RoboguruRoboguru
SD

Guna mengakhiri Perang Puputan, Belanda mengajak I Gusti Ketut Jelantik untuk mengadakan perjanjian damai. Dalam perjanjian damai tersebut I Gusti Ketut Jelantik menerapkan strategi khusus untuk menipu pihak Belanda. Jelaskan strategi yang dimaksud!

Pertanyaan

Guna mengakhiri Perang Puputan, Belanda mengajak I Gusti Ketut Jelantik untuk mengadakan perjanjian damai. Dalam perjanjian damai tersebut I Gusti Ketut Jelantik menerapkan strategi khusus untuk menipu pihak Belanda. Jelaskan strategi yang dimaksud!

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

strategi I Gusti Ketut Jelantik dalam perjanjian damai dengan Belanda adalah menipu Belanda dengan ditandatanganinya perjanjian damai yang sebenarnya hanyalah taktik Buleleng yang bertujuan untuk mengulur waktu I Gusti Ketut Jelantik guna menunggu bantuan datang dan menyusun kekuatan kembali.

Pembahasan

Guna mengakhiri Perang Puputan, Belanda mengajak I Gusti Ketut Jelantik untuk mengadakan perjanjian damai. Dalam perjanjian damai tersebut I Gusti Ketut Jelantik menerapkan strategi khusus untuk menipu pihak Belanda. Strategi tersebut, yakni ditandatanganinya perjanjian damai oleh Raja Buleleng, yang mana taktik ini dimaksudkan agar I Gusti Ketut Jelantik bisa mengulur waktu untuk menunggu bantuan datang dan menyusun kekuatan kembali karena pada saat itu pasukan rakyat Bali semakin terdesak. Wilayah Jagaraga memang ideal untuk berperang gerilya karena masih banyak hutan, sungai, sawah, serta perbukitan yang menyulitkan lawan. Pasukan Belanda tidak terbiasa bertempur di medan seperti itu. Berkat kemahiran diplomasi tersebut, akhirnya bantuan pun mengalir. Hampir semua kerajaan di Bali mengirimkan laskarnya.

Dengan demikian, strategi I Gusti Ketut Jelantik dalam perjanjian damai dengan Belanda adalah menipu Belanda dengan ditandatanganinya perjanjian damai yang sebenarnya hanyalah taktik Buleleng yang bertujuan untuk mengulur waktu I Gusti Ketut Jelantik guna menunggu bantuan datang dan menyusun kekuatan kembali.

1rb+

5.0 (1 rating)

Sandy S

Bantu banget

Pertanyaan serupa

Rakyat Bali menerapkan strategi perang habis-habisan untuk melawan dominasi Belanda di Bali. Perlawanan yang dikobarkan rakyat Bali disebut sebagai ...

715

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia