Roboguru

Gubernur Jendral Hindia Belanda yang memerintahkan kerja rodi untuk membangun jalan raya anyar panarukan adalah...

Pertanyaan

Gubernur Jendral Hindia Belanda yang memerintahkan kerja rodi untuk membangun jalan raya anyar panarukan adalah...

  1. Pieter Both

  2. Cornelius de Houtman

  3. Jan Peterzoon

  4. Herman Willem Deendels

Pembahasan Soal:

Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels. Dalam menjalankan tugasnya ia memberlakukan kerja rodi. kerja rodi berarti rakyat bekerja tak henti, tanpa diberi makan/gaji untuk melakukan pembangunan, selain kebijakan pembuatan jalan Anyer-Panarukan yang panjangnya +- 1000 km itu, Daendels juga melakukan pembangunan benteng-benteng (Benteng Messter Cornelis di Batavia, fort lodewijk di Gresik), mendirikan pabrik senjata, menerapkan verplicthe leverantie, yaitu penyerahan pajak secara paksa.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tokoh Belanda yang membuat jalan raya dari Anyer sampai Panarukan adalah...

Pembahasan Soal:

Herman Willem Daendels ditunjuk sebagai Gubernur Jenderal di Hindia Belanda atas kuasa dari Louis Napoleon. Daendels memiliki tugas khusus di Hindia Belanda, yaitu untuk mempertahankan Pulau Jawa agar tidak jatuh ke tangan Inggris serta memperbaiki keadaan tanah jajahan. Kebijakan Daendels dalam usaha mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris, antara lain :

  1. membuat jalan raya dari Anyer sampai Panarukan,
  2. mendirikan benteng-benteng pertahanan,
  3. membangun pangkalan Angkatan Laut di Merak dan Ujung Kulon,
  4. memperkuat pasukan yang berangotakan orang Indonesia, dan
  5. mendirikan pabrik senjata di Semarang dan Surabaya.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

AKTIVITAS SISWA : LENGKAPILAH TABEL BENTUK KERJA PAKSA PADA MASA BELANDA DIBAWAH INI!

Pembahasan Soal:

Berikut ini bentuk kerja paksa pada masa Belanda:

  1. Pembangunan jalan Daendels dari Anyer (Banten) sampai Panarukan (Jawa Timur) sejauh 1000 km pada tahun 1809 – 1810 yang bertujuan untuk mempercepat tibanya surat-surat yang dikirim antar Anyer hingga Panarukan atau sebagai jalan pos, namun jalan-jalan itu dalam perkembangan selanjutnya banyak dipengaruhi kehidupan masyarakat disekitarnya dan telah berubah fungsinya antara lain mejadi jalan ekonomi atau jalan umum dan kini sudah banyak bangunan disekitarnya.
  2. Herman Willem Daendels membangun pangkalan angkatan laut di Ujung kulon dan Surabaya. Pembangunan armada ini berfungsi untuk meningkatkan keamanan dan membendung pasukan Inggris agar tidak menyerang wilayah Indonesia.
  3. Untuk memperkuat pertahanan, Daendels membangun rumah sakit militer dan barak, pabrik senjata di Surabaya dan pabrik meriam di Semarang, dan sebuah perguruan tinggi militer baru di Batavia. Daendels menghancurkan benteng lama di Batavia (Kasteel Batavia) dan menggantinya dengan benteng baru di Meester Cornelis (sekarang kecamatan Jatinegara), dan membangun Benteng Lodewijk di Surabaya. Daendels merencanakan benteng Meester Cornelis sebagai pusat pertahanan bila Inggris menyerang Batavia.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pada masa Belanda dibangun 3 proyek yaitu pembangunan jalan raya Anyer-Panarukan, Pangkalan Armada laut di Ujung Kulon, dan benteng pertahanan di Jatinegara. Ketiganya dibangun dengan cara kerja rodi.

0

Roboguru

Pada masa Deandels bangsa Indonesia utamanya yang berada di pulau Jawa dipaksa melaksanakan kerja rodi. Apakah yang dilakukan oleh kerja rodi tersebut?

Pembahasan Soal:

Kerja Rodi (Heerendiensten) adalah sebuah kebijakan perburuhan yang diterapkan pada masa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda di Nusantara. Kebijakan ini diterapkan pada kurun waktu antara tahun 1808 hingga tahun 1811, yaitu pada masa jabatan Gubernur-Jenderal Herman Willem Daendels. Bentuk penerapan kebijakan ini adalah pelaksanaan proyek pembangunan Jalan Raya Anyer - Panarukan sepanjang -+ 1100 km.

Dengan demikian yang dilakukan oleh kerja rodi tersebut adalah membangun Jalan Raya Anyer - Panarukan sepanjang -+ 1100 km.

0

Roboguru

Berdasarkan gambar dibawah, hal yang mendasari pembangunan jalan yang dibangun pada masa penjajahan Hindia Belanda tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels dari Belanda (1808-1811) merupakan Gubernur yang memegang kendali di Indonesia pada masa tersebut. Tugas utamanya adalah mempertahankan Jawa agar tidak dikuasai Inggris. Pulau Jawa sangat penting dan strategis dalam mengatur pemerintahan kolonial di Nusantara.

Untuk mempertahankan pulau Jawa, maka dilakukan berbagai kebijakan, salah satunya dibidang pertahanan dan keamanan melalui pembangunan jalan raya.  Pembangunan jalan raya dilakukan di daerah Anyer sampai Panarukan sepanjang 1.100 Km dengan nama jalan Daendels. Di bangun 200 tahun yang lalu oleh Gubernur Jenderal Daendels yang merupakan bagian dari Repulik Bataaf (Prancis). Pembangunan dilakukan tenaga manusia. Puluhan ribu penduduk dikerahkan membangun jalan dan banyak masyarakat pribumi yang meninggal.

Daendels membangun jalan bukan tanpa alasan. Jalan raya Anyer-Panarukan sangat penting bagi pemerintah kolonial Belanda seperti: (1) Untuk kepentingan dan pertahanan militer pemerintah kolonial, (2) Menjadi sarana transportasi pemerintahan dan mengangkut berbagai hasil bumi, (3) dan proses distribusi barang dan jasa untuk kepentingan kolonial semakin cepat dan efisien.

Maka jawaban yang benar adalah C. 

0

Roboguru

Pembangunan Jalan Raya Pos Daendels meliputi wilayah ….

Pembahasan Soal:

Jalan Raya Pos Daendels dibangun sepanjang 1100 km yang meliputi beberapa wilayah, dimulai dari Anyer, Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Tuban, Gresik hingga berakhir di Panarukan. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved