan di Indonesia namun contohnya seperti Gunung Mauna Loa dan Gunung Kilauae di Hawaii.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Roboguru

Rupa gunung api yang kerucut terbentuk karena letusan dan ledakan secara bergantian. Batuannya berlapis-lapis. Gunung tersebut termasuk jenis gunung api ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan bentuk dan proses terjadinya, gunung api dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Gunung api maar merupakan jenis gunung api yang memiliki kawah di puncaknya. Kawah tersebut terbentuk karena sifat erupsi yang eksplosif atau letusan yang kuat. Contoh gunung api tipe maar adalah Gunung Dieng, Gunung Gamalama, dan Gunung Lamongan.
  2. Gunung api perisai adalah gunung api yang memiliki alas luas dan lereng yang sangat landai. Memiliki tekanan yang lemah, serta dapur magma yang dangkal. Sifat erupsinya berupa letusan efusif atau magma yang keluar dengan cepat, mengalir dan menyebar di sekitar area gunung api. Contoh gunung api jenis ini adalah Gunung Mauna Loa, Gunung Mauna Kea, dan Gunung Kilauea.
  3. Gunung api kerucut/strato yaitu gunung dengan bentuk seperti kerucut,  terbentuk karena letusan dan ledakan secara bergantian. Gunung ini memiliki lereng yang curam dan luas, serta memiliki tipe letusan yang keras (eksplosif). Contoh gunung api dari jenis ini adalah Gunung Kerinci, Gunung Pangrango, dan Gunung Merbabu.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.undefined

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved